BAHASA PEMROGAMAN KOMPUTER

Sejarah Bahasa Pemrograman Komputer Sejak pertama komputer difference engine diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, komputer membutuhkan sejumlah instruksi untuk melakukan suatu tugas tertentu. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa komputer mulanya terdiri dari sejumlah langkah pengkabelan untuk membuat suatu program; hal ini dapat dipahami sebagai suatu rangkaian pengetikan kedalam komputer dan kemudian dijalankan. Pada awalnya, difference engine-nya Charles Babbage hanya dibuat untuk menjalankan tugas dengan menggunakan perpindahan gigi roda untuk menjalankan fungsi kalkukasi. Jadi, bentuk awal dari bahasa komputer adalah berupa gerakan secara mekanik, selanjutnya gerakan mekanik tersebut digantikan dengan sinyal listrik ketika pemerintah AS mengembangkan ENIAC pada tahun 1942, tetapi masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip dasar dari Babbage’s engine yang mana diprogram dengan mengeset switch dan perkabelan pada seluruh sistem pada setiap “program” maupun kalkulasi. Tentu saja ini merupakan pekerjaan yang membosankan. Pada 1945, John Von Neumann yang bekerja pada Institute for Advanced Study mengemukakan dua konsep yang secara langsung mempengaruhi masa depan dari bahasa pemrograman komputer. Yang pertama dikenal sebagai “shared-program technique” (www.softlord.com). Pada teknik ini dinyatakan bahwa hardware komputer haruslah sederhana dan tidak perlu dilakukan pengkabelan dengan menggunakan tangan untuk setiap program. Sebagai gantinya, instruksi-instruksi yang lebih kompleks harus digunakan untuk mengendalikan perangkat keras yang lebih sederhana, hal ini memungkinkan komputer diprogram ulang dengan cepat. Konsep yang kedua yang juga sangat penting untuk pengembangan bahasa pemrograman. Von Neumann menyebutnya sebagai “conditional control transfer” (www.softlord.com). Ide ini berkembang menjadi bentuk subrutin, atau blok kode yang kecil yang dapat panggil berdasarkan aturan tertentu, dari pada suatu himpunan tunggal urutan kronologis yang harus dijalankan oleh komputer. Bagian kedua dari ide tersebut menyatakan bahwa kode komputer harus dapat bercabang berdasarkan pernyataan logika seperti IF (ekspresi) THEN, dan perulangan seperti FOR statement. “Conditional control transfer” mengembangkan ide adanya “libraries,” yang mana merupakan blok kode yang dapat digunakan berulang kali. Pada 1949, setelah beberapa tahun Von Neumann bekerja, bahasa Short Code dilahirkan (www.byte.com), yang merupakan bahasa komputer yang pertama untuk peralatan elektronik yang membutuhkan programmer untuk mengubah perintah kedalam 0 dan 1 dengan tangan. Pada 1957, bahasa khusus yang pertama muncul dalam bentuk FORTRAN yang merupakan singkatan dari sistem FORmula TRANslating. Bahasa ini dirancang pada IBM untuk perhitungan scientific. Komponen-komponennya sangat sederhana, dan menyediakan bagi programmer akses tingkat rendah kedalam komputer. Sampai saat ini, bahasa ini terbatas pada hanya terdiri dari perintah IF, DO, dan GOTO, tetapi pada waktu itu, perintah-perintah ini merupakan lompatan besar kearah depan. Type data dasar yang digunakan sampai sekarang ini dimulai dari FORTRAN, hal ini meliputi variabel logika (TRUE atau FALSE), dan bilangan integer, real, serta double-precision. FORTRAN sangat baik dalam menangani angka-angka, tetapi tidak terlalu baik untuk menangani proses input dan output, yang mana merupakan hal yang penting pada komputasi bisnis. Komputasi bisnis mulai tinggal landas pada 1959, dengan dikembangkannya COBOL, yang dirancang dari awal sebagai bahasa untuk para pebisnis. Type data yang ada hanya berupa number dan text string. Hal tersebut juga memungkinkan pengelompokan menjadi array dan record, sehingga data di telusuri dan diorganisasikan dengan lebih baik. Sesuatu hal yang menarik untuk dicatat bahwa suatu program COBOL dibuat menyerupai suatu essay, dengan empat atau lima bagian utama yang membentuk keseluruhan yang tertata dengan baik. Perintah-perintah COBOL sangat menyerupai tata bahasa English, sehingga membuatnya agak mudah dipelajari. Semua ciri-ciri ini dikembangkan agar mudah dipelajari dan mudah diterapkan pada dunia bisnis. Pada 1958, John McCarthy di MIT membuat bahasa LISt Processing (atau LISP), yang dirancang untuk riset Artificial Intelligence (AI). Karena dirancang untuk fungsi spesialisasi yang tinggi, maka tata cara penulisannya jaring kelihatan sebelum ataupun sesudahnya. Sesuatu perbedaan yang paling nyata dari bahasa ini dengan bahasa lain adalah dasar dan type satu-satunya adalah list, yang ditandai dengan suatu urutan item yang dicakup dengan tanda kurung. Program LISP sendirinya dibuat sebagai suatu himpunan dari list, sehingga LISP memiliki kemampuan yang khusus untuk memodifikasi dirinya, dan juga dapat berkembang sendiri. Tata cara penulisan LISP dikenal sebagai “Cambridge Polish,” sebagaimana dia sangat berbeda dari logika Boolean (Wexelblat, 177) : x V y – Cambridge Polish, what was used to describe the LISP program OR(x,y) – parenthesized prefix notation, what was used in the LISP program x OR y – standard Boolean logic LISP masih digunakan sampai sekarang karena spesialiasi yang tinggi dari sifat abstraknya. Bahasa Algol dibuat oleh suatu komite untuk pemakaian scientific pada tahun 1958. Kontribusi utamanya adalah merupakan akar dari tiga bahasa selanjutnya yaitu Pascal, C, C++, dan Java. Dia juga merupakan bahasa pertama dengan suatu tata bahasa formal, yang dikenal sebagai Backus-Naar Form atau BNF (McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 454). Pada Algol telah diterapkan konsep-konsep baru, seperti rekursif pada function, bahasa berikutnya Algol 68, menjadi bahasa yang membosankan dan sulit digunakan (www.byte.com). Hal ini mengarah kepada adopsi terhadap bahasa yang lebih kecil dan kompak seperti Pascal. Pascal dimulai pada tahun 1968 oleh Niklaus Wirth. Tujuan pengembangannya adalah untuk kebutuhan pengajaran. Pada awalnya bahasa ini dikembangkan bukan dengan harapan adopsi pemakaian secara luas. Prinsipnya mereka mengembangkannya untuk alat pengajaran pemrograman yang baik seperti kemampuan debug dan perbaikan sistem dan dukungan kepada mikroprosesor komputer yang digunakan pada institusi pendidikan. Pascal dirancang dengan pendekatan yang sangat teratur (terstruktur), dia mengkombinasikan kemampuan yang terbaik dari bahasa-bahasa saat itu, COBOL, FORTRAN, dan ALGOL. Dalam pengerjaannya banyak perintah-perintah yang tidak teratur dan aneh dihilangkan, sehingga sangat menarik bagi pemakai (Bergin, 100-101). Kombinasi dari kemampuan input/output dan kemampuan matematika yang solid, membuatnya menjadi bahasa yang sukses besar. Pascal juga mengembangkan tipe data “pointer”, suatu fasilitas yang sangat bermanfaat pada bahasa yang mengimplementasikannya. Dia juga menambahkan perintah CASE, yang mana memperbolehkan perintah bercabang seperti suatu pohon pada suatu aturan: CASE expression OF possible-expression-value-1: statements to execute… possible-expression-value-2: statements to execute… END Pascal juga mengembangkan variabel dinamis, dimana variabel dapat dibuat ketika suatu program sedang berjalan, melalui perintah NEW dan DISPOSE. Tetapi Pascal tidak mengimplementasikan suatu array dinamis, atau kelompok dari variabel-variabel, yang mana sangat dibutuhkan, dan merupakan salah satu penyebab kekalahannya (Bergin, 101-102). Wirth kemudian membuat lanjutan dari Pascal, Modula-2, tetapi pada saat itu muncul C yang dengan cepat menjadi mengeser posisi Pascal. C dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis Richie ketika sedang bekerja pada Bell Labs di New Jersey. Transisi pemakaian dari bahasa umum yang pertama ke bahasa umum sampai hari ini yaitu transisi antara Pascal dan C, C merupakan perkembangan dari B dan BCPL, tetapi agak menyerupai Pascal. Semua fasilitas di Pascal, termasuk perintah CASE tersedia di C. C menggunakan pointer secara luas dan dibangun untuk kecepatan dengan kelemahannya yaitu menjadi sulit untuk dibaca. Tetapi karena dia menghilangkan semua kelemahan yang terdapat di Pascal, sehingga dengan cepat mengambil alih posisi Pascal. Ritchie mengembangan C untuk sistem Unix yang baru pada saat yang bersamaan. Oleh karena ini, C dan Unix saling berkaitan. Unix memberikan C beberapa fasilitas besar seperti variabel dinamis, multitasking, penanganan interrupt, forking, dan strong low-level,input-output. Oleh karena itu, C sangat sering digunakan untuk pemrograman sistem operasi seperti Unix, Windows, MacOS, dan Linux. Pada akhir tahun 1970 dan awal 1980, suatu metode pemrograman yang baru telah dikembangkan. Ha tersebut dikenal sebagai Object Oriented Programming, atau OOP. Object merupakan suatu potongan dari data yang dapat dipaket dan dimanipulasi oleh programmer. Bjarne Stroustroup menyukai metode ini dan mengembangkan lanjutan dari C yang dikenal sebagai “C With Classes.” Kemampuan lanjutan ini dikembangkan menjadi bahasa C++ yang diluncurkan pada tahun 1983. C++ dirancang untuk mengorganisasikan kemampuan dasar dari C dengan OOP, dengan tetap mempertahankan kecepatan dari C dan dapat dijalankan pada komputer yang tipe berlainan. C++ sering kali digunakan dalam simulasi, seperti game. C++ menyediakan cara yang baik untuk memanipulasi ratusan instance dari manusia didalan elevator, atau pasukan yang diisi dengan tipe prajurit yang berbeda. Bahasa ini menjadi pilihan pada mata kuliah AP Computer Science sampai hari ini. Pada awal 1990′s, interaktif TV adalah teknologi masa depan. Sun Microsystems memutuskan bahwa interaktif TV membutuhkan suatu hal yang khusus, yaitu bahasa portable (bahasa yang dapat berjalan pada banyak jenis mesin yang berbeda). Bahasa ini dikenal sebagai Java. Pada tahun 1994, team proyek Java mengubah fokus mereka ke web, yang mana berubah menjadi sesuatu yang menjanjikan setelah interactive TV gagal. Pada tahun berikutnya, Netscape menyetujui pemakaian Java pada internet browser mereka, Navigator. Sampai titik ini, Java menjadi bahasa masa depan dan beberapa perusahaan mengumumkan aplikasi harus ditulis dalam Java. Java mempunyai tujuan yang besar dan merupakan bahasa yang baik menurut buku text, pada kenyataanya “bahasa tersebut tidak”. Dia memiliki masalah yang serius dalam optimasi, dengan arti program yang ditulis dengannya berjalan dengan lambat. Dan Sun telah membuat cacat penerimaan terhadap Java dengan pertikaian politis dengan Microsoft. Tetapi Java telah dinyatakan sebagai bahasa untuk instruksi masa depan dan benar-benar menerapkan object-oriented dan teknik tingkat tinggi seperti kode yang portable dan garbage collection. Visual Basic sering diajari sebagai bahasa pemrograman dasar yang mengacu pada bahasa BASIC yang dikembangkan pada tahun 1964 oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. BASIC adalah bahasa yang sangat terbatas dan dirancang untuk orang yang bukan computer science. Perintah-perintah dijalankan secara berurutan, tetapi kendali program dapat berubah berdasarkan IF..THEN, dan GOSUB yang mana menjalankan suatu blok kode dan kembali ketitik semula didalam alur program. Microsoft telah mengembangkan BASIC ke dalam produk Visual Basic (VB). Jantung dari VB adalah form, atau suatu window kosos dimana anda dapat drag dan drop komponen seperti menu, gambarm dan slider bars. Item-item ini dikenal sebagai “widgets.” Widget memiliki properti (seperti warna) dan events (seperti klik dan double klik) dan menjadi pusat dari pengembangan antarmuka dengan pemakai diberbagai bahasa program dewasa ini. VB merupakan program yang banyak digunakan untuk membuat interface sederhana ke produk Microsoft lainnya seperti Excel dan Access tanpa membaca banyak kode, dengannya dapat dimungkinkan untuk dibuat aplikasi yang lengkap. Perl telah sering digambarkan sebagai “duct tape of the Internet,” karena sering digunakan sebagai engine untuk interface web atau pada script untuk memodifikasi file konfigurasi. Dia memiliki fungsi text matching yang sangat baik sehingga membuatnya menjadi hal yang ideal untuk pekerjaan tersebut. Perl dikembangkan oleh Larry Wall pada 1987 karena fasilitas pada sed dan awk pada Unix (digunakan untuk manipulasi text) tidak mencukupi kebutuhannya. Tergantung kepada siapa anda bertanya, Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language atau Pathologically Eclectic Rubbish Lister. Bahasa pemrograman telah berkembangan dari masa kemasa dan tetap dikembangkan dimasa depan. Mereka dimulai dari suatu daftar langkap pengkabelan agar komputer menjalankan tugas tertentu. Langkah-langkah ini berkembang menjadi software dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Bahasa umum yang pertama menekankan pada kesederhanaan dan untuk satu tujuan saja, sedangkan bahasa dewasa ini terbagi atas bagaimana mereka diprogram, sehingga mereka dapat digunakan untuk semua tujuan. Dan mungkin bahasa yang akan datang lebih natural dengan penemuan pada quantum dan komputer-komputer biologis. Sumber : Indoprog ‘Algoritma & Pemrograman’ oleh Hendra, S.T.

Bahasa Pemrogaman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Jumat, 15 Oktober 2010

Everes praktikum

BAB I
PENDAHULUAN
SiSoftware Sandra
SiSoftware sandra didirikan pada tahun 1995, merupakan salah satu penyedia terkemuka digunakan untuk analisis komputer, perangkat lunak diagnostik dan pembandingan. Produk unggulan, yang dikenal sebagai "Sandra", diluncurkan pada tahun 1997 dan telah Menjadi Salah satu produk yang paling banyak digunakan di bidangnya. Hampir 600 publikasi IT di seluruh dunia, majalah, dan meninjau situs menggunakan Sandra menganalisis kinerja komputer saat ini. Lebih dari 8,000 On-line Ulasan dari perangkat keras komputer yang menggunakan Bahwa Sandra katalog di website kami sendiri.

CPU Z
CPU-Z adalah suatu aplikasi yang memberikan informasi mengenai perangkat utama yang terdapat pada komputer, baik desktop maupun notebook. CPU-Z akan menampilkan data atau informasi seputar CPU (nama dan kecepatan prosesor), Mainboard terutama vendor, model, bios, chipset dan graphic interface. Juga menampilkan info seputar memori dan system yang digunakan plus DirectX

EVEREST
Dengan Everest Ultimate Edition kita dapat mengatasi masalah dengan sangat mudah. Sebenarnya fungsi Everest Ultimate ini adalah untuk mendeteksi berbagai komponen komputer, baik yang bersifat hardware maupun software.
Dengan program ini anda akan dimudahkan dalam proses mengenal spesifikasi komputer, maupun ketika anda ingin meng-update driver sesuatu komponen komputer anda..
Versi terbarunya adalah Everest Ultimate Edition versi 5.02. Beberapa keunggulan dari Everest ini:
• Hardware Information, mencakup Motherboard & CPU, Video Adapter & Monitor, Storage Devices, Network adapters, multimedia, input devices dan hardware lainnya.
• Software Information, seperti Sistem Operasi, Server & Display, Networking, juga program yang di install di komputer.
• Security, mencakup informasi Windows Security dan security applications (firewall, anti-spyware, antivirus dan database virusnya).

1.1 LATAR BELAKANG
Sisoftware sandra merupakan piranti yang sangat berguna dalam pengujian sebuah PC karena kaya feature. Garis besar modul – modul yang dimilikinya meliputi diagnosis, pelaporan informasi dan bechmarking . kapasitas ini sesuai dengan nama sandra sendiri yang merupakan akronim dari system Analyser,Diagnotic dan Reporting Assistent.
CPU-Z adalah suatu aplikasi yang memberikan informasi mengenai perangkat utama yang terdapat pada komputer, baik desktop maupun notebook. CPU-Z akan menampilkan data atau informasi seputar CPU (nama dan kecepatan prosesor), Mainboard terutama vendor, model, bios, chipset dan graphic interface. Juga menampilkan info seputar memori dan system yang digunakan plus DirectX
Everest corforate 4.20, softferfect personal firewall, danMonitorMagic semua ini juga termasuk software pendukung yang membantu kita dalam mengetahui isi dan fungsi hardware yang mendetail.EVEREST Corporate Edition menawarkan pelanggan satu carafleksibel untuk mengumpulkan informasi asset perangkat keras dan perangkatlunak ke dalam CSV menyimpan file atau basis data SQL, dan menghasilkan satuaudit jaringan lengkap berbasis pada informasi dikumpulkan. Dengan cara menawarkan berbagai contoh (instance) dari audit yang itu mungkinkanpelanggan ke menahan/menjaga satu arsip [dari] informasi asset, dan jugamenawarkan satu jalan/cara unik untuk dengan teliti mendeteksi perangkat lunakatau perubahan perangkat keras apapun dalam perusahaan.Softperfect personal firewall menawarkan pengamanan yang bisaisesuaikan dengan aturan – aturan selera pengguna bagi penyaringan paket.Program ini bekerja pada tingkat dasar dan juga memungkinkan anda untukmenciptakan aturan – aturan sesuai dengan protokol non IP seperti ARP.MonitorMagic yang terintegrasi dengan aplikasi – aplikasipopuler dan vendor hardware, seperti Microsoft Exchange dan SQL server, ISA server, Veritas Backup Exec, Symantec dan McAfee Anti Virus, Dell OpenManage, Compaq Insight Manager, IBM Directory, Cisco dan banyak lagi.

1.2 TUJUAN
• Untuk mengetahui langkah – langkah kerja dalam pengujian sebuah perangkan computer menggunakan Sisoft Sandra , CPU-Z serta Everest.
• Untuk mengetahui informasi pada Perangkat Komputer dengan menggunkan Sisoftware Sandra, CPU-z dan Everest.
• Untuk mengetahui hasil perbandingan uji coba Sisoftware Sandra , CPU-Z dan Everest.
• Untuk dapat menjelaskan apa saja yang terdapat pada sebuah perngkat computer setelah pelakukan pengujian dengan aplikasi – aplikasi tersebut.

1.3 PERMASALAHAN
Sering kali kita sebagai konsumen tertipu dengan penampilan suatu perangkat komputer yang cukup rapi serta design yang cukup menawan, dengan harga relatif terjangkau.namun kita tidak mengetahui dengan pasti tentang perangkat –perangkat yang terdapat pada komputer atau lapotop tersebut, untuk menanggapi permasalahan tersebut maka kami melakukan sebuah pengujian terhadap sebuah perangkat computer dengan menggunkan aplikasi – aplikasi penguji computer, dalam hal ini kami menggunakan Sisoftware Sandra, CPU-Z, dan Everest.

BAB II
LANDASAN TEORI

Dalam melakukan pengujian sebuah PC , bisa menggunakan bebarap piranti untuk mengukur kinerja suatu produk atau perangkat dalam komputer , antara lain : sisoft sandra, CPU Z dan Everest.
Sisoftware sandra merupakan piranti yang sangat berguna dalam pengujian sebuah PC karena kaya feature. Garis besar modul – modul yang dimilikinya meliputi diagnosis, pelaporan informasi dan bechmarking . kapasitas ini sesuai dengan nama sandra sendiri yang merupakan akronim dari system Analyser,Diagnotic dan Reporting Assistent.
Sandra - versi terbaru dari utilitas yang memenangkan penghargaan yang mencakup analisis remote, pembandingan dan fitur diagnostik untuk PC, server, PDAs1, Smart Phones1, kantor kecil / rumah kantor (SOHO) jaringan dan jaringan perusahaan. SiSoftware Sandra (yang Penganalisa Sistem, Diagnostik dan Pelaporan Assistant) adalah sebuah informasi & utilitas diagnostik. Harus memberikan sebagian besar informasi (termasuk tak tercatat), Anda perlu tahu tentang perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat lain apakah hardware atau software. Ia bekerja sepanjang baris utilitas Windows lainnya, namun berusaha untuk melampaui mereka dan menunjukkan lebih dari apa yang sebenarnya sedang terjadi. Memberikan user kemampuan untuk menarik perbandingan pada kedua tinggi dan tingkat rendah. Kita juga dapat mendapatkankan informasi tentang CPU, chipset, video adapter, port, printer, kartu suara, memori, network, Windows internals, AGP, PCI, PCI-X, PCIe (PCI Express), database, USB, USB2,1394/Firewire,danlain-lain.
Piranti yang juga sangat mudah digunakan dalam pengujian sebuah PC adalah CPU-Z. CPU-Z adalah suatu aplikasi yang memberikan informasi mengenai perangkat utama yang terdapat pada komputer, baik desktop maupun notebook. CPU-Z akan menampilkan data atau informasi seputar CPU (nama dan kecepatan prosesor), Mainboard terutama vendor, model, bios, chipset dan graphic interface. Juga menampilkan info seputar memori dan system yang digunakan plus DirectX.
CPU-Z adalah suatu aplikasi yang memberikan informasi mengenai perangkat utama yang terdapat pada komputer, baik desktop maupun notebook. CPU-Z akan menampilkan data atau informasi seputar CPU (nama dan kecepatan prosesor), Mainboard terutama vendor, model, bios, chipset dan graphic interface. Juga menampilkan info seputar memori dan system yang digunakan plus DirectX
Kita juga dapat melihat info lengkap komputer dengan Everest , dengan tool bawaan windows kita dapatmelihat kevepatan prosesor, jumlah ram, memory VGA namaun data yabng diberikan tidaklah lengkap dan spesifik. Software ini menyediakan info detail tentang hardware , system , bahkan tersedia fasilitas benchmarking untuk mengetes kinerja CPU dan juga fasilitas stability test yang akan mengetes kestabilan dan juga pemantauan suhu prosesor,HDD dan Aux yang cukup berguna bagi penggemar Overlock, sdacn untuk memudahkan kita dapat memantaunya terdapat indikator yang ditaruh pada systray.
Pada bagian tool CPUID dan bahkan diagnosa monitor , selain itu Everest juga menyertakan situs produsen hardware dan bios yang memudahkan anda jika mencari update Drive bios.

BAB III
METODOLOGI PRAKTIKUM

Metodelogi yang digunakan dalam praktikum uji coba perbandingan penggunaan Sisoftware sandara, Everest dan CPU-Z menggunakan metode penelitian uji coba.

3.1 ALAT , BAHAN DAN MEDIA
Pada praktikum ini , yang perlu dipersiapkan antara lain :
1. Aplikasi / piranti , dalam praktikum ini yang kami menggunkan antara lain:
• Sisoftware sandra
• CPU-Z
• Everest
2. Perangkat Computer ( PC ) atau laptop yang sudah terinstal dengan ketiga aplikasi tesebut.
Pada praktikum ini kami menggunakan seperangkat komputer AXIOO, Sistem operasi Microsoft Windows 7 Home Edition

3.2 LANGKAH KERJA
• Uji Coba Sisoft Sandra
Yang harus kita lakukan pada uji coba PC menggunkan software ini adalah sebagai berikut:
1. Kita Cukup mendownload software tersebut kemudian melakukan proses instalasi di PC yang kita gunakan.
2. Setelah proses instal selesai kita bisa mulai untuk melakukan uji coba dengan cara mengklik aplikasi tersebut.
3. Akan muncul tampilan awal dari Sisoft sandra seperti berikut.
4. Dalam tampilan tersebut kita hanya cukup double klik pada perangkat yang ingin kita inginkan.
5. Setelah itu maka kotak informasi perangkat komputer tersebut akan muncul dan uji coba pun selesai.
6. Untuk keluar dari aplikasi isoft sandra kita hanya cukup mengklik tombol Close.dan anda telah keluar dari aplikasi Sisoft sandra.

• Uji Coba Dengan CPU-Z
Ada dua pilihan untuk program ini, pertama CPU-Z yang diinstal dan CPU-Z tidak perlu diinstal. Untuk CPU-Z kita tidak perlu melakukan instalasi cukup unzip file hasil download ke dalam sebuah direktori dan tinggal jalankan file .exe. program ini tidak menyalin file ke sistem Windows, dan jika kita ingin menghapusnya maka kita cukup dengan Delete dan file tersebut akan terhapus.
Untuk memulai pengukuran menggunakan CPU-Z kita cukup mengklik icon – icon yang tampil pada layar pengukuran CPU-Z.

• Uji coba Dengan Everest
Pada Uji coba dengan Everest jkita menggunkan Everest Ultimate Edition yang tentunya cukup mudah untuk di gunakan. Tak terlalu berbeda dengan Sisoftware sandra kita hanya cukup mendownloat software tesebut kemudian menginstalnya di PC atau laptop.
1. Setelah proses pemanggilan data sempurna maka kita akan di hadapkan pada tampilan Everest seperti berikut .


2. Untuk memulai uji coba kita dapat memilih perangkat yang kita inginkan dengan klik pada perangkat tersebut.
3. Pada praktikum Everest ini kami ingin mendapatkan informasi dari pengukuran.



4. Klik 1 kali pada Pengukuran maka perangkat tersebut akan muncul.
5. Klik pada icon yng terdapat pada pengukuran. Sebagai contoh kita ingin mengetahui “ tulis memory’ . Klik 1 pada icon tersebut.
6. Untuk memulai pengukuran klik tombol refresh , Tunggu beberapa saat dan kita akan mendapatkan hasil pengukuran tersebut.



BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1 HASIL PRAKTIKUM
Uji coba dengan Isoft Sandra
• Windows Memory

Uji Coba Dengan Everest
• Memory



BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN

KESIMPULAN
SiSoftware Sandra merupakan penganalisa sistem berbasis Windows. Proses benchmark kami lakukan untuk uji CPU dari sisi arithmatic dan multimedia. Pada modul Benchmarks juga terdapat pilihan bernama Memory Bandwidth. Bila dijalankan, Memory Bandwidth ini akan mengukur bandwidth memori utama sistem. Pengujian ini dibagi menjadi 2, Integer dan Float. Sebagai catatan, ini merupakan pengujian sintetis (tidak menggunakan aplikasi nyata), sehingga belum tentu hasilnya sejalan dengan aplikasi nyata..
Dengan Everest Ultimate Edition anda dapat mengatasi masalah dengan sangat mudah. Sebenarnya fungsi Everest Ultimate ini adalah untuk mendeteksi berbagai komponen komputer, baik yang bersifat hardware maupun software.Dengan program ini anda akan dimudahkan dalam proses mengenal spesifikasi komputer, maupun ketika anda ingin meng-update driver sesuatu komponen komputer anda.CPU-Z adalah suatu aplikasi yang memberikan informasi mengenai perangkat utama yang terdapat pada komputer, baik desktop maupun notebook. CPU-Z akan menampilkan data atau informasi seputar CPU (nama dan kecepatan prosesor), Mainboard terutama vendor, model, bios, chipset dan graphic interface. Juga menampilkan info seputar memori dan system yang digunakan plus DirectX.
Dengan kita melakukan pengujian computer kita dengan menggunakan Sisoftsandra,Everest dan CPU Z kita dapat mengetahui informasi komponen komponen apa saja yang ada pada computer .

SARAN
Kita dapat melakukan pengukuran atau mendapatkan informasi dari perangkat komputer kita menggunakan piranti seperti Sisoftware sandra, CPU-Zdan Everest.
Dari ketiga piranti tersebut yang paling efisien dan memiliki fitur yang paling lengkap adalah Everest.

DAFTAR PUSTAKA

http : //hotfile.com/di/34344905/b45e939/Sisoftware.sandra.com ,diakses pada tanggal 16 Juni 2010 pukul 18.30
http : //www.hardspell.com, diakses pada tanggal 16 Juni 2010 pukul 18.30
http://www.scribd.com, diakses pada tanggal 19 Juni 2010 pukul 20.00
http://www.cpuid.com/cpuz.php, diakses pada tanggal 19 Juni 2010 pukul 18.30
www.tomshardware.com, diakses pada tanggal 19 Juni 2010 pukul 20.00
www.hardspell.com, diakses pada tanggal 20 Juni 2010 pukul 19.00
www.sisoftware.co.uk, diakses pada tanggal 20 Juni 2010 pukul 19.30
http://hotfile.com/dl/34344905/b45e939/SiSoftware.Sandra.v2010.4.16.36.rar.html, diakses pada tanggal 20 Juni 2010 pukul 2

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More