BAHASA PEMROGAMAN KOMPUTER

Sejarah Bahasa Pemrograman Komputer Sejak pertama komputer difference engine diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, komputer membutuhkan sejumlah instruksi untuk melakukan suatu tugas tertentu. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa komputer mulanya terdiri dari sejumlah langkah pengkabelan untuk membuat suatu program; hal ini dapat dipahami sebagai suatu rangkaian pengetikan kedalam komputer dan kemudian dijalankan. Pada awalnya, difference engine-nya Charles Babbage hanya dibuat untuk menjalankan tugas dengan menggunakan perpindahan gigi roda untuk menjalankan fungsi kalkukasi. Jadi, bentuk awal dari bahasa komputer adalah berupa gerakan secara mekanik, selanjutnya gerakan mekanik tersebut digantikan dengan sinyal listrik ketika pemerintah AS mengembangkan ENIAC pada tahun 1942, tetapi masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip dasar dari Babbage’s engine yang mana diprogram dengan mengeset switch dan perkabelan pada seluruh sistem pada setiap “program” maupun kalkulasi. Tentu saja ini merupakan pekerjaan yang membosankan. Pada 1945, John Von Neumann yang bekerja pada Institute for Advanced Study mengemukakan dua konsep yang secara langsung mempengaruhi masa depan dari bahasa pemrograman komputer. Yang pertama dikenal sebagai “shared-program technique” (www.softlord.com). Pada teknik ini dinyatakan bahwa hardware komputer haruslah sederhana dan tidak perlu dilakukan pengkabelan dengan menggunakan tangan untuk setiap program. Sebagai gantinya, instruksi-instruksi yang lebih kompleks harus digunakan untuk mengendalikan perangkat keras yang lebih sederhana, hal ini memungkinkan komputer diprogram ulang dengan cepat. Konsep yang kedua yang juga sangat penting untuk pengembangan bahasa pemrograman. Von Neumann menyebutnya sebagai “conditional control transfer” (www.softlord.com). Ide ini berkembang menjadi bentuk subrutin, atau blok kode yang kecil yang dapat panggil berdasarkan aturan tertentu, dari pada suatu himpunan tunggal urutan kronologis yang harus dijalankan oleh komputer. Bagian kedua dari ide tersebut menyatakan bahwa kode komputer harus dapat bercabang berdasarkan pernyataan logika seperti IF (ekspresi) THEN, dan perulangan seperti FOR statement. “Conditional control transfer” mengembangkan ide adanya “libraries,” yang mana merupakan blok kode yang dapat digunakan berulang kali. Pada 1949, setelah beberapa tahun Von Neumann bekerja, bahasa Short Code dilahirkan (www.byte.com), yang merupakan bahasa komputer yang pertama untuk peralatan elektronik yang membutuhkan programmer untuk mengubah perintah kedalam 0 dan 1 dengan tangan. Pada 1957, bahasa khusus yang pertama muncul dalam bentuk FORTRAN yang merupakan singkatan dari sistem FORmula TRANslating. Bahasa ini dirancang pada IBM untuk perhitungan scientific. Komponen-komponennya sangat sederhana, dan menyediakan bagi programmer akses tingkat rendah kedalam komputer. Sampai saat ini, bahasa ini terbatas pada hanya terdiri dari perintah IF, DO, dan GOTO, tetapi pada waktu itu, perintah-perintah ini merupakan lompatan besar kearah depan. Type data dasar yang digunakan sampai sekarang ini dimulai dari FORTRAN, hal ini meliputi variabel logika (TRUE atau FALSE), dan bilangan integer, real, serta double-precision. FORTRAN sangat baik dalam menangani angka-angka, tetapi tidak terlalu baik untuk menangani proses input dan output, yang mana merupakan hal yang penting pada komputasi bisnis. Komputasi bisnis mulai tinggal landas pada 1959, dengan dikembangkannya COBOL, yang dirancang dari awal sebagai bahasa untuk para pebisnis. Type data yang ada hanya berupa number dan text string. Hal tersebut juga memungkinkan pengelompokan menjadi array dan record, sehingga data di telusuri dan diorganisasikan dengan lebih baik. Sesuatu hal yang menarik untuk dicatat bahwa suatu program COBOL dibuat menyerupai suatu essay, dengan empat atau lima bagian utama yang membentuk keseluruhan yang tertata dengan baik. Perintah-perintah COBOL sangat menyerupai tata bahasa English, sehingga membuatnya agak mudah dipelajari. Semua ciri-ciri ini dikembangkan agar mudah dipelajari dan mudah diterapkan pada dunia bisnis. Pada 1958, John McCarthy di MIT membuat bahasa LISt Processing (atau LISP), yang dirancang untuk riset Artificial Intelligence (AI). Karena dirancang untuk fungsi spesialisasi yang tinggi, maka tata cara penulisannya jaring kelihatan sebelum ataupun sesudahnya. Sesuatu perbedaan yang paling nyata dari bahasa ini dengan bahasa lain adalah dasar dan type satu-satunya adalah list, yang ditandai dengan suatu urutan item yang dicakup dengan tanda kurung. Program LISP sendirinya dibuat sebagai suatu himpunan dari list, sehingga LISP memiliki kemampuan yang khusus untuk memodifikasi dirinya, dan juga dapat berkembang sendiri. Tata cara penulisan LISP dikenal sebagai “Cambridge Polish,” sebagaimana dia sangat berbeda dari logika Boolean (Wexelblat, 177) : x V y – Cambridge Polish, what was used to describe the LISP program OR(x,y) – parenthesized prefix notation, what was used in the LISP program x OR y – standard Boolean logic LISP masih digunakan sampai sekarang karena spesialiasi yang tinggi dari sifat abstraknya. Bahasa Algol dibuat oleh suatu komite untuk pemakaian scientific pada tahun 1958. Kontribusi utamanya adalah merupakan akar dari tiga bahasa selanjutnya yaitu Pascal, C, C++, dan Java. Dia juga merupakan bahasa pertama dengan suatu tata bahasa formal, yang dikenal sebagai Backus-Naar Form atau BNF (McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 454). Pada Algol telah diterapkan konsep-konsep baru, seperti rekursif pada function, bahasa berikutnya Algol 68, menjadi bahasa yang membosankan dan sulit digunakan (www.byte.com). Hal ini mengarah kepada adopsi terhadap bahasa yang lebih kecil dan kompak seperti Pascal. Pascal dimulai pada tahun 1968 oleh Niklaus Wirth. Tujuan pengembangannya adalah untuk kebutuhan pengajaran. Pada awalnya bahasa ini dikembangkan bukan dengan harapan adopsi pemakaian secara luas. Prinsipnya mereka mengembangkannya untuk alat pengajaran pemrograman yang baik seperti kemampuan debug dan perbaikan sistem dan dukungan kepada mikroprosesor komputer yang digunakan pada institusi pendidikan. Pascal dirancang dengan pendekatan yang sangat teratur (terstruktur), dia mengkombinasikan kemampuan yang terbaik dari bahasa-bahasa saat itu, COBOL, FORTRAN, dan ALGOL. Dalam pengerjaannya banyak perintah-perintah yang tidak teratur dan aneh dihilangkan, sehingga sangat menarik bagi pemakai (Bergin, 100-101). Kombinasi dari kemampuan input/output dan kemampuan matematika yang solid, membuatnya menjadi bahasa yang sukses besar. Pascal juga mengembangkan tipe data “pointer”, suatu fasilitas yang sangat bermanfaat pada bahasa yang mengimplementasikannya. Dia juga menambahkan perintah CASE, yang mana memperbolehkan perintah bercabang seperti suatu pohon pada suatu aturan: CASE expression OF possible-expression-value-1: statements to execute… possible-expression-value-2: statements to execute… END Pascal juga mengembangkan variabel dinamis, dimana variabel dapat dibuat ketika suatu program sedang berjalan, melalui perintah NEW dan DISPOSE. Tetapi Pascal tidak mengimplementasikan suatu array dinamis, atau kelompok dari variabel-variabel, yang mana sangat dibutuhkan, dan merupakan salah satu penyebab kekalahannya (Bergin, 101-102). Wirth kemudian membuat lanjutan dari Pascal, Modula-2, tetapi pada saat itu muncul C yang dengan cepat menjadi mengeser posisi Pascal. C dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis Richie ketika sedang bekerja pada Bell Labs di New Jersey. Transisi pemakaian dari bahasa umum yang pertama ke bahasa umum sampai hari ini yaitu transisi antara Pascal dan C, C merupakan perkembangan dari B dan BCPL, tetapi agak menyerupai Pascal. Semua fasilitas di Pascal, termasuk perintah CASE tersedia di C. C menggunakan pointer secara luas dan dibangun untuk kecepatan dengan kelemahannya yaitu menjadi sulit untuk dibaca. Tetapi karena dia menghilangkan semua kelemahan yang terdapat di Pascal, sehingga dengan cepat mengambil alih posisi Pascal. Ritchie mengembangan C untuk sistem Unix yang baru pada saat yang bersamaan. Oleh karena ini, C dan Unix saling berkaitan. Unix memberikan C beberapa fasilitas besar seperti variabel dinamis, multitasking, penanganan interrupt, forking, dan strong low-level,input-output. Oleh karena itu, C sangat sering digunakan untuk pemrograman sistem operasi seperti Unix, Windows, MacOS, dan Linux. Pada akhir tahun 1970 dan awal 1980, suatu metode pemrograman yang baru telah dikembangkan. Ha tersebut dikenal sebagai Object Oriented Programming, atau OOP. Object merupakan suatu potongan dari data yang dapat dipaket dan dimanipulasi oleh programmer. Bjarne Stroustroup menyukai metode ini dan mengembangkan lanjutan dari C yang dikenal sebagai “C With Classes.” Kemampuan lanjutan ini dikembangkan menjadi bahasa C++ yang diluncurkan pada tahun 1983. C++ dirancang untuk mengorganisasikan kemampuan dasar dari C dengan OOP, dengan tetap mempertahankan kecepatan dari C dan dapat dijalankan pada komputer yang tipe berlainan. C++ sering kali digunakan dalam simulasi, seperti game. C++ menyediakan cara yang baik untuk memanipulasi ratusan instance dari manusia didalan elevator, atau pasukan yang diisi dengan tipe prajurit yang berbeda. Bahasa ini menjadi pilihan pada mata kuliah AP Computer Science sampai hari ini. Pada awal 1990′s, interaktif TV adalah teknologi masa depan. Sun Microsystems memutuskan bahwa interaktif TV membutuhkan suatu hal yang khusus, yaitu bahasa portable (bahasa yang dapat berjalan pada banyak jenis mesin yang berbeda). Bahasa ini dikenal sebagai Java. Pada tahun 1994, team proyek Java mengubah fokus mereka ke web, yang mana berubah menjadi sesuatu yang menjanjikan setelah interactive TV gagal. Pada tahun berikutnya, Netscape menyetujui pemakaian Java pada internet browser mereka, Navigator. Sampai titik ini, Java menjadi bahasa masa depan dan beberapa perusahaan mengumumkan aplikasi harus ditulis dalam Java. Java mempunyai tujuan yang besar dan merupakan bahasa yang baik menurut buku text, pada kenyataanya “bahasa tersebut tidak”. Dia memiliki masalah yang serius dalam optimasi, dengan arti program yang ditulis dengannya berjalan dengan lambat. Dan Sun telah membuat cacat penerimaan terhadap Java dengan pertikaian politis dengan Microsoft. Tetapi Java telah dinyatakan sebagai bahasa untuk instruksi masa depan dan benar-benar menerapkan object-oriented dan teknik tingkat tinggi seperti kode yang portable dan garbage collection. Visual Basic sering diajari sebagai bahasa pemrograman dasar yang mengacu pada bahasa BASIC yang dikembangkan pada tahun 1964 oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. BASIC adalah bahasa yang sangat terbatas dan dirancang untuk orang yang bukan computer science. Perintah-perintah dijalankan secara berurutan, tetapi kendali program dapat berubah berdasarkan IF..THEN, dan GOSUB yang mana menjalankan suatu blok kode dan kembali ketitik semula didalam alur program. Microsoft telah mengembangkan BASIC ke dalam produk Visual Basic (VB). Jantung dari VB adalah form, atau suatu window kosos dimana anda dapat drag dan drop komponen seperti menu, gambarm dan slider bars. Item-item ini dikenal sebagai “widgets.” Widget memiliki properti (seperti warna) dan events (seperti klik dan double klik) dan menjadi pusat dari pengembangan antarmuka dengan pemakai diberbagai bahasa program dewasa ini. VB merupakan program yang banyak digunakan untuk membuat interface sederhana ke produk Microsoft lainnya seperti Excel dan Access tanpa membaca banyak kode, dengannya dapat dimungkinkan untuk dibuat aplikasi yang lengkap. Perl telah sering digambarkan sebagai “duct tape of the Internet,” karena sering digunakan sebagai engine untuk interface web atau pada script untuk memodifikasi file konfigurasi. Dia memiliki fungsi text matching yang sangat baik sehingga membuatnya menjadi hal yang ideal untuk pekerjaan tersebut. Perl dikembangkan oleh Larry Wall pada 1987 karena fasilitas pada sed dan awk pada Unix (digunakan untuk manipulasi text) tidak mencukupi kebutuhannya. Tergantung kepada siapa anda bertanya, Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language atau Pathologically Eclectic Rubbish Lister. Bahasa pemrograman telah berkembangan dari masa kemasa dan tetap dikembangkan dimasa depan. Mereka dimulai dari suatu daftar langkap pengkabelan agar komputer menjalankan tugas tertentu. Langkah-langkah ini berkembang menjadi software dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Bahasa umum yang pertama menekankan pada kesederhanaan dan untuk satu tujuan saja, sedangkan bahasa dewasa ini terbagi atas bagaimana mereka diprogram, sehingga mereka dapat digunakan untuk semua tujuan. Dan mungkin bahasa yang akan datang lebih natural dengan penemuan pada quantum dan komputer-komputer biologis. Sumber : Indoprog ‘Algoritma & Pemrograman’ oleh Hendra, S.T.

Bahasa Pemrogaman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Senin, 15 November 2010

SOAL UAN 2005 UTAMA

zKL. PB 2000 2001 2002 2003 2004 2005
1 1.1
2.1
3.1
4.1
5.1
6.1
7.1
8.1
9.1
11.1
12.1
13.1

JUM 2

1
1

1




1


6
1

1
1

1


1
1


6 1
1

1
1


1
1

1
1

8



2
1

1


1
2

7


1
1


1
3
1



7
4,5
2

1
3

6


7
8

8
2 1.1
2.1
3.1
4.1
5.1
6.1
7.1
8.1
9.1
10.1
11.1
12.1
13.1

JUM 2
1
1
1
3
2
1

1
1
1

2

16 1
1
2
1
2
1

1
1
1
2

2

15 2

1
1
1
1

1
1
1
2

1

12


1
3
1
1
1
2
2

1


12 1
1
1
1
2
3
1


1
1
1


13



9
10


11
12
13
14,15


7
3.1 1.1
2.1
3.1
4.1
5.1
6.1

JUM 3
1
2
2
3
1

12 2
2
2

3
3

12 3
2
3

4
1

13 4
3
1
1
3
2

14 1
2
2
2
2
2

11 16
17,18
19,20

28
21,22

8
3.2 7.1
8.1
9.1
10.1
11.1

JUM 1
2
1
1
1

6 3
1
1
1
1

7 1
1
3
1
1

7 2
2
1
1
1

7 4

2
2
1

9 23,24
25
26,27
29
30

7





Kelas 1 Semester I
1.1 Himpunan I
2.1 Bilangan Cacah
3.1 Bilangan Bulat
4.1 Pecahan
5.1 Himpunan II
6.1 Aritmatika Sosial
7.1 Persamaan dan Pertidaksamaan dengan satu peubah
Kelas 1 Semester II
8.1 Kubus dan Balok
9.1 Sudut dan Peta Mata Angin
10.1 Pengubinan (Pengayaan)
11.1 Simetri
12.1 Persegi panjang dan Persegi
13.1 Segitiga
14.1 Penggunaan Kalkulator (Pengayaan)
15.1 Bilangan Jam (Pengayaan)
Kelas 2 Semester I
1.1 Relasi, Pemetaan dan Grafik
2.1 Kuadrat dan Akar Kuadrat
3.1 Teorema Pythagoras
4.1 Garis-garis Sejajar
5.1 Jajargenjang, Belah Ketupat Layang-layang dan Trapesium
6.1 Perbandingan
7.1 Waktu, Jarak dan Kecepatan
Kelas 2 Semester II
8.1 Tempat Kedudukan
9.1 Persamaan Garis Lurus
10.1 Sistem Persamaan Linear dengan Dua Peubah
11.1 Lingkaran
12.1 Statistika
13.1 Peluang (Pengayaan)
14.1 Lambang Bilangan Berbagai Basis
Kelas 3 Semester I
1.1 Volum dan Luas Sisi Bangun Ruang
2.1 Transformasi
3.1 Kesebangunan
4.1 Segitiga-segitiga Yang Kongruen
5.1 Lingkaran II
6.1 Operasi pada Bentuk Aljabar
Kelas 3 Semester II
7.1 Fungsi Kuadrat dan Grafiknya
8.1 Persamaan Kuadrat
9.1 Pola Bilangan dan Barisan Bilangan
10.1 Trigonometri
11.1 Logaritma
12.1 Diagram Alir (Pengayaan)


SOAL UAN UTAMA 2005

1. Perhatikan himpunan di bawah ini!
A = { faktor prima dari 50}
B = { huruf pembentuk kata "karunia" }
C = { faktor dari 64 }
D = { huruf pembentuk kata "matematika" }
Dari himpunan-himpunan di atas, pasangan himpunan ekuivalen adalah …
a. A dan B
b. A dan C
c. B dan C
d. B dan D
Penyelesaian
A = { 2, 5 } n(A) = 2
B = { a, i, k, n, r, u } n(B) = 6
C = { 1,2,4,8,16,32,64 } n(B) = 7
D = { a, e, i, k, m, t } n(D) = 6
n(B) = n(D)

2. Dalam suatu tes ditetapkan bahwa untuk jawaban yang benar diberi nilai 2, jawaban yang salah diberi nilai –1, dan untuk soal yang tidak dijawab diberi nilai 0. Jika dari 100 soal pada tes tersebut Tono menjawab dengan benar 82 soal, 8 soal tidak dijawab, dan sisanya dijawab salah, nilai yang diperoleh Tono adalah …
a. 146
b. 154
c. 164
d. 174
Penyelesaian
Benar = 82 82 x 2 = 164
Tidak dijawab = 8 8 x 0 = 0
Salah = 100–(82+8) = 10 10 x –1 = –10
164 + 0 + (–10) = 154

UAN 2000 no 3
Dalam sebuah turnamen dibuat aturan bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai –2 dan bila seri diberi nilai 1. Sebuah regu mengikuti turnamen tersebut telah bertanding 40 kali, menang 27 kali, dan kalah 5 kali. Nilai yang diperoleh regu tersebut adalah …
a. 87
b. 80
c. 79
d. 71

3. Tono menjual motor seharga Rp6.000.000,00. Bila Tono mendapat untung 25%, harga pembelian motor tersebut?
a. Rp3.500.000,00.
b. Rp4.500.000,00.
c. Rp4.800.000,00.
d. Rp7.500.000,00.
Penyelesaian
100% + 25% = 125%
6.000.000 : 125% = 6.000.000 x
= 4.800.000
UAN 2000 no 5
Seorang pedagang menjual sebuah barang dengan harga Rp. 660.000,00. Pedagang itu mendapat untung sebesar 32%. Harga pembelian barang itu adalah …
a. Rp. 448.880,00
b. Rp. 500.000,00
c. Rp. 550.000,00
d. Rp. 575.000,00

4. Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 3p2q dan 12 pq3 adalah …
a. 3pq
b. 3p2q3
c. 12pq
d. 12p2q3
Penyelesaian
3p2q = 3ppq
12pq3 = 4.3pqqq
KPK = 4.3pqqqp =12p2q3

UAN 2001 no 11
Kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dari 6a2b3 dan 8a4b2 adalah …
a. 24 a2b2
b. 24 a4b3
c. 24 a6b5
d. 24 a8b6

5. Bila 24 buku dan 36 pensil akan diberikan kepada beberapa orang dengan setiap orang memperoleh bagian yang sama banyak untuk setiap jenisnya, berapa orang paling banyak yang dapat memperoleh buku dan pensil tersebut?
a. 6 orang
b. 8 orang
c. 12 orang
d. 18 orang
Penyelesaian
24 = 12 x 2
36 = 12 x 3
FPB = 12

6. Perhatikan gambar kubus di samping!
Bidang diagonal yang tegak lurus dengan bidang BCHE adalah …
a. ABGH
b. CDEF
c. ADGF
d. BFHD

Penyelesaian






Yang tegak lurus ADGF
UAN 2002 no 5
Perhatikan gambar kubus KLMN, OPQR disamping!
Bidang diagonal yang tegak lurus dengan bidang diagonal KMQO adalah bidang diagonal …
a. LPRN
b. LMRO
c. MNOP
d. KNQP



7. Perhatikan gambar di samping!
Bila keliling ABCD dua kali keliling PQRS, panjang PQ adalah …
a. 4 cm
b. 5 cm
c. 6 cm
d. 8 cm

Penyelesaian
Keliling ABCD = 12 + 8 + 12 + 8 = 40
Keliling PQRS = 40 : 2 = 20
PQ = 20 : 4 = 5

UAN 2002 no 7
Perhatikan gambar di bawah!






Jika keliling persegi panjang sama dengan 2 kali keliling persegi, maka nilai x adalah …
a. 24 cm
b. 18 cm
c. 15 cm
d. 12 cm

8. Perhatikan gambar segitiga ABC!
Besar sudut ABC adalah …
a. 120
b. 160
c. 480
d. 720
Penyelesaian
6x + 4x + 60 = 180
6x + 4x = 180 – 60
10x = 120
x = 12
ABC = 4x = 4 x 12 = 48

UAN ULANGAN 2004 no 4
Pada gambar di samping, besar sudut PQR adalah ….
a. 200
b. 250
c. 400
d. 600


9. Perhatikan gambar!
Jika diagonal AC = 30 cm, luas layang-layang ABCD adalah …
a. 840 cm2
b. 975 cm2
c. 1680 cm2
d. 1950 cm2

Penyelesaian
AE = 30 : 2 = 15
Tripel 3, 4, 5 kali 5 menjadi 15, 20, 25
EB = 20
Tripel 5, 12, 13 kali 3 menjadi 15, 36, 39
DE = 36
BD = 36 + 20 = 56


UAN ULANGAN 2004 no 15
PQRS adalah layang-layang, dengan panjang PR = 24 cm. Luas PQRS adalah ….
a. 336 cm2
b. 196 cm2
c. 168 cm2
d. 156 cm2





10. Sebuah asrama memerlukan beras 120 kg selama 4 hari. Banyak beras yang diperlukan selama bulan Juni adalah …
a. 9 kuintal
b. 9,3 kuintal
c. 18 kuintal
d. 18,6 kuintal
Penyelesaian
120 : 4 = 30 kg
Bulan Juni ada 30 hari
30 x 30 kg = 900 kg = 9 kuintal

UAN 2004 no 11
Harga empat sendok makan Rp 3.000,00. Harga dua lusin sendok makan itu adalah ….
a. Rp 9.000,00
b. Rp 18.000,00
c. Rp 36.000,00
d. Rp 72.000,00

11. Gradien garis yang melalui titik (2, 4) dan (–4, 7) adalah …
a. –2
b.
c.
d. 2
Penyelesaian








Gradien =

UAN 1997
Gradien garis yang melalui titik dan B(4,-2) adalah …
a.
b.
c.
d.

12. Penyelesaian system persamaan dari dan adalah x dan y. Hasil kali dari x dan y adalah …
a. –4
b. –2
c. 2
d. 4
Penyelesaian




Jadi

UAN 2000 no 11
Penyelesaian dari sistem persamaan 2x–y=5 dan x–2y=4 adalah a dan b
Nilai a + b adalah …
a. –3
b.
c.
d. 1

13. Panjang jarum panjang sebuah jam 14 cm. Bila jarum jam tersebut berputar selama 6 jam, panjang lintasan yang dilalui ujung jarum panjang jam itu adalah …
a. 264 cm
b. 528 cm
c. 576 cm
d. 612 cm
Penyelesaian
Tiap satu jam jarum panjang berputar satu putaran
K =
Selam 6 jam panjang lintasannnya
6 x 88 = 528

14. Di suatu propinsi akan dilakukan penelitian mengenai jumlah sapi peliharaan yang kena penyakit "Antrax". Kemudian dipilih beberapa kecamatan, dan dari beberapa kecamatan itu dipilih beberapa desa secara acak untuk dihitung jumlah sapi yang terkena penyakit Antrax. Populasi dalam penelitian tersebut adalah …
a. seluruh sapi di desa yang dipilih
b. seluruh sapi di kecamatan yang dipilih
c. seluruh sapi di propinsi tersebut
d. seluruh sapi yang terkena penyakit Antrax
Penyelesaian
Populasinya seluruh sapi di propinsi tersebut

15. Medan dari data pada tabel di samping adalah …
a. 6,5
b. 7,0
c. 7,5
d. 12,5

Penyelesaian
Jika diurut, datanya
1234567890123456789009876543210987654321
5555666666777777777788888888888888899999
Median =

16. Sebuah tempat penampungan air berbentuk tabung dengan tinggi 2 meter dan diameter alasnya 7 dm. Alas penampungan air itu bocor, sehingga air keluar dengan kecepatan rata-rata 5 liter per menit. Bila air dalam tempat penampungan tersebut penuh, berapa lama air akan habis?
a. 15,5 menit
b. 45,5 menit
c. 77 menit
d. 154 menit
Penyelesaian
Tinggi = 2 m = 20 dm
Jari-jari = dm
Volum tabung = dm3
Volum air (penuh) = 770 liter
Lama air habis = menit

UAN 1999 no 3
Suatu tabung yang alasnya berjari-jari 8 cm dan tingginya 50 cm diisi air setinggi 15 cm. Kemudian ke dalam tabung itu dimasukkan sebuah bola besi yang berjari-jari 6 cm. Berapa cm tinggi air dalam tabung sekarang?
a. 15,22 cm
b. 15,30 cm
c. 18,33 cm
d. 19,50 cm

17. Titik A(4, –3) dirotasi 900 berlawanan arah jarum jam dengan pusat O(0, 0), kemudian dicerminkan terhadap y = –x. Koordinat bayangan titik A adalah …
a. (–3, –4)
b. (3, –4)
c. (–4, –3)
d. (4, –3)
Penyelesaian









UAN 2004 no 32
Koordinat bayangan titik P(–5, 2) oleh suatu rotasi searah putaran jarum jam dengan pusat O(0,0) dan dilanjutkan dengan refleksi terhadap garis y = –x adalah ….
a. P’(–2, –5)
b. P’(–2, 5)
c. P’(5, –2)
d. P’(–5, –2)

18. Koordinat bayangan titik P(3, –8) oleh dilatasi dengan pusat O(0, 0) dan faktor skala –2, yang kemudian dilanjutkan dengan translasi adalah …
a. (–1, –4)
b. (–3, –4)
c. (–2, 22)
d. (–10, 22)
Penyelesaian

–6 + (–4) = –10
16 + 6 = 22

UAN 1997
Koordinat bayangan titik P(11, 2) oleh dilatasi [O, -3] yang dilanjutkan translasi adalah …
a. (26, 12)
b. (26, 0)
c. (-26, 12)
d. (-40, 0)

19. Seseorang yang tingginya 150 cm mempunyai bayangan 2 m. Pada saat yang sama, sebuah pohon mempunyai bayangan sepanjang 4,8 m. Tinggi pohon tersebut adalah …
a. 2,4 m
b. 3,6 m
c. 6,4 m
d. 9,6 m
Penyelesaian
Tinggi Bayangan
Orang 150 cm = 1,5 m 2 m
Pohon t m 4,8


UAN 1999
Panjang bayangan sebuah tiang bendera adalah 6 m. Pada waktu yang sama tongkat yang panjangnya 1,5 m berdiri tegak mempunyai bayangan 1 m. Panjang tiang bendera tersebut adalah …
a. 4 m
b. 6 m
c. 9 m
d. 10 m

20. Perhatikan gambar lingkaran di samping!
Diketahui panjang EA = 18 cm, EB = 3 cm dan EC = 9 cm. Panjang garis ED adalah …
a. 5 cm
b. 6 cm
c. 6,5 cm
d. 8 cm


Penyelesaian
Karena sudut keliling menghadap busur yang sama besarnya sama maka

Jadi sebangun dengan



21. Bentuk sederhana adalah …
a.
b.
c.
d.
Penyelesaian
a = 2 , b = 5 , c = –3
ac = –6 = (+6) x (–1)



UAN 2004 no 21
Bentuk sederhana dari adalah ….
a.
b.
c.
d.

22. Hasil kali (3x – 4) dengan (5 + 2x) adalah …
a. 6x2 + 5x – 20
b. 6x2 + 7x – 20
c. 6x2 – 2x – 20
d. 6x2 – 7x – 20
Penyelesaian


UAN 2001 no 32
Jika (ax –5)(4x –d) = 8x2 – fx + 30, maka nilai f adalah …
a. 32
b. 20
c. –20
d. –32

23. Grafik fungsi f(x) = x2 – 2x – 8 dengan daerah asal x R adalah …
a. c.








b. d.







Penyelesaian
a = 1 , b = –2 , c = –8
Sumbu simetri

Karena a > 0 maka grafiknya lembah :
Gambar yang sesuai a

UAN 2004 no 37
dengan domain adalah ….
a. c.








b. d.









24. Diketahui f(x) = 8x2 – 10x + 7. Nilai f( ) = …
a. 14
b. 10
c. 4
d. 0
Penyelesaian


UAN 1998 no 29
Fungsi f didefinisikan dengan rumus . Bayangan –3 oleh fungsi tersebut adalah …
a. –20
b. –14
c. 16
d. 22

25. Suatu kebun berbentuk persegipanjang mempunyai keliling 46 m. Jika luas kebun tersebut 120 m2, selisih antara panjang dan lebarnya adalah …
a. 6 m
b. 7 m
c. 8 m
d. 9 m
Penyelesaian
Karena kelilingnya 46, maka
Sedangkan
120 = 1 x 120 1 + 120 = 121
120 = 2 x 60 2 + 60 = 62
120 = 3 x 40 3 + 40 = 43
120 = 4 x 30 4 + 30 = 34
120 = 5 x 24 5 + 24 = 29
120 = 6 x 20 6 +20 = 26
120 = 8 x 15 8 + 15 = 23
Jadi panjangnya 15 dan lebarnya 8
Selisihnya 7 m

UAN 1999 no 35
Sebuah persegi panjang mempunyai luas 240 cm2 dan keliling 68 cm. Panjang diagonalnya adalah …
a. 50 cm
b. 36 cm
c. 34 cm
d. 26 cm

26. Diketahui barisan bilangan 2, 7, 12, 17, …
Rumus suku ke-n dari barisan itu adalah …
a. 5n – 3
b. 5n – 1
c. 4n + 1
d. 3n + 1
Penyelesaian
1 2 3 4 n
5 10 15 20 5n
2 7 12 17 5n–3


UAN 1999 no 38
Perhatikan barisan bilangan
2, 5, 10, 17, …
Rumus suku ke-n dari barisan itu adalah …
a. Un = 2n + 1
b. Un = 3n – 1
c. Un = n2 + 1
d. Un = 2n3 – 1

27. Ruang gedung pertunjukan memuat 20 baris kursi. Pada baris pertama terdapat 25 kursi, dan setiap baris berikutnya memuat 3 kursi lebih banyak dari jumlah kursi pada baris di depannya. Banyak kursi pada baris paling belakang adalah …
a. 82 kursi
b. 85 kursi
c. 92 kursi
d. 95 kursi
Penyelesaian
1 2 3 4 20
3 6 9 12 60
25 28 31 34 82


UAN 1999 no 39
Sebuah tangga mempunyai anak tangga dengan ketinggian dari permukaan tanah 15 cm, 25 cm, 35 cm, …
Jika tangga tersebut mempunyai 25 anak tangga, maka ketinggian anak tangga terakhir dari permukaan tanah adalah …
a. 2,50 meter
b. 2,55 meter
c. 3,00 meter
d. 3,75 meter

28. Luas segitiga PQR = 54 cm2, sedangkan panjang jari-jari lingkaran dalamnya 3 cm. Jika panjang PQ = 9 cm dan QR = 15 cm, panjang jari-jari lingkaran luarnya adalah …
a. 6,5 cm
b. 7,5 cm
c. 10 cm
d. 12 cm
Penyelesaian
Jika r jari-jari lingkaran dalam maka

Jika R jari-jari lingkaran luar maka


UAN 2000 no 33
Perhatikan gambar di samping !









Diketahui titik O adalah titik pusat lingkaran dalam ABC, OE = 6 cm, AC = 17 cm, BC = 28 cm, dan luas ABC = 210 cm2 Panjang CD adalah …
a. 16,8 cm
b. 16,2 cm
c. cm
d. 8,4 cm
29. Tinggi pohon yang dilihat dari jarak 120 m dengan sudut elevasi 600 adalah …
a. 60 m
b. 60 m
c. 120 m
d. 120 m
Penyelesaian



UAN 2004 no 33
Sebuah tongkat disandarkan pada tembok seperti terlihat pada gambar di samping. Tinggi ujung tongkat dari lantai adalah ….
a. cm
b. cm
c. cm
d. cm



30. Nilai dari 2log16 – 3log27 = …
a. 3
b. 2
c. 1
d. –1
Penyelesaian
2 x 2 x 2 x 2 = 16
2log 16 = 4
3 x 3 x 3 = 27
3log 27 = 3
2log16 – 3log27 = 4 – 3 = 1

UAN ULANGAN 2004 no 36

a. –1
b. –2
c. 1
d. 2


SOAL RELATIF MUDAH

1. 1
2. 2
3. 4
4. 5
5. 6
6. 7
7. 10
8. 13
9. 14
10. 15
11. 22
12. 26
13. 27
14. 30

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More