BAHASA PEMROGAMAN KOMPUTER

Sejarah Bahasa Pemrograman Komputer Sejak pertama komputer difference engine diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, komputer membutuhkan sejumlah instruksi untuk melakukan suatu tugas tertentu. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa komputer mulanya terdiri dari sejumlah langkah pengkabelan untuk membuat suatu program; hal ini dapat dipahami sebagai suatu rangkaian pengetikan kedalam komputer dan kemudian dijalankan. Pada awalnya, difference engine-nya Charles Babbage hanya dibuat untuk menjalankan tugas dengan menggunakan perpindahan gigi roda untuk menjalankan fungsi kalkukasi. Jadi, bentuk awal dari bahasa komputer adalah berupa gerakan secara mekanik, selanjutnya gerakan mekanik tersebut digantikan dengan sinyal listrik ketika pemerintah AS mengembangkan ENIAC pada tahun 1942, tetapi masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip dasar dari Babbage’s engine yang mana diprogram dengan mengeset switch dan perkabelan pada seluruh sistem pada setiap “program” maupun kalkulasi. Tentu saja ini merupakan pekerjaan yang membosankan. Pada 1945, John Von Neumann yang bekerja pada Institute for Advanced Study mengemukakan dua konsep yang secara langsung mempengaruhi masa depan dari bahasa pemrograman komputer. Yang pertama dikenal sebagai “shared-program technique” (www.softlord.com). Pada teknik ini dinyatakan bahwa hardware komputer haruslah sederhana dan tidak perlu dilakukan pengkabelan dengan menggunakan tangan untuk setiap program. Sebagai gantinya, instruksi-instruksi yang lebih kompleks harus digunakan untuk mengendalikan perangkat keras yang lebih sederhana, hal ini memungkinkan komputer diprogram ulang dengan cepat. Konsep yang kedua yang juga sangat penting untuk pengembangan bahasa pemrograman. Von Neumann menyebutnya sebagai “conditional control transfer” (www.softlord.com). Ide ini berkembang menjadi bentuk subrutin, atau blok kode yang kecil yang dapat panggil berdasarkan aturan tertentu, dari pada suatu himpunan tunggal urutan kronologis yang harus dijalankan oleh komputer. Bagian kedua dari ide tersebut menyatakan bahwa kode komputer harus dapat bercabang berdasarkan pernyataan logika seperti IF (ekspresi) THEN, dan perulangan seperti FOR statement. “Conditional control transfer” mengembangkan ide adanya “libraries,” yang mana merupakan blok kode yang dapat digunakan berulang kali. Pada 1949, setelah beberapa tahun Von Neumann bekerja, bahasa Short Code dilahirkan (www.byte.com), yang merupakan bahasa komputer yang pertama untuk peralatan elektronik yang membutuhkan programmer untuk mengubah perintah kedalam 0 dan 1 dengan tangan. Pada 1957, bahasa khusus yang pertama muncul dalam bentuk FORTRAN yang merupakan singkatan dari sistem FORmula TRANslating. Bahasa ini dirancang pada IBM untuk perhitungan scientific. Komponen-komponennya sangat sederhana, dan menyediakan bagi programmer akses tingkat rendah kedalam komputer. Sampai saat ini, bahasa ini terbatas pada hanya terdiri dari perintah IF, DO, dan GOTO, tetapi pada waktu itu, perintah-perintah ini merupakan lompatan besar kearah depan. Type data dasar yang digunakan sampai sekarang ini dimulai dari FORTRAN, hal ini meliputi variabel logika (TRUE atau FALSE), dan bilangan integer, real, serta double-precision. FORTRAN sangat baik dalam menangani angka-angka, tetapi tidak terlalu baik untuk menangani proses input dan output, yang mana merupakan hal yang penting pada komputasi bisnis. Komputasi bisnis mulai tinggal landas pada 1959, dengan dikembangkannya COBOL, yang dirancang dari awal sebagai bahasa untuk para pebisnis. Type data yang ada hanya berupa number dan text string. Hal tersebut juga memungkinkan pengelompokan menjadi array dan record, sehingga data di telusuri dan diorganisasikan dengan lebih baik. Sesuatu hal yang menarik untuk dicatat bahwa suatu program COBOL dibuat menyerupai suatu essay, dengan empat atau lima bagian utama yang membentuk keseluruhan yang tertata dengan baik. Perintah-perintah COBOL sangat menyerupai tata bahasa English, sehingga membuatnya agak mudah dipelajari. Semua ciri-ciri ini dikembangkan agar mudah dipelajari dan mudah diterapkan pada dunia bisnis. Pada 1958, John McCarthy di MIT membuat bahasa LISt Processing (atau LISP), yang dirancang untuk riset Artificial Intelligence (AI). Karena dirancang untuk fungsi spesialisasi yang tinggi, maka tata cara penulisannya jaring kelihatan sebelum ataupun sesudahnya. Sesuatu perbedaan yang paling nyata dari bahasa ini dengan bahasa lain adalah dasar dan type satu-satunya adalah list, yang ditandai dengan suatu urutan item yang dicakup dengan tanda kurung. Program LISP sendirinya dibuat sebagai suatu himpunan dari list, sehingga LISP memiliki kemampuan yang khusus untuk memodifikasi dirinya, dan juga dapat berkembang sendiri. Tata cara penulisan LISP dikenal sebagai “Cambridge Polish,” sebagaimana dia sangat berbeda dari logika Boolean (Wexelblat, 177) : x V y – Cambridge Polish, what was used to describe the LISP program OR(x,y) – parenthesized prefix notation, what was used in the LISP program x OR y – standard Boolean logic LISP masih digunakan sampai sekarang karena spesialiasi yang tinggi dari sifat abstraknya. Bahasa Algol dibuat oleh suatu komite untuk pemakaian scientific pada tahun 1958. Kontribusi utamanya adalah merupakan akar dari tiga bahasa selanjutnya yaitu Pascal, C, C++, dan Java. Dia juga merupakan bahasa pertama dengan suatu tata bahasa formal, yang dikenal sebagai Backus-Naar Form atau BNF (McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 454). Pada Algol telah diterapkan konsep-konsep baru, seperti rekursif pada function, bahasa berikutnya Algol 68, menjadi bahasa yang membosankan dan sulit digunakan (www.byte.com). Hal ini mengarah kepada adopsi terhadap bahasa yang lebih kecil dan kompak seperti Pascal. Pascal dimulai pada tahun 1968 oleh Niklaus Wirth. Tujuan pengembangannya adalah untuk kebutuhan pengajaran. Pada awalnya bahasa ini dikembangkan bukan dengan harapan adopsi pemakaian secara luas. Prinsipnya mereka mengembangkannya untuk alat pengajaran pemrograman yang baik seperti kemampuan debug dan perbaikan sistem dan dukungan kepada mikroprosesor komputer yang digunakan pada institusi pendidikan. Pascal dirancang dengan pendekatan yang sangat teratur (terstruktur), dia mengkombinasikan kemampuan yang terbaik dari bahasa-bahasa saat itu, COBOL, FORTRAN, dan ALGOL. Dalam pengerjaannya banyak perintah-perintah yang tidak teratur dan aneh dihilangkan, sehingga sangat menarik bagi pemakai (Bergin, 100-101). Kombinasi dari kemampuan input/output dan kemampuan matematika yang solid, membuatnya menjadi bahasa yang sukses besar. Pascal juga mengembangkan tipe data “pointer”, suatu fasilitas yang sangat bermanfaat pada bahasa yang mengimplementasikannya. Dia juga menambahkan perintah CASE, yang mana memperbolehkan perintah bercabang seperti suatu pohon pada suatu aturan: CASE expression OF possible-expression-value-1: statements to execute… possible-expression-value-2: statements to execute… END Pascal juga mengembangkan variabel dinamis, dimana variabel dapat dibuat ketika suatu program sedang berjalan, melalui perintah NEW dan DISPOSE. Tetapi Pascal tidak mengimplementasikan suatu array dinamis, atau kelompok dari variabel-variabel, yang mana sangat dibutuhkan, dan merupakan salah satu penyebab kekalahannya (Bergin, 101-102). Wirth kemudian membuat lanjutan dari Pascal, Modula-2, tetapi pada saat itu muncul C yang dengan cepat menjadi mengeser posisi Pascal. C dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis Richie ketika sedang bekerja pada Bell Labs di New Jersey. Transisi pemakaian dari bahasa umum yang pertama ke bahasa umum sampai hari ini yaitu transisi antara Pascal dan C, C merupakan perkembangan dari B dan BCPL, tetapi agak menyerupai Pascal. Semua fasilitas di Pascal, termasuk perintah CASE tersedia di C. C menggunakan pointer secara luas dan dibangun untuk kecepatan dengan kelemahannya yaitu menjadi sulit untuk dibaca. Tetapi karena dia menghilangkan semua kelemahan yang terdapat di Pascal, sehingga dengan cepat mengambil alih posisi Pascal. Ritchie mengembangan C untuk sistem Unix yang baru pada saat yang bersamaan. Oleh karena ini, C dan Unix saling berkaitan. Unix memberikan C beberapa fasilitas besar seperti variabel dinamis, multitasking, penanganan interrupt, forking, dan strong low-level,input-output. Oleh karena itu, C sangat sering digunakan untuk pemrograman sistem operasi seperti Unix, Windows, MacOS, dan Linux. Pada akhir tahun 1970 dan awal 1980, suatu metode pemrograman yang baru telah dikembangkan. Ha tersebut dikenal sebagai Object Oriented Programming, atau OOP. Object merupakan suatu potongan dari data yang dapat dipaket dan dimanipulasi oleh programmer. Bjarne Stroustroup menyukai metode ini dan mengembangkan lanjutan dari C yang dikenal sebagai “C With Classes.” Kemampuan lanjutan ini dikembangkan menjadi bahasa C++ yang diluncurkan pada tahun 1983. C++ dirancang untuk mengorganisasikan kemampuan dasar dari C dengan OOP, dengan tetap mempertahankan kecepatan dari C dan dapat dijalankan pada komputer yang tipe berlainan. C++ sering kali digunakan dalam simulasi, seperti game. C++ menyediakan cara yang baik untuk memanipulasi ratusan instance dari manusia didalan elevator, atau pasukan yang diisi dengan tipe prajurit yang berbeda. Bahasa ini menjadi pilihan pada mata kuliah AP Computer Science sampai hari ini. Pada awal 1990′s, interaktif TV adalah teknologi masa depan. Sun Microsystems memutuskan bahwa interaktif TV membutuhkan suatu hal yang khusus, yaitu bahasa portable (bahasa yang dapat berjalan pada banyak jenis mesin yang berbeda). Bahasa ini dikenal sebagai Java. Pada tahun 1994, team proyek Java mengubah fokus mereka ke web, yang mana berubah menjadi sesuatu yang menjanjikan setelah interactive TV gagal. Pada tahun berikutnya, Netscape menyetujui pemakaian Java pada internet browser mereka, Navigator. Sampai titik ini, Java menjadi bahasa masa depan dan beberapa perusahaan mengumumkan aplikasi harus ditulis dalam Java. Java mempunyai tujuan yang besar dan merupakan bahasa yang baik menurut buku text, pada kenyataanya “bahasa tersebut tidak”. Dia memiliki masalah yang serius dalam optimasi, dengan arti program yang ditulis dengannya berjalan dengan lambat. Dan Sun telah membuat cacat penerimaan terhadap Java dengan pertikaian politis dengan Microsoft. Tetapi Java telah dinyatakan sebagai bahasa untuk instruksi masa depan dan benar-benar menerapkan object-oriented dan teknik tingkat tinggi seperti kode yang portable dan garbage collection. Visual Basic sering diajari sebagai bahasa pemrograman dasar yang mengacu pada bahasa BASIC yang dikembangkan pada tahun 1964 oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. BASIC adalah bahasa yang sangat terbatas dan dirancang untuk orang yang bukan computer science. Perintah-perintah dijalankan secara berurutan, tetapi kendali program dapat berubah berdasarkan IF..THEN, dan GOSUB yang mana menjalankan suatu blok kode dan kembali ketitik semula didalam alur program. Microsoft telah mengembangkan BASIC ke dalam produk Visual Basic (VB). Jantung dari VB adalah form, atau suatu window kosos dimana anda dapat drag dan drop komponen seperti menu, gambarm dan slider bars. Item-item ini dikenal sebagai “widgets.” Widget memiliki properti (seperti warna) dan events (seperti klik dan double klik) dan menjadi pusat dari pengembangan antarmuka dengan pemakai diberbagai bahasa program dewasa ini. VB merupakan program yang banyak digunakan untuk membuat interface sederhana ke produk Microsoft lainnya seperti Excel dan Access tanpa membaca banyak kode, dengannya dapat dimungkinkan untuk dibuat aplikasi yang lengkap. Perl telah sering digambarkan sebagai “duct tape of the Internet,” karena sering digunakan sebagai engine untuk interface web atau pada script untuk memodifikasi file konfigurasi. Dia memiliki fungsi text matching yang sangat baik sehingga membuatnya menjadi hal yang ideal untuk pekerjaan tersebut. Perl dikembangkan oleh Larry Wall pada 1987 karena fasilitas pada sed dan awk pada Unix (digunakan untuk manipulasi text) tidak mencukupi kebutuhannya. Tergantung kepada siapa anda bertanya, Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language atau Pathologically Eclectic Rubbish Lister. Bahasa pemrograman telah berkembangan dari masa kemasa dan tetap dikembangkan dimasa depan. Mereka dimulai dari suatu daftar langkap pengkabelan agar komputer menjalankan tugas tertentu. Langkah-langkah ini berkembang menjadi software dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Bahasa umum yang pertama menekankan pada kesederhanaan dan untuk satu tujuan saja, sedangkan bahasa dewasa ini terbagi atas bagaimana mereka diprogram, sehingga mereka dapat digunakan untuk semua tujuan. Dan mungkin bahasa yang akan datang lebih natural dengan penemuan pada quantum dan komputer-komputer biologis. Sumber : Indoprog ‘Algoritma & Pemrograman’ oleh Hendra, S.T.

Bahasa Pemrogaman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Jumat, 15 Oktober 2010

•Modul 5. Melakukan Perawatan PC

Khoirul anam

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Melakukan Perawatan PC
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
KODE MODUL
HDW.MNT.101.(2).A
ii
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG KEAHLIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Melakukan Perawatan PC
PENYUSUN
TIM FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
BAGIAN PROYEK PENGEMBANGAN KURIKULUM
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
2004
KODE MODUL
HDW.MNT.101.(2).A
iii
KATA PENGANTAR
Modul dengan judul “ Melakukan Perawatan PC “ merupakan bahan
ajar yang digunakan sebagai panduan praktikum peserta diklat Sekolah
Menengah Kejuruan (SMK) untuk membentuk salah satu bagian dari
kompetensi bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi pada
Program Keahlian Teknik Komputer dan Pengelolaan Jaringan.
Modul ini menguraikan tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk
perawatan PC dimulai dari persiapan yang diperlukan sampai dengan
pelaporan hasil perawatan PC. Modul ini terdiri dari 4 kegiatan belajar.
Kegiatan Belajar 1 membahas tentang menyiapkan perawatan PC,
Kegiatan Belajar 2 membahas tentang melakukan perawatan PC, Kegiatan
Belajar 3 membahas tentang memeriksa hasil perawatan PC dan Kegiatan
Belajar 4 membahas tentang melakukan tindakan korektif dan melaporkan
hasil perawatan PC.
Modul ini terkait dengan modul-modul lain yang membahas tentang
Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC. Oleh karena itu,
sebelum menggunakan modul ini peserta diklat diwajibkan telah
mengambil modul tersebut.
Yogyakarta, Desember 2004
Penyusun
Tim Fakultas Teknik
Universitas Negeri Yogyakarta
iv
DAFTAR ISI MODUL
Halaman
HALAMAN DEPAN ............................................................................ i
HALAMAN DALAM ............................................................................ ii
KATA PENGANTAR ........................................................................... iii
DAFTAR ISI MODUL ......................................................................... iv
PETA KEDUDUKAN MODUL .............................................................. vi
PERISTILAHAN / GLOSSARY ............................................................. viii
I. PENDAHULUAN ..................................................................1
A. DESKRIPSI JUDUL.............................................................1
B. PRASYARAT .....................................................................1
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL .....................................2
1. Petunjuk Bagi Siswa ....................................................2
2. Peran Guru .................................................................2
D. TUJUAN AKHIR ................................................................3
E. KOMPETENSI ...................................................................4
F. CEK KEMAMPUAN ............................................................7
II. PEMELAJARAN ...................................................................8
A. RENCANA PEMELAJARAN SISWA .......................................8
B. KEGIATAN BELAJAR .........................................................8
1. Kegiatan Belajar 1 : Menyiapkan perawatan PC ............9
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran..................................9
b. Uraian Materi 1.......................................................9
c. Rangkuman 1.........................................................14
d. Tugas 1 .................................................................15
e. Tes Formatif 1........................................................15
f. Kunci Jawaban Formatif 1 .......................................16
g. Lembar Kerja 1.......................................................16
2. Kegiatan Belajar 2 : Melakukan perawatan PC ...............17
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran .................................17
b. Uraian Materi 2.......................................................17
c. Rangkuman 2.........................................................31
d. Tugas 2 .................................................................31
v
e. Tes Formatif 2........................................................32
f. Kunci Jawaban Formatif 2 .......................................32
g. Lembar Kerja 2.......................................................32
3. Kegiatan Belajar 3 : Memeriksa hasil perawatan PC .......34
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran .................................34
b. Uraian Materi 3.......................................................34
c. Rangkuman 3.........................................................48
d. Tugas 3 .................................................................49
e. Tes Formatif 3........................................................49
f. Kunci Jawaban Formatif 3 .......................................49
g. Lembar Kerja 3.......................................................50
4. Kegiatan Belajar 4 : Melakukan tindakan korektif dan
melaporkan hasil perawatan PC....................................52
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran .................................52
b. Uraian Materi 4.......................................................52
c. Rangkuman 4.........................................................54
d. Tugas 4 .................................................................54
e. Tes Formatif 4........................................................54
f. Kunci Jawaban Formatif 4 .......................................54
g. Lembar Kerja 4.......................................................55
III.EVALUASI ......................................................................... 56
A. PERTANYAAN ..................................................................56
B. KUNCI JAWABAN EVALUASI .............................................56
C. KRITERIA KELULUSAN .....................................................57
IV.PENUTUP ............................................................................58
DAFTAR PUSTAKA ...................................................................59
vi
PETA KEDUDUKAN MODUL
HDW.DEV.100.
(2).A•
1 2 3
LULUS SMK
HDW.MNT.201.
(2).A
HDW.MNT.203.
(2).A
SWR.OPR.101.
(2).A•
SWR.OPR.100.
(1).A
HDW.MNT.102.
(2).A
SWR.OPR.102.
(2).A•
HDW.MNT.10
1.(2).A
HDW.MNT.204.
(2).A
SWR.MNT.201.
(1).A
NTW.OPR.100.
(2).A•
HDW.MNT.202.
(2).A
HDW.MNT.205.
(2).A
SWR.OPR.103.
(2).A•
SWR.OPR.104.
(2).A•
NTW.OPR.200.
(2).A•
NTW.MNT.201.
(2).A•
NTW.MNT.202.
(2).A•
NTW.MNT.300.
(3).A•
A 4
SLTP & yang LULUS SMK
sederajat
vii
Keterangan :
HDW.DEV.100.(2).A•Menginstalasi PC
HDW.MNT.201.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan
periferal
HDW.MNT.203.(2).A Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC
HDW.MNT.204.(2).A Melakukan perbaikan periferal
HDW.MNT.101.(2).A Melakukan perawatan PC
HDW.MNT.102.(2).A Melakukan perawatan periferal
SWR.OPR.101.(2).A•Menginstalasi sistem operasi berbasis GUI (Graphical
User Interface)
SWR.OPR.102.(2).A•Menginstalasi sistem operasi berbasis text
SWR.OPR.100.(1).A Menginstalasi software
SWR.MNT.201.(1).A Mem-Back-Up dan Me-Restore software
NTW.OPR.100.(2).A•Menginstalasi perangkat jaringan lokal (Local Area
Network)
HDW.MNT.202.(2).A Mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC yang
tersambung jaringan
HDW.MNT.205.(2).A Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi
jaringan
SWR.OPR.103.(2).A•Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis GUI
(Graphical User Interface)
SWR.OPR.104.(2).A•Menginstalasi sistem operasi jaringan berbasis text
NTW.OPR.200.(2).A•Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (Wide
Area Network )
NTW.MNT.201.(2).A•Mendiagnosis permasalahan perangkat yang
tersambung jaringan berbasis luas (Wide Area Network)
NTW.MNT.202.(2).A•Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang koneksi
jaringan berbasis luas (Wide Area Network )
NTW.MNT.300.(3).A•Mengadministrasi server dalam jaringan
A Merancang bangun dan menganalisa Wide Area
Network
•Dalam tahap penyusunan SKKNI
viii
PERISTILAHAN/GLOSSARY
Disk cleaner : cairan yang digunakan untuk membersihkan
head pada diskdrive
Floopy drive / diskdrive : merupakan komponen komputer yang
digunakan untuk penggerak floopy atau disket
sebagai media penyimpan data
Scandisk : adalah tool yang digunakan untuk memeriksa
struktur file sistem
Disk defragmenter : tool yang digunakan untuk mengatur struktur
atau tata letak file sehingga akan mengurangi
fragmentasi sebuah space hardisk.
VGA card : komponen komputer yang difungsikan untuk
mengolah grafik untuk ditampilkan ke dalam
layar monitor
CPU : Komponen ini merupakan otak dari komputer,
kecepatan dan kecerdasan prosessor
tergantung dari kecepatannya
Motherboard : merupakan tempat dari semua komponen
komputer terpasang
Expansion card : m e rupakan komponen tambahan yang
terpasang pada komputer
Heatsink : Pendingin
1
BAB I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI JUDUL
Modul Melakukan perawatan PC merupakan modul teori dan atau
praktikum yang membahas tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk
perawatan PC dimulai dari persiapan yang diperlukan sampai dengan
pelaporan hasil perawatan PC.
Modul ini terdiri dari 4 (empat) kegiatan belajar, yaitu membahas tentang
menyiapkan perawatan PC, melakukan perawatan PC, memeriksa hasil
perawatan PC dan melakukan tindakan korektif serta melaporkan hasil
perawatan PC.
Dengan menguasai modul ini diharapkan peserta diklat mampu melakukan
perawatan PC.
B. PRASYARAT
Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah :
1) Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat Melakukan perbaikan
dan/atau setting ulang sistem PC ( HDW.MNT.203.(2).A)
2) Peserta diklat mampu menggunakan alat ukur listrik
3) Peserta diklat mengetahui konfigurasi dan spesifikasi perangkat PC,
termasuk komponen pada bagian input, proses dan output.
4) Peserta diklat mengetahui cara kerja komponen/periferal yang
memerlukan perawatan.
5) Peserta diklat mengetahui tujuan, prosedur dan cara penggunaan
peralatan untuk perawatan.
2
C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1. Petunjuk Bagi Siswa
Siswa diharapkan mampu berperan aktif dan berinteraksi dengan sumber
belajar yang mendukungnya, karena itu harus diperhatikan beberapa hal
sebagai berikut :
a. Langkah – langkah Belajar
Untuk menjadi lebih kompeten dan profesional dalam pekerjaan perawatan
PC, maka Anda harus mencermati beberapa hal berikut :
1) Apa yang harus disiapkan dalam melakukan perawatan PC ?
2) Apa yang harus dilakukan dalam perawatan PC ?
3) Bagaimana memeriksa hasil perawatan PC secara fisik maupun
menggunakan software utilitas ?
4) Bagaimana melakukan tindakan korektif dan membuat laporan perawatan
PC ?
b. Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan
Untuk menunjang keselamatan kerja dan kelancaran tugas yang akan Anda
lakukan, maka persiapkanlah seluruh perlengkapan yang diperlukan sesuai
dengan jenis tugas pada masing-masing kegiatan pemelajaran.
c. Hasil Pelatihan
Anda akan mampu melakukan tugas/pekerjaan perawatan PC.
2. Peran Guru
Guru yang akan mengajarkan modul ini hendaknya mempersiapkan diri
sebaik-baiknya yaitu mencakup aspek strategi pemelajaran, penguasaan
3
materi, pemilihan metode, alat bantu media pemelajaran, dan perangkat
evaluasinya.
D. TUJUAN AKHIR
1. Peserta diklat mampu menyiapkan perlengkapan untuk perawatan PC
2. Peserta diklat mampu melakukan perawatan PC
3. Peserta diklat mampu memeriksa hasil perawatan PC
4. Peserta diklat mampu melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil
perawatan PC.
4
E. KOMPETENSI
Kompetensi : Melakukan perawatan PC
Kode : HDW.MNT.101.(2).A
Durasi Pemelajaran : 80 jam @ 45 menit
A B C D E F G
LEVEL KOMPETENSI KUNCI
2 1 2 2 1 2 2
KONDISI KINERJA
1. Dalam melaksanakan unit kompetensi ini harus didukung dengan tersedianya :
SOP perawatan PC;
Instruction Manual dari masing-masing peralatan;
Log sheet atau report sheet yang ditetapkan oleh perusahaan;
Peralatan atau instrumen yang terkait dengan pelaksanaan unit kompetensi ini.
2. Unit Kompetensi yang harus dikuasai sebelumnya :
HDW.MNT.203.(2).A Melakukan perbaikan dan / atau setting ulang sistem PC
3. Pengetahuan yang dibutuhkan :
Alat ukur listrik;
Konfigurasi dan spesifikasi perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input, proses dan output.
Cara kerja komponen / modul yang perlu perawatan;
Tujuan, produk, prosedur dan cara penggunaan peralatan untuk perawatan;
Prosedur, peralatan dan persoalan lingkungan kerja yang berkaitan dengan proteksi sistem;
Penanganan permasalahan perawatan PC, periferal dan konektifitas jaringan.
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
1. Menyiapkan perawatan
PC
Jadwal dan prosedur
perawatan disiapkan
Peralatan perawatan
(tools kit) disiapkan.
Peralatan dan bahan pembersih
disiapkan
Status/history/log sheet
hasil perawatan
sebelumnya diperiksa, jika
ada
Jenis alat dan bahan pembersih
yang sesuai untuk
PC
Melaksanakan
keaman-an dan
Keselamatan Kerja
(K3) dalam me-rawat
PC
Menguraikan jenis dan
sifat bahan pembersih
yang sesuai dengan
periferal.
Menjelaskan hubungan
antara troubleshooting
pada PC
dengan keber-sihan
komponen PC
Mengatur jadwal perawatan
PC
5
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
Bagian/komponen PC
dibersihkan menggunakan
prosedur, cara/ metode
dan bahan/ peralatan
yang sudah ditentukan
2. Melakukan perawatan
PC
Bagian/komponen PC,
perkabelan, dan
sambungan (periferal
maupun jaringan) diperiksa
secara fisik menggunakan
prosedur, cara/
metode dan peralatan
yang sudah ditentukan
Langkah-langkah
perawatan PC
Jenis-jenis korosi pada
komponen PC
Menjelaskan prosedur
pembersikan
komponen pada PC
Menjelaskan jenis-jenis
korosi pada komponen
dan penyebabnya
Membersihkan dan
merawat bagianbagian
PC secara
teratur
3. Memeriksa hasil
perawatan PC
PC dapat dihidupkan
dengan normal sesuai
dengan kriteria unjuk
kerja pada unit
kompetensi
HDW.OPR.101.(1).A atau
HDW.OPR.102.(1).A
Keberadaan dan
fungsionalitas komponen
PC hasil pengecekan
menggunakan software
utilitas sesuai dengan
spesifikasi PC yang
diperiksa
Penyebab dan kondisi
yang abnormal
diidentifikasi dan dicatat
Tindakan korektif yang
bisa segera diambil untuk
meng-atasi kondisi
abnormal sesuai dengan
SOP
Penggunaan software
utilitas dalam pengecekan
kondisi komponen PC
Memilih peralatan /
komponen PC serta
software yang akan
digunakan secara
teliti
Menjelaskan jenis-jenis
software utilitas yang
digunakan untuk
mengecek kondisi
komponen PC (Misal :
Norton utility, waterfall,
dan lain-lain
Memeriksa hasil perawatan
PC secara fisik
maupun menggunakan
software utilitas
6
MATERI POKOK PEMELAJARAN
SUB KOMPETENSI KRITERIA KINERJA LINGKUP BELAJAR
SIKAP PENGETAHUAN KETERAMPILAN
4. Melakukan tindakan
korektif dan
melaporkan hasil
perawatan PC
Laporan dibuat sesuai
dengan format dan
prosedur yang ditetapkan
Langkah penanganan
perma-salahan pada
pengoperasian PC
Penyusunan laporan
Memperlihatkan sikap
responsif yang tepat
terhadap masalah
yang timbul
Menjelaskan langkahlangkah
korektif yang
dapat diambil untuk
mengatasi kondisi
abnormal
Menguraikan langkahlangkah
penyusunan
laporan
Melakukan langkah
korektif terhadap
kondisi abnormal pada
pengope-rasian PC
Membuat laporan
pera-watan PC
7
F. CEK KEMAMPUAN
Untuk mengetahui kemampuan awal yang telah Anda miliki, maka isilah
cek lis () seperti pada table di bawah ini dengan sikap jujur dan dapat
dipertanggungjawabkan.
Saya dapat
Melakukan
Pekerjaan ini
dengan
Kompeten
Sub
Kompetensi Pernyataan
Ya Tidak
Bila
Jawaban
“Ya”
Kerjakan
Menyiapkan
perawatan PC
1. Menyiapkan peralatan
dan bahan pembersih
yang digunakan untuk
perawatan PC.
2. Hubungan antara
troubleshooting pada
PC dengan kebersihan
komponen PC.
Test Formatif
1
Melakukan
perawatan PC
1. Melakukan
pembersihan
komponen pada PC
sesuai dengan
prosedur.
Test Formatif
2
Memeriksa
hasil
perawatan PC
1. Memeriksa hasil
perawatan PC secara
fisik maupun dengan
menggunakan software
utility
Test Formatif
3
Melakukan
tindakan
korektif dan
melaporkan
hasil
perawatan PC
1. Melakukan langkah
korektif terhadap
kondisi abnormal pada
pengoperasian PC
2. Membuat laporan
perawatan PC
Test Formatif
4
Apabila anda menjawab TIDAK pada salah satu pernyataan di atas,
maka pelajarilah modul ini.
8
BAB II
PEMELAJARAN
A. RENCANA PEMELAJARAN SISWA
Kompetensi : Melakukan perawatan PC
Sub Kompetensi : 1 . Menyiapkan perawatan PC
2. Melakukan perawatan PC
3. Memeriksa hasil perawatan PC
4. Melakukan tindakan korektif dan melaporkan
hasil perawatan PC
Jenis Kegiatan Tanggal Waktu Tempat
Belajar
Alasan
Perubahan
Tanda
Tangan
Guru
Menyiapkan perawatan
PC
Melakukan perawatan
PC
Memeriksa hasil
perawatan PC
Melakukan tindakan
korektif dan melaporkan
hasil perawatan PC
9
B. KEGIATAN BELAJAR
1. Kegiatan Belajar 1: Menyiapkan perawatan PC
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini peserta diklat mampu
mempersiapkan bahan dan peralatan yang digunakan untuk
melakukan perawatan sesuai dengan komponen.
b. Uraian Materi 1
1) Pendahuluan
Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC.
Sebuah PC terdiri dari beberapa komponen, dimana masing masing
komponen memiliki fungsi tersendiri yang akan saling berkaitan.
Walaupun komponen PC terletak dalam sebuah case komputer namun
masih banyak kotoran yang dapat mengganggu fungsionalitas
komponen baik dari debu maupun sarang serangga. Untuk
membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan dan bahan
yang sederhana seperti :
•Penyedot debu mini
•Kain kering atau tisu
•Cairan pembersih / cleaner
•Disk cleaner
•Cd Cleanet
Sedangkan untuk alat perlu disediakan:
•Obeng
•Tang
•Kuas
10
2) Bahan atau peralatan untuk membersihkan komponen PC
a) Penyedot Debu Mini
Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk
menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih
bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat
dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas
sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat
digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudutsudut
casing komputer.
Gambar 1. Penyedot Debu Mini
b) Kain Kering Atau Tisu dan Cairan Pembersih
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair
yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar
atau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak
segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus
11
sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan fatal
pada komponen PC. Sedangkan Cairan pembersih digunakan untuk
membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti
percikan dari tinta printer.
Gambar 2. Kain Kering dan Cairan Pembersih
c) Kuas
Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu
atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk
membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas
dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip
heatsink pada prosessor.
12
Gambar 3. Kuas Pembersih
d) Disk Cleaner
Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari
pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive.
Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang
piringannya diganti dengan kertas tisu.
Gambar 4. Disk Cleaner
13
e) CD Cleaner
CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan
menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih
dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner
hanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakan
sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.
Gambar 5. CD Cleaner
f) Obeng
Obeng merupakan peralatan penting bagi para teknisi komputer,
karena dengan alat inilah teknisi mampu membuka dan melepas
komponen dalam PC.
14
Gambar 6. Obeng
g) Tang
Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatan
komponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut
banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang
kecil. Sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotong
kabel dan keperluan lainnya.
Gambar 7. Tang
c. Rangkuman 1
Walaupun komponen PC terletak dalam sebuah casing komputer
namun masih banyak kotoran yang dapat mengganggu fungsionalitas
komponen baik dari debu maupun sarang serangga. Untuk
15
membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan dan bahan
yang sederhana seperti :
1) Penyedot debu mini
2) Kain kering atau tisu
3) Cairan pembersih / cleaner
4) Disk Cleaner
5) CD Cleaner
Sedangkan untuk alat perlu disediakan:
1) Obeng
2) Tang
3) Kuas
d. Tugas 1
1) Pelajarilah fungsi bahan-bahan pembersih yang sesuai dengan
periferal.
2) Pelajarilah lebih jauh tentang hubungan antara trouble-shooting
pada PC dengan kebersihan komponen PC.
e. Test Formatif 1
1) Jelaskan fungsi Disk Cleaner
2) Jelaskan fungsi CD Cleaner
3) Apa beda Disk Cleaner dengan CD Cleaner
f. Jawaban Test Formatif 1
1) Disk cleaner digunakan untuk head dari diskdrive dari pengaruh
debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk
cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang
piringannya diganti dengan kertas tisu.
16
2) CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu
dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan
cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran.
3) Beda CD Cleaner dengan Disk Cleaner hanya terletak pada
bentuknya yaitu pada CD Cleaner menggunakan sikat kecil atau
sirip yang dipasang pada disk.
g. Lembar Kerja 1
Alat dan Bahan
1) Unit Komputer
2) Alat pembersih yang meliputi : kuas, penyedot debu, kain,
cleaner.
Keselamatan Kerja
1) Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
2) Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah
ditentukan.
Langkah Kerja :
1) Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini
2) Amatilah kondisi kebersihan komponen PC yang ada, catat dalam
hasil pengamatan.
3) Jika ada komponen PC yang trouble secara phisik, catat
penyebabnya.
4) Laporkan hasil pekerjaan anda pada guru pembimbing (pengajar).
5) Jika semua telah selesai rapikan alat dan bahan kemudian
kembalikan ke tempat semula.
17
2. Kegiatan Belajar 2: Melakukan perawatan PC
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini peserta diklat mampu
mengetahui prosedur melakukan pembersihan komponen pada PC
b. Uraian Materi
1) Prosedure Pembersihan Komponen pada Periferal
Untuk melakukan pembersihan komponen pada PC harus melalui cara
atau prosedure tertentu. Antara satu komponen dengan komponen
yang lain berbeda sehingga memiliki urutan atau aturan tersendiri
dalam metode pembersihannya. Berikut beberapa komponen PC yang
perlu dilakukan perawatan.
a) Casing
Casing dapat diibaratkan dengan bangunan atau rumah, dari sebuah
komputer, sehingga kekuatan dan keindahan sebuah komputer secara
fisik terletak pada casing PC. Pada casing PC biasanya terdapat power
supply, fan dan led indikator beserta saklar atau tombol-tombol power
dan reset. Permasalahan yang sering terjadi dalam case komputer
adalah debu yang terbawa oleh fan casing komputer itu sendiri atau
sarang serangga. Kotoran tersebut selain menggangu keindahan juga
dapat berdampak jelek pada fan dan komponen lain pada
motherboard. Sehingga perlu dilakukan pembersihan secara rutin. Alat
yang digunakan untuk membersih kan case komputer cukup dengan
kuas atau dengan penyedot debu mini. Untuk bagian sudut terutama
bagian depan perlu diperhatikan pengkabelan yang mudah lepas akibat
hentakan terutama pada bagian kabel untuk tombol saklar. Pada
bagian belakang yang perlu dibersihkan adalah pada bagian ventilasi
18
atau tempat fan. Karena disinilah debu semua mengumpul akibat
hembusan angin yang dibawa oleh fan.
Gambar 8. Casing PC
b) Floppy Drive
Floopy drive atau disk drive merupakan komponen komputer yang
digunakan untuk penggerak floopy atau disket sebagai media
penyimpan data.
Disk drive sangat mudah terkena debu atau kotoran yang terbawa oleh
disket sehingga dapat menganggu fungsionalitas disk drive. Gejalagejala
yang muncul akibat disk drive kotor adalah disket tidak dapat
dibaca dan kadang-kadang error. Cara untuk membersihkan disk drive
cukup dengan disk cleaner.
19
Langkah-langkah pembersihannya adalah sebagai berikut:
•Operasikan sistem komputer.
•Masukkan disk cleaner yang telah diberi cairan pembersih ke drive
A.
•Pilih drive A:\ sehingga komputer akan membaca drive A. Karena
piringan disket diganti dengan kertas tisu yang diberi cairan
pembersih maka head akan tersentuh oleh tisu tersebut sehingga
akan membersihkan head dari kotoran debu atau kotoran yang
lain.
Gambar 9. Floppy drive
c) CD-Rom dan CD-RW
CD-Rom atau CD-RW merupakan alat yang umum digunakan saat ini
untuk membaca dan menulis data ke CD. CD-Rom dan CD-RW
merupakan komponen yang sangat murah dibandingkan dengan data
yang dapat disimpannya. Masalah yang sering mengganggu pada CDRom
dan CD-RW terletak pada optik atau lensanya. Langkah yang
digunakan untuk membersihkan optic atau lensa dari debu atau
kotoran lain adalah dengan menggunakan CD cleaner. Prinsip kerja
dari CD cleaner mirip dengan disk cleaner, hanya bentuknya saja yang
berbeda.
20
Langkah-langkah pembersihannya adalah sebagai berikut:
•Operasikan sistem komputer
•Masukkan CD cleaner,
CD cleaner akan berputar dan sikat atau sirip yang melekat pada
disk atau piringan akan menyikat optic atau lensa pada CD-Rom
atau CD-RW.
Gambar 10. CD-Rom atau CD-RW
d) Hard Disk
Hard disk merupakan komponen yang penting dalam sebuah
komputer, karena sistem operasi dan semua program beserta datadata
tersimpan dalam harddisk. Hard disk merupakan barang yang
mudah rusak. Untuk melakukan perawatan dilakukan dari sisi hardware
dan software.
Untuk perawatan hard disk dari sisi hardware, perlu ditambahkan
sebuah fan untuk mengurangi panas pada hard disk. Fan ini sangat
direkomendasikan untuk hard disk dengan kecepatan 7200 rpm ke
atas. Selain itu perlu diperhatikan pengaturan kabel data agar sirkulasi
udara dapat berjalan lancar.
21
Untuk perawatan dari sisi software, cukup dengan tool-tool yang telah
tersedia ketika menginstall sistem operasi. Tool tersebut meliputi
scandisk, dan disk defragmenter. Selain tool tersebut juga terdapat
tool yang digunakan untuk melakukan low-level format. Low level
format digunakan untuk melakukan konfigurasi ulang pada hard disk
meliputi pengaturan head, cylender, dan sector. Low level format
merupakan format dari segi fisik. Untuk masing-masing merk hard disk
memiliki program tersendiri untuk low level format. Untuk merk
Seagete mengggunakan SGATFMT4, Quantum menggunkan zerrofill
atau zdisk, maxtor dengan mud dan untuk western digital dengan
wd_diag.
Scandisk adalah tool yang digunakan untuk memeriksa struktur file
sistem, tabel lokasi file (file allocation table), dan dapat untuk
mengetahui ada tidaknya bad sector. Scandisk akan berjalan dengan
otomatis setiap start jika komputer tidak dimatikan dengan benar atau
terjadi kegagalan listrik.
Disk defragmenter adalah tool yang digunakan untuk mengatur
struktur atau tata letak file sehingga akan mengurangi fragmentasi
sebuah space hard disk. Disk defragmenter perlu dilakukan secara
berkala hal ini akan meningkatkan performa sistem dan ruang hard
disk. Berikut contoh hasil proses disk defragmenter, dapat dilihat
perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan disk defragmenter.
22
Gambar 11. Hard Disk
Gambar 12. Tampilan Disk Defragmenter
Gambar 13. Tampilan Hasil Report Hard Disk
23
Gambar 13 di atas menampilkan hasil report hard disk sebelum
dilakukan defragmentasi. Dengan beberapa file yang mengalami
fragmentasi.
Gambar 14. Tampilan Report Defragmentasi
Gambar 14 di atas menerangkan bahwa file yang telah
terfragmentasi menjadi 0% atau telah hilang dan susunan ruang
kosong pada hard disk sudah tertata dengan rapi.
e) VGA Card
VGA card atau sering disebut display adapter adalah komponen
komputer yang difungsikan untuk mengolah grafik untuk ditampilkan
ke dalam layar monitor. Masalah yang sering timbull dalam VGA card
adalah panas yang berlebihan, sehingga untuk mengurangi panas yang
berlebihan perlu diperhatikan heatsink dan fan nya.
24
Sebagai perawatannya perlu dilakukan pembersihan dari debu atau
kotoran yang lain. Untuk membersihkan fan dan heatsink cukup
dengan kuas kecil karena fan pada VGA card juga kecil, sehingga harus
disesuaikan dengan ukuran fan nya. Selain itu VGA card sering
bermasalah pada fan yang berisik atau berbunyi dengan keras.
Masalah ini bersumber pada fan yang tidak kencang atau putaran fan
tidak stabil. Selain itu juga dapat disebabkan dudukan fan yang tidak
kuat sehingga tidak dapat menopang fan dengan baik. Untuk
mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan membersihkan, dan
mengencangkan posisi fan dengan tepat sesuai dengan posisinya.
Gambar 15. VGA Card
f) Memori
RAM merupakan komponen primer dalam sebuah komputer. RAM
bertindak sebagai media penyimpan sementara pada sistem. Besar
25
kecil nya kapasitas RAM tergantung dari kebutuhan sistem yang akan
digunakan oleh program. Semakin besar kapasitas RAM maka akan
semakin cepat dan stabil program tersebut dijalankan. RAM bermacam
macam jenisnya diantaranya yang masih beredar adalah sebagai
berikut:
EDO RAM (banyak dijumpai pada komputer lama dan mulai jarang
ditemukan), SDRAM, DDR SDRAM, dan RDRAM. Antara jenis-jenis
tersebut berbeda bentuk fisik dan slot pad motherboard nya. RAM
perlu dilakukan perawatan agar selalu bekerja dengan optimal.
Gangguan pada RAM terletak pada konektor atau kaki-kakinya,
dimana jika RAM sering dilepas dan tersentuh oleh tangan dapat
menyebabkan korosi bahkan RAM dapat rusak akibat listrik statis.
Gambar 16. Memori
26
Gambar 17. Membersihkan RAM
Untuk membersihkan RAM dari korosi akibat sentuhan tangan dapat
dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih atau cukup dengan
karet penghapus dengan cara menggosokan pada kaki RAM. Selain itu
juga perlu diperhatikan pemasangan pada slot RAM, perlu dipastikan
RAM tertancap dengan sempurna karena jika tidak, maka selain RAM
tidak terdeteksi oleh sistem juga dapat mengakibatkan kerusakan RAM.
g) Power Supply
Power supply merupakan jantung dari sebuah komputer, karena
semua sumber daya listrik dari komponen komputer disupply dari
power supply. Power supply berfungsi mengubah arus AC menjadi arus
DC untuk didistribusikan ke berbagai macam komponen pada
komputer. Daya power supply berkisar 150 watt sampai 350 watt.
27
Gambar 18. Power Supply PC
Untuk daya 150 watt sudah jarang dijumpai karena hanya digunakan
untuk komputer yang sederhana tanpa banyak komponen tambahan.
Sedangkan jika dalam sebuah komputer yang memiliki beberapa
banyak komponen misal: CD-ROM, CD-RW, dan menggunakan banyak
hard disk direkomendasikan menggunakan power supply 300 watt atau
lebih besar.
Perawatan yang perlu dilakukan untuk merawat power supply adalah
dengan memperhatikan kelancaran fan pada power supply. Karena
fan inilah yang mampu mengurangi panas pada power supply. Selain
itu perlu ditambahkan sebuah alat yang sering disebut stabilizer
tegangan, karena dengan alat ini akan meringankan kerja dari power
supply sehingga akan mengurangi panas yang dikeluarkan oleh power
supply.
28
h) CPU (Central Processing Unit)
Komponen ini merupakan otak dari komputer, kecepatan dan
kecerdasan prosessor tergantung dari kecepatannya ( dalam satuan
hz). Kecepatan prosesor sangat berkembang dengan cepat sampai
saat ini sudah mencapai 3.04 GHZ.
Gambar 19. CPU + Heatsink dan Fan
Prosessor memerlukan pendingin sangat ekstra. Pendingin prossessor
terdiri dari heatsink dan fan pendingin. Prosessor merupakan
komponen yang paling panas sehingga perlu dimonitor setiap saat.
Untuk perawatan pada prosessor adalah dengan memperhatikan tata
letak fan sehingga udara dapat berputar dengan lancar. Kemudian
perlu dipilih fan prosessor dengan putaran yang tinggi ( minimal 5400
rpm) dan juga perlu dipilih heatsink dengan bahan penghantar panas
29
yang baik, seperti tembaga dan aluminium. Jika sering melepas
prosessor jangan lupa untuk selalu mengoleskan silicon grease agar
penghantaran panas lebih lancar.
i) Motherboard
Motherboard merupakan tempat dari semua komponen komputer
terpasang. Motherboard digunakan untuk menghubungkan antara
komponen satu dengan yang lain. Antara motherboard yang satu
dengan yang lain berbeda tergantung dari chipset yang digunakan
dalam motherboard tersebut. Fitur yang ditawarkan oleh motherboard
sangat beragam mulai dari soundcard onboard, LAN onboard, VGA
onboard dan masih banyak fitur yang lain. Semakin banyak fitur yang
terdapat dalam motherboard maka semakin banyak panas yang
dihasilkan oleh motherboard.
Perawatan yang dilakukan pada motherboard adalah dengan menjaga
suhu dari motherboard, yaitu dengan memperlancar sirkulasi udara
pada system. Karena motherboard tempat tersambungnya berbagai
komponen maka kabel-kabel yang tersambung perlu diikat dengan
pengikat kabel, selain akan menambah rapi juga akan membuat
sirkulasi udara menjadi lancar.
Untuk gangguan dari debu dan sarang serangga cukup dibersihkan
dengan kuas atau penyedot debu mini dengan menyesuaikan ukuran
sikat pada sudut yang sempit, jangan sampai mengganggu komponen
yang terpasang, seperti RAM dan prosessor.
30
Gambar 20. Motherboard PC
j) Expansion Card
Expansion card merupakan komponen tambahan yang terpasang pada
komputer. Expansion card dapat berbagai macam jenis dan fungsinya.
Contoh expansion card adalah seperti card LAN, soundcard, tv tunner,
VGA card dan masih banyak lagi. Sedangkan menurut jenisnya terdiri
dari PCI, ISA, dan AGP.
31
Gambar 21. Expansion Card
Untuk perawatan expansion card, perlu diperhatikan kaki-kakinya dari
pengaruh korosi akibat sentuhan tangan atau penyebab yang lain.
Perawatannya cukup dengan cairan pembersih korosi atau dengan
menggosok dengan karet penghapus. Selain itu perlu juga dipastikan
expansion card terpasang dengan kuat dan sempurna.
c. Rangkuman 2
Untuk melakukan pembersihan komponen pada PC harus melalui cara
atau prosedure tertentu. Antara satu komponen dengan komponen
yang lain berbeda sehingga memiliki urutan atau aturan tersendiri
dalam metode pembersihannya.
d. Tugas 2
Bacalah Instruction Manual dari masing-masing komponen PC yang
ada di laboratorium komputer anda.
32
e. Test Formatif 2
1) Sebutkan langkah-langkah atau prosedur perawatan komponen
PC berikut ini : Hard disk, CPU, Memory, Expansion Card, Power
supply
2) Korosi yang terjadi pada PC akan mengganggu kerja peralatan
tersebut. Bagaimana prosedur perawatan yang perlu dilakukan
untuk menghindarkan korosi.
f. Jawaban Test Formatif 2
1) Lihat uraian materi halaman 19 s.d. 28
2) Prosedur perawatan untuk menghilangkan korosi : Gunakan
cairan khusus untuk menghilangkan korosi, tetapi jangan
menggunakan cairan yang mudah terbakar (seperti : alkohol,
bensin atau thinner).
g. Lembar Kerja 2
Alat dan Bahan
1) Unit komputer
2) SOP dan Instruction manual dari masing-masing komponen PC.
3) Peralatan dan Bahan Pembersih :
a) kuas
b) penyedot debu mini
c) kain atau tisu
d) cairan pembersih atau cleaner
Kesehatan dan keselamatan kerja
1) Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
2) Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah
ditentukan.
33
Langkah Kerja :
1) Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini
2) Lakukanlah perawatan kebersihan masing-masing komponen PC
dengan berpedoman pada uraian materi kegiatan belajar 2 serta
instruction manual yang ada.
3) Buatlah rangkuman perawatan yang telah anda lakukan pada
langkah kerja ke-2 untuk masing-masing komponen PC. Masukkan
ke Tabel 1.
4) Laporkan hasil pekerjaan anda pada guru pembimbing (pengajar).
5) Jika semua telah selesai rapikan alat dan bahan kemudian
kembalikan ke tempat semula.
Tabel 1. Rangkuman Perawatan Komponen PC
No Jenis
komponen PC
Faktor penyebab Perawatan yang
dilakukan
1 Hard disk
2 CPU
3 Memori
4 Motherboard
5 CD ROM
6
7
34
3. Kegiatan Belajar 3: Memeriksa hasil perawatan PC
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini peserta diklat mampu
mengetahui tool atau program yang digunakan untuk mengecek
kondisi komponen PC
b. Uraian Materi
1) Kondisi yang perlu diketahui dari komponen.
Dalam mendiagnosis kerusakan pada komponen komputer, terlebih
dahulu perlu diketahui keadaan normal dari komponen tersebut.
Berikut kondisi dari masing-masing komponen yang perlu diketahui:
a) Casing
Casing komputer jarang mengalami gangguan karena fungsinya hanya
sebagai tempat atau pelindung dari komponen komputer. Sehingga
kondisi yang perlu diperhatikan terletak pada kekuatan dan keindahan
dari case komputer. Selain itu dalam sebuah case masih terdapat
beberapa komponen seperti fan, saklar dan led indikator. Untuk
mengetahui kondisi dari komponen ini perlu dilakukan pengecekan
langsung di dalam case komputer. Perlu diperhatikan kabel saklar dan
led perlu ditata atau diikat dengan rapi . Kebersihan dari case perlu
diperhatikan karena case sangat mudah kotor dari debu dan sarang
serangga.
b) Diskdrive
Untuk mengetahui kondisi diskdrive dapat dilakukan dengan mencoba
memasukkan disket. Pastikan disket yang digunakan adalah disket
yang bagus dan sudah di coba di diskdrive yang masih bagus. Hasil
dari pembacaan disket dapat diamati dari lama tidaknya membaca
35
disket dan suara yang dihasilkan ketika membaca disket. Jika
pembacaan file cepat dan suara yang dihasilkan halus maka disk drive
dipastikan masih bagus. Dan jika suara yang dihasilkan sangat keras
dan sering mengalami kegagalan dalam membca file, diskdrive sudah
mengalami gangguan sehingga perlu dilakukan pengecekan. Satu hal
lagi yang perlu diperhatikan dalam diskdrive yaitu lampu indikator dari
disk drive. Lampu indikator ini hanya menyala jika sedang mengakses
diskdrive saja. Jika diketahui lampu diskdrive tidak menyala saat
mengakses floppy atau menyala terus walaupun tidak mengakses
flooppy maka dapat dipastikan diskdrive mengalami gangguan.
c) CD ROM atau CD RW
Untuk mengetahui kondisi CD ROM atau CD RW masih baik atau tidak,
dapat dilakukan dengan memasukkan CD. Dengan memperhatikan
kecepatan membaca file dan suara yang dihasilkan ketika membaca
sebuah CD dapat diketahui CD ROM atau CD RW masih baik atau
tidak. Suara yang bising dan kadang ada suara “krak” perlu
diperhatikan kondisi dari CD-ROM atau CD-RW sudah mengalami
gejala kerusakan pada bagian mekanik. Sedangkan jika CD mengalami
gangguan ketika membaca CD dapat diakibatkan oleh optik kotor atau
mengalami kerusakan.
d) Hard disk
Kondisi hard disk dapat dilihat dari dua sisi yaitu software dan
hardware. Namun untuk keakuratan dan ketepatan lebih baik jika
digunakan software. Dari sisi hardware hanya dapat diketahui kondisi
hard disk jika sudah mengalami gejala kerusakan yaitu dari suara hard
disk yang mulai berisik saat diakses. Sedangkan dari sisi software
dapat diketahui kondisi hardware secara lebih mendalam meliputi
kondisi ruang kosong hard disk, fragmentasi file, dan ada tidaknya bad
36
sector pada hard disk. Untuk mengetahui kondisi hard disk dapat
digunakan tool yang sudah tersedia dalam sistem operasi windows,
yaitu scandisk dan disk defragmenter.
Gambar 22. Tampilan Hasil Scandisk
e) VGA Card
Kondisi yang perlu diperhatikan untuk VGA Card yaitu dengan
memperhatikan putaran fan pada chipset VGA card tetap lancar tanpa
ada bunyi yang berisik. Sedangkan untuk sisi software dapat
digunakan tool direct X, dengan tool ini dapat diketahui ada trouble
atau tidak.
37
Gambar 33. Tampilan DirectX
f) Memori
Untuk memastikan RAM terpasang dengan benar pastikan tidak
adanya bunyi 1,2,dan 3 beep untuk AMI bios, 1-4-1, 14-2, atau 2 beep
untuk bios phoenix. Selanjutnya setelah setelah sistem dapat berjalan
dengan normal hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan
memori oleh sistem. Dengan sebuah tool seperti freeRAM xp pro dapat
diketahui kondisi ruang kosong dari RAM, dengan tool ini dapat
dilakukan penyegaran terhadap RAM atau pembersihan RAM dari
program yang tak terpakai sehingga RAM dapat bekerja optimal.
38
Gambar 34. Tampilan Hasil Pembersihan RAM
g) CPU (Central Processing Unit)
Kondisi CPU yang perlu dipantau adalah penggunaan resource dan
suhu pada prosessor tersebut. Untuk suhu prosessor dipengaruhi dari
heatsink dan fan yang digunakan. Untuk itu kondisi heatsink harus
dipastikan menempel erat dengan prosesor, sedangkan untuk fan
harus dipastikan dapat berputar dengan lancar dan memiliki puratan
minimum 5400 rpm. Satu hal lagi yang sangat penting adalah
penggunaan tegangan pada prosesoor atau sering disebut VCORE.
VCORE harus dalam lingkup toleransi, karena jika tegangan kurang
atau lebih akan bermasalah pada CPU, semua kondisi di atas dapat
dilihat dalam BIOS khususnya pada menu hardware monitor atau
untuk motherboard tertentu sudah menyediakan tool untuk memantau
kondisi dari suhu dan tegangan prosesor.
39
Gambar 35. Tampilan Bios Setup
h) Power supply
Untuk kondisi power supply yang perlu diperhatikan adalah tegangan
keluaran 12 volt dan 5 volt nya. Untuk mengetahui tegangan ini dapat
digunakan multimeter atau dengan melihat dalam BIOS khususnya
pada menu hardware monitor.
i) Motherboard
Kondisi yang perlu diperhatikan dalam motherboard adalah suhu dan
fungsionalitas sistem itu sendiri. Untuk suhu dapat diketahui dari
hardware monitor atau mengunakan tool bawaan motherboard.
Sedangkan untuk fungsionalitas sistem dapat diketahui dengan melihat
tampilan hasil pada device manager.
40
j) Expansion card
Kondisi secara umum yang perku diketahui pada expansion card
adalah posisi expansion card yang telah terpasang dengan sempurna
pada pca slot ISA atau PCI dengan benar. Jika komponen ini telah
terpasang dengan benar maka komponen tersebut akan terdekteksi
oleh sistem, dan selanjutnya tinggal menginstall driver yang sesuai.
Komponen yang sudah dikenal oleh sistem akan otomatis terdeteksi
dan dapat digunakan oleh sistem PC.
2) Tool atau program check komponen
a) Bios
Bios merupakan firmware yaitu sebuah tool yang telah disediakan
dalam motherboard. Cara untuk masuk kedalam bios tergantung dari
merk bios yang digunakan. Untuk jenis bios AMI AWARD dengan
menekan tombol del saat start komputer, sedangkan untuk bios yang
lain dengan menekan F2 atau F1 (tergantung optional di BIOS). Bios
dapat digunakan untuk mendeteksi hard disk yang terpasang dan
dapat juga digunakan untuk mengetahui kondisi suhu dari CPU, dan
motherboard. Selain mendeteksi suhu dapat juga digunakan untuk
mendeteksi kecepatan putaran fan CPU dan FAN system motherboard.
Tegangan juga dapat diketahui dari bios, tegangan yang dapat
dimonitor adalah tegangan pada CPU atau VCORE serta, tegangan 3.3
volt, 5.0 volt dan tegangan 12 volt.
41
Gambar 36. Tampilan Bios Setup (Lanjutan)
b) Device manger
Device manager digunakan untuk mengetahui kondisi komponen PC
secara menyeluruh. Yaitu kondisi bahwa komponen sudah dapat
dideteksi oleh sistem atau kondisi komponen tidak mengalami trouble
pada drivernya. Device manager juga dapat digunakan untuk
menghidupkan dan mematikan komponen untuk keperluan tertentu.
Dari device manager inilah dapat dilakukan update driver.
42
Gambar 37. Tampilan Device Manager
c) Disk defragmenter
Disk defragmenter merupakan tool bawaan windows, tool ini
digunakan untuk merawat hard disk dari file yang terfragmentasi. File
yang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan akan
memperlambat sistem.
Gambar 38. Tampilan Hasil Disk Defragmenter
d) DirecxtX
DirectX digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan komponen
yang berhubungan dengan multimedia, seperti VGA card, soundcard,
dan LAN card. Selain digunakan untuk mengetahui kondisi di atas
directX juga dilengkapi dengan tool yang mampu digunakan untuk
mendiagnosa sebuah komponen dalam kondisi trouble atau tidak.
Untuk VGA card dilengkapi dengan test directdraw dan test direct3D,
43
untuk sound dan music dilengkapi dengan test direct music dan test
direct sound.
Gambar 39. Tampilan Kondisi Sistem yang Digunakan
Gambar 39 di atas memberikan gambaran kondisi sistem mulai dari
sistem operasi yang digunakan, clock CPU, jenis chipset dan system
manufacture, BIOS, memory dan penggunaan page file.
Gambar 40 memberikan gambaran tentang display adapter atau VGA
card, mulai dari device, manufacture, drivers. Dalam menu ini terdapat
tool yang digunakan untuk menambahkan akselerasi, yaitu akselerasi
untuk directdraw, akselerasi direct3D, dan akselerasi teksture AGP.
44
Gambar 40. Tampilan Kondisi Display Adapter atau VGA Card
Gambar 41. Tampilan Kondisi Sound dari Devices dan Drivernya
45
Gambar 41 di atas memberikan gambaran tentang sound dari devices
dan drivernya. Selain memberikan kondisi tentang soundcard
dilengkapi dengan tool untuk mengatur level akselerasi dari hardware
sound. Test directsound juga terdapat dalam menu ini untuk
mengetahui dukungan hardware dengan akselerasi yang disediakan.
e) Scandisk
Scandisk digunakan untuk melakukan perawatan hard disk dan system,
meliputi: file alocation table, struktur file, ada tidaknya bad sector
dalam hard disk. Tool ini akan otomatis dijalankan saat start ketika
terjadi unclean shutdown akibat gagal listrik atau salah menekan
tombol power.
Gambar 42. Tampilan Scandisk
Tool scandisk dapat dipanggil dari start programaccesoriess
system tool scandisk. Setelah terlihat gambar di atas maka akan
disediakan pilihan untuk memilih drive apa yang akan discan dan juga
46
terdapat dua pilihan jenis scan yang diberikan yaitu standard format
dan trough format. Standard format hanya akan mengecek file dan
foler yang error, sedangkan through digunakan untuk men-scan file
dan folder dari error ditambah dengan scan surface hard disk.
Gambar 43. Tampilan Hasil Scandisk
Hasil scandisk dapat dilihat seperti gambar di atas, dimana akan
ditunjukkan hasil report meliputi kapasitas, ruang kosong hard disk,
ada atau tidaknya bad sector, jumlah file dan folder termasuk yang
terhidden dapat terlihat dalam report scan disk.
f) Free RAM XP pro 1.40
Free RAM XP pro 1.40 merupakan freeware, tool ini digunakan untuk
memonitor pengunaan dari resource dari RAM, CPU, virtual memory,
penggunaan memory secara menyeluruh dalam sistem, dan lama
uptime sebuah komputer.
47
Gambar 44. Tampilan Hasil Cek RAM
Sedangkan perintah go digunakan untuk membersihkan RAM dari
penggunaan program yang tak terpakai lagi. Seperti terlihat dalam
gambar dibawah ini.
48
Gambar 45. Tampilan Hasil Cek RAM (Lanjutan)
Hasil akhirnya akan ditampilkan report hasil dari pembersihan dengan
tool freeRAM XP pro 1.4 seperti seperti di bawah ini.
Gambar 46. Tampilan Hasil Cek RAM (Lanjutan)
Berdasarkan report pada gambar 46 di atas dapat diketahui perbedaan
dari jumlah free space dari sebelum dilakukan pembersihan dan
setelah dilakukan pembersihan.
c. Rangkuman 3
1) Untuk melakukan perawatan PC terlebih dahulu harus mengetahui
informasi komponen yang terpasang pada PC. Informasi ini dapat
dilakukan dengan menggunakan software utilitas/tool yang tersedia
pada windows ataupun software yang disertakan oleh vendornya.
2) Beberapa tool yang digunakan untuk mengecek komponen PC:
- Device Manager
- Bios
49
- Direct X
- Disk Defragmenter
- Scan Disk
- Free RAM XP pro 1.40
d. Tugas 3
Operasikanlah beberapa software yang tersedia untuk mengetahui
informasi kondisi komponen PC yang ada.
e. Test Formatif 3
Jelaskan fungsi masing-masing software berikut :
1) Device Manager
2) Bios
3) Direct X
4) Disk Defragmenter
5) Scan Disk
6) Free RAM XP pro 1.40
f. Jawaban Test Formatif 3
1) Device manager digunakan untuk mengetahui kondisi komponen
PC secara menyeluruh. Yaitu kondisi bahwa komponen sudah
dapat dideteksi oleh sistem atau kondisi komponen tidak
mengalami trouble pada drivernya.
2) Bios dapat digunakan untuk mendeteksi hard disk yang terpasang
dan dapat juga digunakan untuk mengetahui kondisi suhu dari
CPU, dan motherboard. Selain mendeteksi suhu dapat juga
digunakan untuk mendeteksi kecepatan putaran fan CPU dan FAN
system motherboard.
50
3) DirectX digunakan untuk mendiagnosis secara keseluruhan
komponen yang berhubungan dengan multimedia, seperti VGA
card, soundcard, dan LAN card.
4) Disk defragmenter merupakan tool bawaan windows, tool ini
digunakan untuk merawat hard disk dari file yang terfragmentasi.
File yang terfragmentasi akan mengurangi space hard disk dan
akan memperlambat sistem
5) Scan disk digunakan untuk melakukan perawatan hard disk dan
system, meliputi: file alocation table, struktur file, ada tidaknya
bad sector dalam hard disk. Tool ini akan otomatis dijalankan saat
start ketika terjadi unclean shutdown akibat gagal listrik atau
salah menekan tombol power.
6) Free RAM XP pro 1.40 merupakan freeware, tool ini digunakan
untuk memonitor pengunaan dari resource dari RAM, CPU, virtual
memory, penggunaan memory secara menyeluruh dalam sistem,
dan lama uptime sebuah komputer.
g. Lembar Kerja 3
Alat dan Bahan
1) Unit komputer
2) Software untuk perawatan PC
Kesehatan dan keselamatan kerja
1) Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
2) Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah
ditentukan.
51
Langkah Kerja :
1) Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini
2) Operasikanlah tool device manager untuk melihat keseluruhan
hardware yang ada pada komputer anda.
3) Operasikanlah tool scan disk untuk mengetahui kondisi hard disk.
4) Operasikanlah tool disk defragmenter untuk merawat hard disk
dari file yang terfragmentasi
5) Operasikanlah tool DirectX untuk mendiagnosis secara
keseluruhan komponen yang berhubungan dengan multimedia,
seperti VGA card, soundcard, dan LAN card.
6) Operasikanlah tool Free RAM XP pro 1.40 yang digunakan untuk
memonitor pengunaan dari resource dari RAM, CPU, virtual
memory,
7) Laporkan hasil pekerjaan anda pada guru pembimbing (pengajar).
8) Jika semua telah selesai rapikan alat dan bahan kemudian
kembalikan ke tempat semula.
52
4. Kegiatan Belajar 4: Melakukan tindakan korektif dan
melaporkan hasil perawatan PC
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini peserta diklat mampu
melakukan tindakan korektif dan mampu melaporkan hasil perawatan
PC dalam bentuk logsheet.
b. Uraian Materi 1
1) Tindakan korektif
Tindakan korektif dimaksudkan langkah awal jika suatu komponen
mengalami gejala yang mengindikasikan kerusakan pada komponen.
Gejala abnormal pada komponen dapat diketahui dari pesan kesalahan
dalam komputer. Tindakan korektif yang perlu dilakukan adalah
dengan mengenali pesan kesalahan yang muncul. Kemudian dari
pesan kesalahan tersebut dapat diisolasi ke dalam lingkup yang lebih
kecil, sebagai contoh: perlu diketahui arti pesan kesalahan berupa
beep pada saat boot komputer. Dengan mengetahui maksud atau arti
dari pesan kesalahan tersebut maka dapat diketahui komponen apa
yang mengalami kerusakan. Dengan mengetahui arti pesan kesalahan
dapat diisolasi kerusakan pada bagian komponen tertentu. Selain juga
perlu memperhatikan kapan pesan kesalahan itu terjadi, dengan
mengetahui bagian kesalahan ini akan dapat mempersempit ruang
lingkup kesalahan yang timbul dari hardware atau software.
Setelah mengetahui komponen apa yang mengalami kerusakan perlu
dicari penyebab kerusakan komponen cara ini dapat dilakukan dengan
membaca logshet sebelumnya.
53
2) Penyusunan laporan
Setiap terjadi kerusakan atau maintenance pada sebuah PC perlu
dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan. Laporan dapat berupa
logsheet atu sejenisnya, dengan logsheet yang dibuat setiap
melakukan maintenance atau tindakan perawatan terhadap PC akan
mempermudah pengecekan kondisi PC.
Dalam logshhet yang perlu dilaporkan meliputi:
Tanggal: waktu kapan dilakukan maintenance suatu komponen
Nama komponen: nama atau jenis komponen
Gejala kerusakan : gejala dari komponen PC yang mengalami
kerusakan
Tindakan korektif : tindakan yang dilakukan untuk melakukan
perbaikan terhadap komponen PC
Keterangan: dapat berupa hasil dari perbaikan dari komponen
baik dapat diperbaiki maupun tidak dapat diperbaiki
Tabel log sheet
No Tanggal Nama
Komponen PC Gejala Kerusakan Tindakan Korektif Keterangan
54
c. Rangkuman 4
1) Tindakan korektif dimaksudkan sebagai langkah awal yang dapat
diambil untuk mengatasi kondisi abnormal.
2) Gejala abnormal pada komponen PC dapat diketahui dari pesan
kesalahan dalam komputer.
3) Tindakan korektif yang perlu dilakukan adalah dengan mengenali
pesan kesalahan yang muncul.
4) Setiap terjadi kerusakan atau maintenance pada sebuah komponen
PC perlu dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan. Laporan
dapat berupa log sheet atau sejenisnya.
d. Tugas 4
1) Lakukanlah langkah-langkah korektif yang perlu dilakukan untuk
perawatan PC yang ada.
2) Lakukanlah pencatatan dan pembuatan laporan untuk perawatan
PC dalam logsheet yang tersedia.
e. Test Formatif 4
1) Tindakan korektif apa yang perlu dilakukan untuk menjaga agar PC
tetap dapat berfungsi dengan baik.
2) Uraikanlah langkah-langkah pembuatan laporan perawatan PC.
f. Jawaban Test Formatif 4
1) Selalu menjaga kebersihan komponen pada PC, baik dari kotoran
cair maupun debu. Selain dari pada itu juga selalu melakukan
pengecekan komponen PC dengan menggunakan software yang
tersedia pada windows maupun software yang disediakan oleh
vendornya. Buat jadwal rutin untuk perawatan PC.
2) Lihat halaman 47 s.d 48
55
g. Lembar Kerja 4
Alat dan Bahan
1) Unit komputer
2) Logsheet untuk masing-masing periferal
Kesehatan dan keselamatan kerja
1) Gunakan peralatan sesuai dengan fungsinya.
2) Bekerjalah sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah
ditentukan.
Langkah Kerja :
1) Siapkan alat dan bahan yang digunakan dalam percobaan ini.
2) Lakukan operasi booting komputer, amatilah dan catat gejala
kerusakan yang muncul. Jika ada pesan kesalahan catat pada
logsheet yang tersedia.
Logsheet untuk perawatan PC
No Tanggal Nama
Komponen PCGejala kerusakan Tindakan korektif keterangan
3) Laporkan hasil pekerjaan anda pada guru pembimbing (pengajar).
4) Jika semua telah selesai rapikan alat dan bahan kemudian
kembalikan ke tempat semula.
56
BAB III
EVALUASI
A. PERTANYAAN
1. Uraikanlah jenis dan sifat bahan pembersih yang sesuai untuk
perawatan PC
2. Jelaskan hubungan antara troubleshooting pada PC dengan
kebersihan komponen PC.
3. Jelaskan prosedur pembersihan komponen pada PC
4. Jelaskan jenis-jenis korosi pada komponen PC dan penyebabnya.
5. Jelaskan jenis-jenis software utilitas yang digunakan untuk
mengecek kondisi PC.
6. Lakukan perawatan PC dengan software
7. Lakukan perawatan Power Supply dari PC
B. KUNCI JAWABAN EVALUASI
1. Jenis-jenis bahan pembersih :
•Kuas
•Penyedot debu mini
•Kain kering atau tisu
•Cairan pembersih / cleaner
•CD Cleaner
2. Kebersihan komponen sangat berpengaruh terhadap kinerja PC.
Contoh : kotoran pada disk drive akan mengakibatkan data pada
floppy disk tidak dapat disimpan atau dibaca.
3. Prosedur pembersihan komponen tergantung dengan jenis
komponen PC yang dibersihkan, prosedur selengkapnya lihat
halaman 9 s.d. 13
57
4. Korosi disebabkan oleh kotoran cair, biasanya terjadi pada konektor
dan head printer.
5. Software yang digunakan untuk pengecekan PCl antara lain Device
manager, disk defragmenter, Scan disk, DirextX.
6. Evaluasi no. 6 dan 7. Penilaian berdasarkan kebenaran prosedur
yang dilakukan , keselamatan kerja , hasil yang diperoleh.
C. KRITERIA KELULUSAN
Aspek
Skor
(1-10)
Bobot Nilai Keterangan
Kognitif (soal no 1 s/d 6) 4
Kebenaran prosedur perawatan 3
Hasil 2
Keselamatan kerja 1
Nilai Akhir
Syarat lulus nilai
minimal 70 dan
skor setiap
aspek minimal 7
Kategori kelulusan:
70 – 79 : Memenuhi kriteria mininal. Dapat bekerja dengan bimbingan.
80 – 89 : Memenuhi kriteria minimal. Dapat bekerja tanpa bimbingan.
90 – 100 : Di atas kriteria minimal. Dapat bekerja tanpa bimbingan.
58
BAB IV
PENUTUP
Demikianlah modul pemelajaran Melakukan perawatan PC. Materi yang
telah dibahas dalam modul ini masih sangat sedikit. Hanya sebagai dasar
saja bagi peserta diklat untuk belajar lebih lanjut. Diharapkan peserta
diklat memanfaatkan modul ini sebagai motivasi untuk menguasai teknik
perawatan PC ini lebih jauh.
Setelah menyelesaikan modul ini dan mengerjakan semua tugas serta
evaluasi maka berdasarkan kriteria penilaian, peserta diklat dapat
dinyatakan lulus/tidak lulus. Apabila dinyatakan lulus maka dapat
melanjutkan ke modul berikutnya sesuai dengan alur peta kududukan
modul, sedangkan apabila dinyatakan tidak lulus maka peserta diklat
harus mengulang modul ini dan tidak diperkenankan mengambil modul
selanjutnya.
59
DAFTAR PUSTAKA
Charles M. Kozierok, 2001 PC Guide version 2.2.0.
http://www.pcguide.com
David M. Stone & Alfred Poor. 2001. Troubleshooting Your PC. PT Elex
Media Komputindo. Jakarta.
Human Resource Development Team, 2003 Understandig Your PC.
University of Kentucky
Staff Development Los Angeles Valley College, 2001. Cleaning Your
Computer. http://www.lavc.edu/IT/
Team Official Acmehowto. 2000. How To Diagnose PC Hardware
Problems. http://www.acmehowto.com/pc/problem/

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More