Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan; dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Teman sejati adalah ia yang meraih tangan anda dan menyentuh hati anda.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Pengetahuan tidaklah cukup, maka kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, maka kita harus melakukannya.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Ketika masalah datang, Anda akan menjadi lebih damai jika yang Anda pikirkan adalah jalan keluar dari masalah; bukan pembayangan dari penderitaan yang akan Anda alami.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali tampak mustahil; kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Keramah-tamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Orang yang paling beruntung di dunia adalah orang yang telah mengembangkan rasa syukur yang hampir konstan, dalam situasi apapun.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Jangan mencari kawan yang membuat Anda merasa nyaman, tetapi carilah kawan yang memaksa Anda terus berkembang.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Tak semua orang yg membencimu mengatakan hal yg salah tentangmu. Terkadang mereka mengatakan yg sebenarnya.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Mengevaluasi apa yang kita lakukan dan semua pencapaian kita. Apapun hasilnya akan menjadi fondasi kuat untuk kehidupan kita dimasa mendatang yang lebih baik.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Ketika kamu merasa pedulimu tak pernah dihargai, ketahuilah bahwa kamu tengah belajar tentang KETULUSAN HATI.
Kata - kata bijak yang harus kita pikir
Jangan sesali apa yang sudah pergi. Jangan tangisi apa yang sudah tiada. Tetapi bangkitlah dan bina kembali apa yang telah hilang dan pergi.
Selasa, 03 Mei 2011
Jaringan Komputer Modul Praktikum
praktek TKJ
-t
-n count
-l size
-f
-i TTL
-v TOS
-r count
-s count
-j host-list
-k host-list
-w timeout
Eec: ping 192.168.10.32
ping 192.168.10.32 -t
atau bisa di akses melalui komputer- komputer yang lain agar bisa conect dengan komputer yang lain atau bisa juga untuk perinter
Laporan Tugas pak mustahal ;
-kofer & halaman judul (hijau)
-pesan
-Daftar isi
-Daftar gambar
-grafik
-Latar belakan
-Tujuan
-rumusan masalah
-carakerjanya
-simpulan dan saran
-daftar pustaka
dengan ukuran L/R =4
T/B =3
IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MICROSOFACCESST
Soli Agrina Tarigan – NIM : 09081003037
Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya
Jl.Palembang – Prabumulih Km.32 Inderalaya Ogan Ilir
e-mail: soliagrina@yahoo.com
ABSTRAK
Makalah ini membahas tentang implementasi basisdata kedalam SQL query yaitu Ms. Access
serta langkah-langkah pembuatan basisdatanya.
LEMBAR KERJA MS- ACCESS
Pada saat Anda pertama kali menjalankan microsoft Access maka akan tampil kotak dialog dimana memungkinkan Anda dapat membuat data base baru dengan dua cara :
1. Blank Access Database
2. Access database Wizards. Pages end Projects dan adalagi pilihan yang disediakan yaitu
3. Open Existing File.
Jika Anda tidak menginginkan tampilan Kotak Dialog pada saat pertama kali dijalankan program MS Access Anda dapat memilih perintah option pada menu tools dan matikan Check Box,
Starup Dialog, pada tab Sheet View.
Berikut ini adalah pilihan yang ada pada kotak dialog
MS Access :
MICROSOFT ACCESS
Microsoft access adalah aplikasi yang dipaketkan bersama microsoft office Microsoft access merupakan aplikasi yang dapat digunakan membuat aplikasi basis data (database) mulai dari
tabel hingga membuat interface ke user seperti form dan report.
Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan Microsoft Access diantara dapat melakukan proses penyortiran pengatturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-hari misalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan
data karyawan, dan lain sebagainya.
1. MEMAHAMI PROSEDUR
PENGOPERASIAN APLIKASI MEMULAI MICROSOFT ACCESS
Untuk memulai microsoft Access pada dasarnya hampir sama antara Task bar Windows
95 – 2000 yaitu dimulai dengan tombol Start –Program – Pilih – Program MS-Access .
Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar berikut:
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
4
2. MEMBUKA FILE DATABASE
Membuka file database MS Access berarti
membuka file yang pernah dibuat dan disimpan
sebelumnya selain membuka jendela database
yang pernah dibuat sebelumnya Anda bisa
membuka jendela database baru yang masih
kosong caranya dengan memberi perintah Klik
menu file pilih New atau pada Toolbars klik
tombol new seperti berikut dibagian Toolbars
sedang file database yang pernah Anda buat dan
disimpan dapat dibuka kembali pada saat
dibutuhkan apabila Anda membuka jendela
database baru maka jendela database yang terbuka
sebelumnya akan ditutup karena pada MS Access
tidak dapat membuka lebih dari satu file database
Untuk membuka file database dapat
menggunakan salah satu cara berikut ;
1. Pilih Open dari menu file
2. Klik tombol Open yang ada pada bagian
toolbars pada database
3. Tekan tombol Shorcut Key , Ctrl + O
3. MENUTUP FILE DATABASE
Bila Anda telah selesai bekerja dengan file
database MS Access maka sebelum menutup file
simpan seluruh data yang pernah Anda buka
untuk menutup file database salah satu langkah.
Berikut ;
1. Klik Menu File pilih Close
2. Klik Icon control Menu yang terletak disudut
kiri atas pilih Close
3. Klik ganda pada icon control menu yang
terletak di bagian sudut kiri atas dari jendela
database.
4. Tekan tombol kombinasi shorcut Key Ctrl + F4
atau Ctrl + W
5. Tekan Tombol Close yang ada dibagian sudut
kanan atas dari jendela database
4. MENUTUP PROGRAM MS ACCESS
Menutup program MS Access berarti keluar dari
program MS Access untuk dari program tersebut
langkahnya sebagai berikut :
1. Klik menu File pilih Exit
5. MEMPERSIAPKAN APLIKASI DAN
DATA MASUKAN.
PROYEK MEMBUAT PROGRAM
PENERIMAAN SISWA BARU
1. Buka aplikasi Microsoft Access
2. Klik File New
3. Pilih Blank Database
4. Create nama file database
I. Membuat Tabel
5. Buat tabel dengan create table in design view
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
5
8. Tentukan primary Key (Contoh :No_pendf)
9. Setelah itu klik close pada pojok kanan atas
10. Klik yes, lalu beri nama tabel (contoh : daftar)
kemudian klik OK
11. Hasil dari pembuatan tabel sebagai berikut, seperti
gambar dibawah :
6. Klik 2 x sehingga terbuka jendela seperti
dibawah ini :
7. Masukan nama-nama field
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
6
5. Klik 2 x nama field yang ada pada tabel daftar
sehingga nama-nama field tersebut tersimpan dalam
dafatra queries seperti pada gambar diatas.
6. pada kolom Jml_nilai masukan rumus
pembobotan setiap mata pelajaran. Pembobotan
dibuat sesuai aturan yang ada.
Contoh
PPKn, Bah_ind, IPS dikalikan 1, IPA, Matemt
dikalikan 4 dan Bah_ing dikalikan 3 rumus dapat
dilihat pada gambar dibawah.
Rumus untuk jumlah nilai :
7. Buat Rumus untuk Nilai x bobot
8. Kemudian klik tombol close pada sudut kanan atas,
III. Membuat Form
1. Klik Form pada Objects
II. Membuat Queries
1. Klik Queries pada bagian objects
2. Klik 2 x Create query in Design view sama seperti
membuat table
3. Akan tampil daftar queries
4. Pilih nama table dalam daftar Show Table kemudian
klik Add
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
7
Klik 2 x Create form by using wizard akan tampil form wizard
2. Pada Tables/Queries pilih Table : daftar kemudian Pindahkan semua field Available field ke Selected
Fields dengan menekan tombol .
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
8
3. Kemudian klik
4. Kemudian klik
5. Kemudian klik
6. Berikan nama form yang akan kita buat (contoh :
daftar)
7. Kemudian Klik Finish
IV. Mengatur Form
1. Buka form daftar
2. Buatkan Header Form dengan mengklik icon
akan tampil :
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
9
3. Drag bar antar Form Header dan Detail
sehingga terbentuk satu baris kosong
4. Isikan Kata “PENERIMAAN SISWA BARU
TAHUN 2010”
4. Untuk mengisi Form Header klik
Kemudian klik daerah Form Header dan Ketikkan
kata-kata diatas Untuk mengedit letak label klik 2 x
label geser letak Label ke posisi yang Anda
inginkan
6. Pada field Jml_nilai masukan rumus
penjumlahan semua nilai dengan mengklik 2 x
field Jml_nilai sebelah kanan
7. Edit Control Source dengan memasukan rumus
klik akan muncul jendela Expression Builder.
8. Masukan rumus yang kita rencanakan
9. Untuk menuliskan rumus cukup dengan mengklik
2 x nama field yang berada di form contohnya field
PPKn simbol matematika yang kita gunakan tinggal
klik yg ada pada bagian bawah ruang rumus.
10. Setelah selesai klik OK kemudian klik close pada
pojok kanan atas Text Box
11. Buat Rumus jumlah nilai kali bobot setiap mata
pelajaran dengan mengkilk 2 x field Jml_x_bbt.
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
10
12. Langkahnya sama dengan cara memasukan
rumus pada Jml_nilai
13. Masukan rumus pada pada jendela Expression
Builder
14. Setelah selesai klik OK kemudian klik close
pada pojok kanan atas Text Box
15. setelah semua rumus selesai klik datasheet
view
16. Sekarang kita dapat memasukan data yang ada
6. MENGGUNAKAN MEMPERSIAPKAN
APLIKASI DAN DATA MASUKAN.
INPUT DATA RECORD
Setelah mengatur semua ketentuan dalam
sebuah desain table adalah memasukan data
Record yang dapat dilakukan dengan memalui
jendela
Data Sheet View dari sebuah table selain itu dapat
juga melakukan proses Editting dengan menyunting
data yaitu proses penambahan data record ,
memindah data Record, menyalin Data Record
ataupun menghapus data record.
A. Memasukan data Record
Prosedur yang dilakukan adalah sebagai
berikut :
1. Pada jendela data base pilih salah satu nama tabel
yang datanya ingin anda masukan .
2. Untuk membuka jendela Data Sheet dari tabel
tersebut perintahnya adalah:
-Tekan Tombol Open
-Tekan tombol enter
-Klik Ganda pada nama tabel
-Klik kanan pada nama tabel dan pilih perintah open
dari menu yang tampil
3. Setelah Anda jalan salah satu perintah tersebut
diatas maka akan tampil sebuah jendela data Sheet
dari sebuah tabel yang masih kosong
4. Anda dapat lansung memasukan data Record sesuai dengan tatanan yang telah Anda berikan pada jendela desain View
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
11
Setelah selesai entry maka kita dapat
melihat data pada queries seperti diatas.
7. MENG-UPDATE DATA
A. Menentukan Kapan Tabel Baru
Dibutuhkan
Satu-satunya hal yang konstan adalah
perubahan. Bersama waktu, kebutuhan dan minat
Anda berubah seiring Anda bertumbuh dan
berkembang. Sebuah informasi yang pernah sangat
penting bisa saja sekarang berubah menjadi tidak
diperlukan atau malah mengganggu, sementara
informasi yang tidanya tidak berguna sama sekali
bisa berubah menjadi informasi penting. Seiring
meningkatnya jumlah informasi pada hidup atau
bisnis, Anda mungkin perlu menata ulang atau
mendistribusikan ulang informasi tersebut untuk
mencatatnya.
Anda mungkin tahu bahwa Anda harus
membeli rak baru, folder file baru, atau bahkan
satu set kabinet file baru untuk menampung bidang
yang anda minati. Hal yang sama terjadi pada
database Anda.
I. Memilih field dan Record
Anda harus memikih data yang ada sebelum melakukan editing pada sebuah jendela data sheet untuk emilih data atau record pada sebuah jendela data sheet dapat Anda lakukan dengan menggunakan beberapa cara untuk lebih jelasnya lihat pada daftar dibawah ini II. Memindahkan Insertion Point Untuk memindahkan Insertion Point dapat menggunakan Fasilitas yang ada di
perintah Go To dari menu Edit . Anak panah atas, anak panah bawah Page Up Page Down atau menggunakan Vertikal scroll Bar untuk memindah data Record dalam sebuah data sheet selain itu Anda dapat juga memindah posisi Record Aktif dengan memilih tombol navigasi yang ada pada bagian bawah dari jendela data Sheet sebuah tabel perhatikan tabel berikut
II. Dengan menambahkan record
1. Jika kita memiliki data baru dalam arti pendaftar baru maka kita dapat mengupdate database kita dengan menambahkan data tersebut dapat melalui queries maupun melalui form.
2. Update melalui Queris, buka file kemudian buka queries lalu masukan data baru
REFERENCE:
INTERNET :
1. www.docstoc.com
2. freedownloadbooks.net/cara-menyusun-database
-dari-microsoft-access-doc.html
Generated by Foxit PDF Creator © Foxit Software
http://www.foxitsoftware.com For evaluation only.
MAKALAH SI4A IMPLEMENTASI BASISDATA KE DALAM MS.ACCESS TAHUN 2010
komunitas
Adalah sebuah komunitas untuk warga Pondok Ranji, Bintaro, Pondok Betung dan sekitarnya yang ingin berpartisipasi untuk mengurangi kemacetan kota Jakarta.
Komunitas ini bukan sembarang komunitas, karena didukung JICA, Bappenas, Pemda Tangerang Selatan, Departemen Perhubungan RI, Perumahan Bintaro Jaya, Kicau Bintaro, JakTV, dan 97.9 Female Radio mengajak khususnya warga perumahan Bintaro Jaya untuk mengurangi kemacetan ibukota dengan bepergian bersama ke kantor atau tempat aktivitas.
1. Arisan transportasi yuk
Maksud program ini adalah mengajak warga Bintaro Jaya yang memiliki pola jam dan tujuan perjalanan sehari-hari yang sama membentuk kelompok-kelompok kecil sehingga dapat bergantian berbagi ruang di kendaraan pribadinya. Jika setiap 3 atau 4 warga yang selama ini sudah terbiasa sendirian menggunakan kendaraan pribadi untuk melakukan perjalanan sehari-harinya bersedia berbagi satu dengan yang lain maka volume kendaraan mobil yang dibangkitkan dan membanjiri jalan-jalan ibukota dapat berkurang 65-75 persen. Program ini menyediakan fasilitas agar warga yang berminat dapat dengan mudah menemukan dan memilih warga lainnya membentuk kelompok kecil yang memiliki jam dan tujuan perjalanan sama (atau berdekatan) bergantian menggunakan kendaraan pribadi masing-masing.
2. Bareng YUK !
Program ini menghimbau agar warga yang terbiasa sendirian menggunakan kendaraan pribadinya mau berbagi dengan warga lain yang kebetulan memiliki jam dan tujuan perjalanan yang sama. Selain memanfaatkan ruang kosong yang masih tersedia di kendaraannya, cara ini juga dapat mengurangi beban ongkos transportasi yang semestinya dipikul sendiri. Fasilitas yang disediakan melalui program ini memungkin warga yang bersedia berbagi ruang kendaraan pribadinya mencari warga lain yang memiliki jam dan tujuan perjalanan yang sama ataupun berdekatan.
3. Ikut dong!
Program ini dikembangkan untuk melengkapi program "Bareng Yuk!". Melalui program ini disediakan fasilitas bagi warga yang ingin menemukan warga Bintaro Jaya lain yang ingin berbagi ruang kendaraan pribadi untuk jam dan tujuan perjalanan yang sama ataupun berdekatan.
Anda hanya perlu mendaftarkan diri secara gratis, untuk tahap awal nanti akan diatur oleh admin www.jakartatanpamacet.com.
Read more...