BAHASA PEMROGAMAN KOMPUTER

Sejarah Bahasa Pemrograman Komputer Sejak pertama komputer difference engine diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, komputer membutuhkan sejumlah instruksi untuk melakukan suatu tugas tertentu. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa komputer mulanya terdiri dari sejumlah langkah pengkabelan untuk membuat suatu program; hal ini dapat dipahami sebagai suatu rangkaian pengetikan kedalam komputer dan kemudian dijalankan. Pada awalnya, difference engine-nya Charles Babbage hanya dibuat untuk menjalankan tugas dengan menggunakan perpindahan gigi roda untuk menjalankan fungsi kalkukasi. Jadi, bentuk awal dari bahasa komputer adalah berupa gerakan secara mekanik, selanjutnya gerakan mekanik tersebut digantikan dengan sinyal listrik ketika pemerintah AS mengembangkan ENIAC pada tahun 1942, tetapi masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip dasar dari Babbage’s engine yang mana diprogram dengan mengeset switch dan perkabelan pada seluruh sistem pada setiap “program” maupun kalkulasi. Tentu saja ini merupakan pekerjaan yang membosankan. Pada 1945, John Von Neumann yang bekerja pada Institute for Advanced Study mengemukakan dua konsep yang secara langsung mempengaruhi masa depan dari bahasa pemrograman komputer. Yang pertama dikenal sebagai “shared-program technique” (www.softlord.com). Pada teknik ini dinyatakan bahwa hardware komputer haruslah sederhana dan tidak perlu dilakukan pengkabelan dengan menggunakan tangan untuk setiap program. Sebagai gantinya, instruksi-instruksi yang lebih kompleks harus digunakan untuk mengendalikan perangkat keras yang lebih sederhana, hal ini memungkinkan komputer diprogram ulang dengan cepat. Konsep yang kedua yang juga sangat penting untuk pengembangan bahasa pemrograman. Von Neumann menyebutnya sebagai “conditional control transfer” (www.softlord.com). Ide ini berkembang menjadi bentuk subrutin, atau blok kode yang kecil yang dapat panggil berdasarkan aturan tertentu, dari pada suatu himpunan tunggal urutan kronologis yang harus dijalankan oleh komputer. Bagian kedua dari ide tersebut menyatakan bahwa kode komputer harus dapat bercabang berdasarkan pernyataan logika seperti IF (ekspresi) THEN, dan perulangan seperti FOR statement. “Conditional control transfer” mengembangkan ide adanya “libraries,” yang mana merupakan blok kode yang dapat digunakan berulang kali. Pada 1949, setelah beberapa tahun Von Neumann bekerja, bahasa Short Code dilahirkan (www.byte.com), yang merupakan bahasa komputer yang pertama untuk peralatan elektronik yang membutuhkan programmer untuk mengubah perintah kedalam 0 dan 1 dengan tangan. Pada 1957, bahasa khusus yang pertama muncul dalam bentuk FORTRAN yang merupakan singkatan dari sistem FORmula TRANslating. Bahasa ini dirancang pada IBM untuk perhitungan scientific. Komponen-komponennya sangat sederhana, dan menyediakan bagi programmer akses tingkat rendah kedalam komputer. Sampai saat ini, bahasa ini terbatas pada hanya terdiri dari perintah IF, DO, dan GOTO, tetapi pada waktu itu, perintah-perintah ini merupakan lompatan besar kearah depan. Type data dasar yang digunakan sampai sekarang ini dimulai dari FORTRAN, hal ini meliputi variabel logika (TRUE atau FALSE), dan bilangan integer, real, serta double-precision. FORTRAN sangat baik dalam menangani angka-angka, tetapi tidak terlalu baik untuk menangani proses input dan output, yang mana merupakan hal yang penting pada komputasi bisnis. Komputasi bisnis mulai tinggal landas pada 1959, dengan dikembangkannya COBOL, yang dirancang dari awal sebagai bahasa untuk para pebisnis. Type data yang ada hanya berupa number dan text string. Hal tersebut juga memungkinkan pengelompokan menjadi array dan record, sehingga data di telusuri dan diorganisasikan dengan lebih baik. Sesuatu hal yang menarik untuk dicatat bahwa suatu program COBOL dibuat menyerupai suatu essay, dengan empat atau lima bagian utama yang membentuk keseluruhan yang tertata dengan baik. Perintah-perintah COBOL sangat menyerupai tata bahasa English, sehingga membuatnya agak mudah dipelajari. Semua ciri-ciri ini dikembangkan agar mudah dipelajari dan mudah diterapkan pada dunia bisnis. Pada 1958, John McCarthy di MIT membuat bahasa LISt Processing (atau LISP), yang dirancang untuk riset Artificial Intelligence (AI). Karena dirancang untuk fungsi spesialisasi yang tinggi, maka tata cara penulisannya jaring kelihatan sebelum ataupun sesudahnya. Sesuatu perbedaan yang paling nyata dari bahasa ini dengan bahasa lain adalah dasar dan type satu-satunya adalah list, yang ditandai dengan suatu urutan item yang dicakup dengan tanda kurung. Program LISP sendirinya dibuat sebagai suatu himpunan dari list, sehingga LISP memiliki kemampuan yang khusus untuk memodifikasi dirinya, dan juga dapat berkembang sendiri. Tata cara penulisan LISP dikenal sebagai “Cambridge Polish,” sebagaimana dia sangat berbeda dari logika Boolean (Wexelblat, 177) : x V y – Cambridge Polish, what was used to describe the LISP program OR(x,y) – parenthesized prefix notation, what was used in the LISP program x OR y – standard Boolean logic LISP masih digunakan sampai sekarang karena spesialiasi yang tinggi dari sifat abstraknya. Bahasa Algol dibuat oleh suatu komite untuk pemakaian scientific pada tahun 1958. Kontribusi utamanya adalah merupakan akar dari tiga bahasa selanjutnya yaitu Pascal, C, C++, dan Java. Dia juga merupakan bahasa pertama dengan suatu tata bahasa formal, yang dikenal sebagai Backus-Naar Form atau BNF (McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 454). Pada Algol telah diterapkan konsep-konsep baru, seperti rekursif pada function, bahasa berikutnya Algol 68, menjadi bahasa yang membosankan dan sulit digunakan (www.byte.com). Hal ini mengarah kepada adopsi terhadap bahasa yang lebih kecil dan kompak seperti Pascal. Pascal dimulai pada tahun 1968 oleh Niklaus Wirth. Tujuan pengembangannya adalah untuk kebutuhan pengajaran. Pada awalnya bahasa ini dikembangkan bukan dengan harapan adopsi pemakaian secara luas. Prinsipnya mereka mengembangkannya untuk alat pengajaran pemrograman yang baik seperti kemampuan debug dan perbaikan sistem dan dukungan kepada mikroprosesor komputer yang digunakan pada institusi pendidikan. Pascal dirancang dengan pendekatan yang sangat teratur (terstruktur), dia mengkombinasikan kemampuan yang terbaik dari bahasa-bahasa saat itu, COBOL, FORTRAN, dan ALGOL. Dalam pengerjaannya banyak perintah-perintah yang tidak teratur dan aneh dihilangkan, sehingga sangat menarik bagi pemakai (Bergin, 100-101). Kombinasi dari kemampuan input/output dan kemampuan matematika yang solid, membuatnya menjadi bahasa yang sukses besar. Pascal juga mengembangkan tipe data “pointer”, suatu fasilitas yang sangat bermanfaat pada bahasa yang mengimplementasikannya. Dia juga menambahkan perintah CASE, yang mana memperbolehkan perintah bercabang seperti suatu pohon pada suatu aturan: CASE expression OF possible-expression-value-1: statements to execute… possible-expression-value-2: statements to execute… END Pascal juga mengembangkan variabel dinamis, dimana variabel dapat dibuat ketika suatu program sedang berjalan, melalui perintah NEW dan DISPOSE. Tetapi Pascal tidak mengimplementasikan suatu array dinamis, atau kelompok dari variabel-variabel, yang mana sangat dibutuhkan, dan merupakan salah satu penyebab kekalahannya (Bergin, 101-102). Wirth kemudian membuat lanjutan dari Pascal, Modula-2, tetapi pada saat itu muncul C yang dengan cepat menjadi mengeser posisi Pascal. C dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis Richie ketika sedang bekerja pada Bell Labs di New Jersey. Transisi pemakaian dari bahasa umum yang pertama ke bahasa umum sampai hari ini yaitu transisi antara Pascal dan C, C merupakan perkembangan dari B dan BCPL, tetapi agak menyerupai Pascal. Semua fasilitas di Pascal, termasuk perintah CASE tersedia di C. C menggunakan pointer secara luas dan dibangun untuk kecepatan dengan kelemahannya yaitu menjadi sulit untuk dibaca. Tetapi karena dia menghilangkan semua kelemahan yang terdapat di Pascal, sehingga dengan cepat mengambil alih posisi Pascal. Ritchie mengembangan C untuk sistem Unix yang baru pada saat yang bersamaan. Oleh karena ini, C dan Unix saling berkaitan. Unix memberikan C beberapa fasilitas besar seperti variabel dinamis, multitasking, penanganan interrupt, forking, dan strong low-level,input-output. Oleh karena itu, C sangat sering digunakan untuk pemrograman sistem operasi seperti Unix, Windows, MacOS, dan Linux. Pada akhir tahun 1970 dan awal 1980, suatu metode pemrograman yang baru telah dikembangkan. Ha tersebut dikenal sebagai Object Oriented Programming, atau OOP. Object merupakan suatu potongan dari data yang dapat dipaket dan dimanipulasi oleh programmer. Bjarne Stroustroup menyukai metode ini dan mengembangkan lanjutan dari C yang dikenal sebagai “C With Classes.” Kemampuan lanjutan ini dikembangkan menjadi bahasa C++ yang diluncurkan pada tahun 1983. C++ dirancang untuk mengorganisasikan kemampuan dasar dari C dengan OOP, dengan tetap mempertahankan kecepatan dari C dan dapat dijalankan pada komputer yang tipe berlainan. C++ sering kali digunakan dalam simulasi, seperti game. C++ menyediakan cara yang baik untuk memanipulasi ratusan instance dari manusia didalan elevator, atau pasukan yang diisi dengan tipe prajurit yang berbeda. Bahasa ini menjadi pilihan pada mata kuliah AP Computer Science sampai hari ini. Pada awal 1990′s, interaktif TV adalah teknologi masa depan. Sun Microsystems memutuskan bahwa interaktif TV membutuhkan suatu hal yang khusus, yaitu bahasa portable (bahasa yang dapat berjalan pada banyak jenis mesin yang berbeda). Bahasa ini dikenal sebagai Java. Pada tahun 1994, team proyek Java mengubah fokus mereka ke web, yang mana berubah menjadi sesuatu yang menjanjikan setelah interactive TV gagal. Pada tahun berikutnya, Netscape menyetujui pemakaian Java pada internet browser mereka, Navigator. Sampai titik ini, Java menjadi bahasa masa depan dan beberapa perusahaan mengumumkan aplikasi harus ditulis dalam Java. Java mempunyai tujuan yang besar dan merupakan bahasa yang baik menurut buku text, pada kenyataanya “bahasa tersebut tidak”. Dia memiliki masalah yang serius dalam optimasi, dengan arti program yang ditulis dengannya berjalan dengan lambat. Dan Sun telah membuat cacat penerimaan terhadap Java dengan pertikaian politis dengan Microsoft. Tetapi Java telah dinyatakan sebagai bahasa untuk instruksi masa depan dan benar-benar menerapkan object-oriented dan teknik tingkat tinggi seperti kode yang portable dan garbage collection. Visual Basic sering diajari sebagai bahasa pemrograman dasar yang mengacu pada bahasa BASIC yang dikembangkan pada tahun 1964 oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. BASIC adalah bahasa yang sangat terbatas dan dirancang untuk orang yang bukan computer science. Perintah-perintah dijalankan secara berurutan, tetapi kendali program dapat berubah berdasarkan IF..THEN, dan GOSUB yang mana menjalankan suatu blok kode dan kembali ketitik semula didalam alur program. Microsoft telah mengembangkan BASIC ke dalam produk Visual Basic (VB). Jantung dari VB adalah form, atau suatu window kosos dimana anda dapat drag dan drop komponen seperti menu, gambarm dan slider bars. Item-item ini dikenal sebagai “widgets.” Widget memiliki properti (seperti warna) dan events (seperti klik dan double klik) dan menjadi pusat dari pengembangan antarmuka dengan pemakai diberbagai bahasa program dewasa ini. VB merupakan program yang banyak digunakan untuk membuat interface sederhana ke produk Microsoft lainnya seperti Excel dan Access tanpa membaca banyak kode, dengannya dapat dimungkinkan untuk dibuat aplikasi yang lengkap. Perl telah sering digambarkan sebagai “duct tape of the Internet,” karena sering digunakan sebagai engine untuk interface web atau pada script untuk memodifikasi file konfigurasi. Dia memiliki fungsi text matching yang sangat baik sehingga membuatnya menjadi hal yang ideal untuk pekerjaan tersebut. Perl dikembangkan oleh Larry Wall pada 1987 karena fasilitas pada sed dan awk pada Unix (digunakan untuk manipulasi text) tidak mencukupi kebutuhannya. Tergantung kepada siapa anda bertanya, Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language atau Pathologically Eclectic Rubbish Lister. Bahasa pemrograman telah berkembangan dari masa kemasa dan tetap dikembangkan dimasa depan. Mereka dimulai dari suatu daftar langkap pengkabelan agar komputer menjalankan tugas tertentu. Langkah-langkah ini berkembang menjadi software dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Bahasa umum yang pertama menekankan pada kesederhanaan dan untuk satu tujuan saja, sedangkan bahasa dewasa ini terbagi atas bagaimana mereka diprogram, sehingga mereka dapat digunakan untuk semua tujuan. Dan mungkin bahasa yang akan datang lebih natural dengan penemuan pada quantum dan komputer-komputer biologis. Sumber : Indoprog ‘Algoritma & Pemrograman’ oleh Hendra, S.T.

Bahasa Pemrogaman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan; dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Teman sejati adalah ia yang meraih tangan anda dan menyentuh hati anda.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Pengetahuan tidaklah cukup, maka kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, maka kita harus melakukannya.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Ketika masalah datang, Anda akan menjadi lebih damai jika yang Anda pikirkan adalah jalan keluar dari masalah; bukan pembayangan dari penderitaan yang akan Anda alami.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali tampak mustahil; kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Keramah-tamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Orang yang paling beruntung di dunia adalah orang yang telah mengembangkan rasa syukur yang hampir konstan, dalam situasi apapun.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Jangan mencari kawan yang membuat Anda merasa nyaman, tetapi carilah kawan yang memaksa Anda terus berkembang.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Tak semua orang yg membencimu mengatakan hal yg salah tentangmu. Terkadang mereka mengatakan yg sebenarnya.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Mengevaluasi apa yang kita lakukan dan semua pencapaian kita. Apapun hasilnya akan menjadi fondasi kuat untuk kehidupan kita dimasa mendatang yang lebih baik.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Ketika kamu merasa pedulimu tak pernah dihargai, ketahuilah bahwa kamu tengah belajar tentang KETULUSAN HATI.

Kata - kata bijak yang harus kita pikir

Jangan sesali apa yang sudah pergi. Jangan tangisi apa yang sudah tiada. Tetapi bangkitlah dan bina kembali apa yang telah hilang dan pergi.

Rabu, 24 Agustus 2011

Soal TRY OUT TIK SMP

I. PILIHAN GANDA

1. Berikut ini yang bukan termasuk jenis software adalah….
a. Sistem Operasi
b. Program Aplikasi
c. Bahasa Pemrograman
d. Media Penyimpanan

2. Memasukkan program software ke komputer disebut….
a. install
b. pengaplikasian
c. unistall
d. remove

3. Jika Kamu ingin mendengarkan musik atau lagu maupun menonton film kesukaanmu di komputer, maka kamu memerlukan software yang tergolong multimedia. Salah satu software multimedia adalah….
a. Adobe Photoshop
b. Corel Draw
c. Windows Media Player
d. dBase

4. Berikut ini yang bukan merupakan arti software secara harfiah adalah….
a. perangkat lunak
b. perangkat keras
c. piranti lunak
d. sistem operasi


5. Yang termasuk sarana komunikasi tradisional adalah….
a. telepon
b. televisi
c. kentongan
d. internet

6. Perhatikan teks berikut !

Bentuk teks seperti yang terlihat di atas, biasa disebut dengan…..
a. DropCap
b. Kolom Koran
c. Bullets and Numbering
d. Mail Merge

7. Perhatikan gambar berikut !

Gambar di atas dapat dibuat dengan menggunakan….
a. Symbol
b. WordArt
c. Autoshapes
d. Clip Art

8. Perhatikan gambar berikut !

Gambar di atas dapat dibuat dengan menggunakan….
a. Symbol
b. WordArt
c. Autoshapes
d. Clip Art

9. Fasilitas untuk memperbesar atau memperkecil tampilan pada monitor disebut….
a. zoom
b. ruler line
c. scroll bar
d. toolbar

10. Perhatikan gambar berikut !

Yang berfungsi untuk mengatur awal paragraf ditunjukkan oleh nomor….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

11. Setiap kita menyimpan lembar kerja menggunakan Microsoft Excel, secara otomatis program akan menampahkan extension file….
a. doc
b. xls
c. ppt
d. exc

12. Pada Microsoft Excel, sekumpulan sel yang saling bersebelahan disebut….
a. pointer
b. range
c. cell
d. data

13. Pada lembar kerja Microsoft Excel, yang menunjukkan kolom pda cell B29 adalah….
a. B
b. B29
c. 29
d. B2

14. Pada fungsi IF memerlukan pernyataan logika “” yang berarti….
a. lebih kecil dan lebih besar
b. tidak lebih kecil tetapi lebih besar
c. tidak lebih cocok dengan
d. tidak sama dengan

15. Pada Microsoft Excel, simbol yang digunakan untuk mencari pangkat adalah….
a. *
b. ^
c. #
d. “

16. Pada Microsoft Excel, untuk memperbaiki data yang salah kita dapat menggunakan tombol….
a. F1
b. F2
c. F3
d. F4

17. Pilihan pengurutan data Ascending akan mengurutkan data….
a. dari nilai terbesar ke terkecil
b. dari nilai terkecil ke terbesar
c. dari abjad Z ke A
d. mengurutkan data bulan atau hari

18. Pada Microsoft Excel, perintah untuk membuat grafik terdapat pada menu….
a. File
b. Format
c. Data
d. Insert

19. Pada Microsoft Excel, untuk membaca data pada tabel yang yang disajikan secara horizontal dibutuhkan fungsi….
a. HLOOKUP
b. VLOOKUP
c. LOOKUP VALUE
d. LOOKUP REFERENCE

20. Nama dari Toolbar di samping adalah….

a. Autosum
b. Autofill
c. Fillhandle
d. Paste Function

21. Dalam pembuatan presentasi kita bisa menggunakan fasilitas From AutoContent Wizard yang berfungsi untuk….
a. membuat media presentasi baru yang masih kosong
b. membuat media presentasi dengan memanfaatkan bantuan atau bimbingan secara menyeluruh
c. membuat media presentasi dengan memanfaatkan desain yang disediakan oleh Microsoft Power Point
d. membuat media presentasi yang menggunakan grafik

22. Untuk memudahkan kita dalam membuat presentasi, sofware yang digunakan adalah….
a. Microsoft Word
b. Microsoft Excel
c. Microsoft Power Point
d. Microsoft FrontPage

23. Pada Slide Layout, bentuk tampilan Title Slide adalah….

a.

b.

c.

d.

24. Fungsi tombol F5 pada Microsoft Power Point adalah….
a. menggandakan objek
b. menampilkan presentasi
c. mengaktifkan atau meloncat ke dokumen lain
d. melihat seluruh slide secara miniatur

25. Untuk menggandakan objek kita dapat menekan tombol….
a. Ctrl-X
b. Ctrl-V
c. Ctrl-D
d. Ctrl-C

26. Jika kita menginginkan perubahan desain pada slide tertentu saja maka pilihan pada box slide dropdownnya adalah….
a. Design Template
b. Apply to Selected Slide
c. Apply to All Slide
d. Apply to Master

27. Berikut ini yang tidak termasuk dalam tampilan slide dalam Microsoft Power Point adalah….
a. Normal View
b. Slide Sorter View
c. Slide Show
d. Apply Design Template

28. Untuk membuat tombol Home seperti pada gambar di samping, menggunakan…

a. klik Slide Show, pilih Action Button
b. klik Slide Show, pilih Slide Transition
c. klik Slide Show, pilih Custom Animation
d. klik Slide Show, pilih Animation Schemes

29. Bentuk tampilan slide seperti pada gambar di samping terdapat pada….

a. Text Layout
b. Content Layout
c. Text and Content Layout
d. Other Layout

30. Fungsi Hyperlink adalah untuk….
a. memudahkan pindah ke slide yang diinginkan
b. menampilkan seluruh isi slide
c. membuat latar belakang slide
d. menambahkan efek pergantian slide

31. Pada Microsoft FrontPage, Web Component pada bagian Dynamic Effect terdiri atas….
a. 3 bagian
b. 4 bagian
c. 5 bagian
d. 6 bagian

32. Link yang digunakan pada satu halaman saja disebut….
a. bookmark
b. screen tip
c. target frame
d. rollover

33. Teks yang digunakan sebagai link biasanya memiliki garis bawah berwarna….
a. merah
b. putih
c. hijau
d. biru

34. Pada Microsoft FrontPage, icon yang digunakan untuk melihat bentuk tampilan situs pada browser internet explore adalah….
a. Publish Web
b. Preview in Browser
c. Toggle Pane
d. Web Component

35. Pada halaman index kita dapat bagi menjadi beberapa bagian dengan menggunakan….
a. Header Border
b. Page Setup
c. Shared Border
d. Page Border

36. Icon di bawah ini yang digunakan untuk melihat struktur halaman web adalah….
a.

b.

c.

d.

37. Perintah untuk menambah halaman baru sebagai halaman tambahan adalah….
a. Ctrl+C
b. Ctrl+S
c. Ctrl+V
d. Ctrl+N

38. Pada kotak dialog Marquee Properties, jika kita menginginkan teks bergerak memantul setelah sampai pada border kiri atau border kanan, maka pada pilihan behavior yang harus dipilih adalah….
a. scroll
b. alternate
c. slide
d. raised

39. Foto-foto yang akan dimasukkan ke dalam Photo Gallery harus discan terlebih dahulu sehingga berformat….
a. CDR
b. XLS
c. DOC
d. JPEG

40. Perhatikan gambar berikut !

Untuk membuat Form Interaktif seperti gambar di atas menggunakan….
a. Text Area
b. Option Button
c. Check Box
d. Text Box

41. Untuk bisa bergabung dengan internet, kita harus mempunyai akses dengan cara berlangganan penyedia jasa internet yang disebut….
a. USB
b. LAN
c. ISP
d. Home Page

42. Tombol yang digunakan untuk menyisipkan file, gambar, tabel, data dan sebagainya pada e-mail yang akan kita kirim adalah….
a. compose
b. inbox
c. attach file
d. forward

43. Berikut ini yang bukan merupakan sifat-sifat e-mail adalah….
a. sarana komunikasi yang murah
b. dapat dikirim dengan cepat
c. panjang surat yang dikirim dibatasi
d. dapat menyertakan file-file

44. Proses memperbaharui data dengan data yang baru disebut….
a. upload
b. download
c. upgrade
d. update

45. Orang yang melakukan penyusupan ke sebuah jaringan komputer untuk mencuri data atau file-file penting disebut….
a. Carder
b. Cracker
c. Hacker
d. Carding

II. ESSAY

1. Jelaskan yang dimaksud dengan :
a. ISP (Internet Service Provider)
b. Search Engine

3. Jelaskan yang dimaksud dengan :
a. Slide Transition
b. Custom Animation

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Hardware dan Software serta berikan contohnya masing-masing 5 buah !

4. Jelaskan fungsi icon di bawah ini !

a.

b.

c.

d.

5. Perhatikan tabel di bawah ini !

Ketentuan :
- Jika Jumlah >=10, maka discount 10%
- Jika Jumlah <10, maka tidak discount
- Total = Harga x Jumlah

Tulislah rumus yang tepat untuk mengisi cell :
a. G5
b. F14
c. E16
d. F19

Modul TIK Kelas 7, 8 , 9

Berikut ini beberapa modul mengajar TIK yang saya pakai di samping buku cetak di SMP Iskandar Muda tentunya yang menurut mashab KTSP, Koleksi Modul2, TIK sebagai panduan dalam proses belajar mengajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) baik kelas 7, 8 maupun 9, modul ini gratis bisa didownload disini:

1. Kelas 7 (Modul Perangkat TIK dan MODUL_Microsoft Word)
2. Kelas 8 (Modul Microsoft Excel)
3. Kelas 9 (Modul Internet)

Semoga bermanfaat bagi guru-guru yang mengajar mata pelajaran yang sama tersebut , Kritik saran yang sifatnya membangun sangat kami harapkan,

Terima Kasih.

Modul TIK Kelas IX Jaringan Komputer dan Dasar-dasar Internet

BAB I: Pengenalan Internet

Diskripsi:

Standar Kompetensi:

Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet/Intranet

Kompetensi Dasar:

Memahami Menjelaskan Pengertian Dasar Internet

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini siswa dapat

- Menjelaskan pengertian dasar internet

- Mengerti sejarah internet

- Memahami manfaat internet

Download disini PDF, DOC.

BAB II: Sistem Jaringan Internet

Diskripsi:

Standar Kompetensi:

Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet/Intranet

Kompetensi Dasar:

Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet/Intranet

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini siswa dapat

- Memahami dasar-dasar sistem jaringan di internet/intranet

- Mengidentifikasi perangkat keras jaringan komputer

Download disini PDF, DOC.

BAB III: Kecepatan Akses Internet

Diskripsi:

Standar Kompetensi:

Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet/Intranet

Kompetensi Dasar:

Mengenal Ukuran Kecepatan Akses Internet Dasar Internet

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini siswa dapat

- Mengenal ukuran kecepatan akses internet

- Memahami factor-faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet

Download disini PDF, DOC.

BAB IV: Perangkat Keras Untuk Akses Internet

Diskripsi:

Standar Kompetensi:

Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet/Intranet

Kompetensi Dasar:

Mengidentifikasi Perangkat Keras yang digunakan dalam Akses Internet

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini siswa dapat

- Mengidentifikasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet

- Melakukan instalasi modem

Download disini PDF, DOC.

BAB V: Tata Cara Terhubung Ke Internet

Diskripsi:

Standar Kompetensi:

Memahami Dasar-dasar Penggunaan Internet/Intranet

Kompetensi Dasar:

Melakukan Berbagai Cara untuk Memperoleh sambungan Internet/Intranet

Tujuan Pembelajaran:

Setelah mempelajari materi ini siswa dapat

- Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet/intranet

- Melakukan koneksi dial-up

Download disini PDF, DOC.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More