BAHASA PEMROGAMAN KOMPUTER

Sejarah Bahasa Pemrograman Komputer Sejak pertama komputer difference engine diciptakan oleh Charles Babbage pada tahun 1822, komputer membutuhkan sejumlah instruksi untuk melakukan suatu tugas tertentu. Instruksi-instruksi ini dikenal sebagai bahasa pemrograman. Bahasa komputer mulanya terdiri dari sejumlah langkah pengkabelan untuk membuat suatu program; hal ini dapat dipahami sebagai suatu rangkaian pengetikan kedalam komputer dan kemudian dijalankan. Pada awalnya, difference engine-nya Charles Babbage hanya dibuat untuk menjalankan tugas dengan menggunakan perpindahan gigi roda untuk menjalankan fungsi kalkukasi. Jadi, bentuk awal dari bahasa komputer adalah berupa gerakan secara mekanik, selanjutnya gerakan mekanik tersebut digantikan dengan sinyal listrik ketika pemerintah AS mengembangkan ENIAC pada tahun 1942, tetapi masih banyak mengadopsi prinsip-prinsip dasar dari Babbage’s engine yang mana diprogram dengan mengeset switch dan perkabelan pada seluruh sistem pada setiap “program” maupun kalkulasi. Tentu saja ini merupakan pekerjaan yang membosankan. Pada 1945, John Von Neumann yang bekerja pada Institute for Advanced Study mengemukakan dua konsep yang secara langsung mempengaruhi masa depan dari bahasa pemrograman komputer. Yang pertama dikenal sebagai “shared-program technique” (www.softlord.com). Pada teknik ini dinyatakan bahwa hardware komputer haruslah sederhana dan tidak perlu dilakukan pengkabelan dengan menggunakan tangan untuk setiap program. Sebagai gantinya, instruksi-instruksi yang lebih kompleks harus digunakan untuk mengendalikan perangkat keras yang lebih sederhana, hal ini memungkinkan komputer diprogram ulang dengan cepat. Konsep yang kedua yang juga sangat penting untuk pengembangan bahasa pemrograman. Von Neumann menyebutnya sebagai “conditional control transfer” (www.softlord.com). Ide ini berkembang menjadi bentuk subrutin, atau blok kode yang kecil yang dapat panggil berdasarkan aturan tertentu, dari pada suatu himpunan tunggal urutan kronologis yang harus dijalankan oleh komputer. Bagian kedua dari ide tersebut menyatakan bahwa kode komputer harus dapat bercabang berdasarkan pernyataan logika seperti IF (ekspresi) THEN, dan perulangan seperti FOR statement. “Conditional control transfer” mengembangkan ide adanya “libraries,” yang mana merupakan blok kode yang dapat digunakan berulang kali. Pada 1949, setelah beberapa tahun Von Neumann bekerja, bahasa Short Code dilahirkan (www.byte.com), yang merupakan bahasa komputer yang pertama untuk peralatan elektronik yang membutuhkan programmer untuk mengubah perintah kedalam 0 dan 1 dengan tangan. Pada 1957, bahasa khusus yang pertama muncul dalam bentuk FORTRAN yang merupakan singkatan dari sistem FORmula TRANslating. Bahasa ini dirancang pada IBM untuk perhitungan scientific. Komponen-komponennya sangat sederhana, dan menyediakan bagi programmer akses tingkat rendah kedalam komputer. Sampai saat ini, bahasa ini terbatas pada hanya terdiri dari perintah IF, DO, dan GOTO, tetapi pada waktu itu, perintah-perintah ini merupakan lompatan besar kearah depan. Type data dasar yang digunakan sampai sekarang ini dimulai dari FORTRAN, hal ini meliputi variabel logika (TRUE atau FALSE), dan bilangan integer, real, serta double-precision. FORTRAN sangat baik dalam menangani angka-angka, tetapi tidak terlalu baik untuk menangani proses input dan output, yang mana merupakan hal yang penting pada komputasi bisnis. Komputasi bisnis mulai tinggal landas pada 1959, dengan dikembangkannya COBOL, yang dirancang dari awal sebagai bahasa untuk para pebisnis. Type data yang ada hanya berupa number dan text string. Hal tersebut juga memungkinkan pengelompokan menjadi array dan record, sehingga data di telusuri dan diorganisasikan dengan lebih baik. Sesuatu hal yang menarik untuk dicatat bahwa suatu program COBOL dibuat menyerupai suatu essay, dengan empat atau lima bagian utama yang membentuk keseluruhan yang tertata dengan baik. Perintah-perintah COBOL sangat menyerupai tata bahasa English, sehingga membuatnya agak mudah dipelajari. Semua ciri-ciri ini dikembangkan agar mudah dipelajari dan mudah diterapkan pada dunia bisnis. Pada 1958, John McCarthy di MIT membuat bahasa LISt Processing (atau LISP), yang dirancang untuk riset Artificial Intelligence (AI). Karena dirancang untuk fungsi spesialisasi yang tinggi, maka tata cara penulisannya jaring kelihatan sebelum ataupun sesudahnya. Sesuatu perbedaan yang paling nyata dari bahasa ini dengan bahasa lain adalah dasar dan type satu-satunya adalah list, yang ditandai dengan suatu urutan item yang dicakup dengan tanda kurung. Program LISP sendirinya dibuat sebagai suatu himpunan dari list, sehingga LISP memiliki kemampuan yang khusus untuk memodifikasi dirinya, dan juga dapat berkembang sendiri. Tata cara penulisan LISP dikenal sebagai “Cambridge Polish,” sebagaimana dia sangat berbeda dari logika Boolean (Wexelblat, 177) : x V y – Cambridge Polish, what was used to describe the LISP program OR(x,y) – parenthesized prefix notation, what was used in the LISP program x OR y – standard Boolean logic LISP masih digunakan sampai sekarang karena spesialiasi yang tinggi dari sifat abstraknya. Bahasa Algol dibuat oleh suatu komite untuk pemakaian scientific pada tahun 1958. Kontribusi utamanya adalah merupakan akar dari tiga bahasa selanjutnya yaitu Pascal, C, C++, dan Java. Dia juga merupakan bahasa pertama dengan suatu tata bahasa formal, yang dikenal sebagai Backus-Naar Form atau BNF (McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 454). Pada Algol telah diterapkan konsep-konsep baru, seperti rekursif pada function, bahasa berikutnya Algol 68, menjadi bahasa yang membosankan dan sulit digunakan (www.byte.com). Hal ini mengarah kepada adopsi terhadap bahasa yang lebih kecil dan kompak seperti Pascal. Pascal dimulai pada tahun 1968 oleh Niklaus Wirth. Tujuan pengembangannya adalah untuk kebutuhan pengajaran. Pada awalnya bahasa ini dikembangkan bukan dengan harapan adopsi pemakaian secara luas. Prinsipnya mereka mengembangkannya untuk alat pengajaran pemrograman yang baik seperti kemampuan debug dan perbaikan sistem dan dukungan kepada mikroprosesor komputer yang digunakan pada institusi pendidikan. Pascal dirancang dengan pendekatan yang sangat teratur (terstruktur), dia mengkombinasikan kemampuan yang terbaik dari bahasa-bahasa saat itu, COBOL, FORTRAN, dan ALGOL. Dalam pengerjaannya banyak perintah-perintah yang tidak teratur dan aneh dihilangkan, sehingga sangat menarik bagi pemakai (Bergin, 100-101). Kombinasi dari kemampuan input/output dan kemampuan matematika yang solid, membuatnya menjadi bahasa yang sukses besar. Pascal juga mengembangkan tipe data “pointer”, suatu fasilitas yang sangat bermanfaat pada bahasa yang mengimplementasikannya. Dia juga menambahkan perintah CASE, yang mana memperbolehkan perintah bercabang seperti suatu pohon pada suatu aturan: CASE expression OF possible-expression-value-1: statements to execute… possible-expression-value-2: statements to execute… END Pascal juga mengembangkan variabel dinamis, dimana variabel dapat dibuat ketika suatu program sedang berjalan, melalui perintah NEW dan DISPOSE. Tetapi Pascal tidak mengimplementasikan suatu array dinamis, atau kelompok dari variabel-variabel, yang mana sangat dibutuhkan, dan merupakan salah satu penyebab kekalahannya (Bergin, 101-102). Wirth kemudian membuat lanjutan dari Pascal, Modula-2, tetapi pada saat itu muncul C yang dengan cepat menjadi mengeser posisi Pascal. C dikembangkan pada tahun 1972 oleh Dennis Richie ketika sedang bekerja pada Bell Labs di New Jersey. Transisi pemakaian dari bahasa umum yang pertama ke bahasa umum sampai hari ini yaitu transisi antara Pascal dan C, C merupakan perkembangan dari B dan BCPL, tetapi agak menyerupai Pascal. Semua fasilitas di Pascal, termasuk perintah CASE tersedia di C. C menggunakan pointer secara luas dan dibangun untuk kecepatan dengan kelemahannya yaitu menjadi sulit untuk dibaca. Tetapi karena dia menghilangkan semua kelemahan yang terdapat di Pascal, sehingga dengan cepat mengambil alih posisi Pascal. Ritchie mengembangan C untuk sistem Unix yang baru pada saat yang bersamaan. Oleh karena ini, C dan Unix saling berkaitan. Unix memberikan C beberapa fasilitas besar seperti variabel dinamis, multitasking, penanganan interrupt, forking, dan strong low-level,input-output. Oleh karena itu, C sangat sering digunakan untuk pemrograman sistem operasi seperti Unix, Windows, MacOS, dan Linux. Pada akhir tahun 1970 dan awal 1980, suatu metode pemrograman yang baru telah dikembangkan. Ha tersebut dikenal sebagai Object Oriented Programming, atau OOP. Object merupakan suatu potongan dari data yang dapat dipaket dan dimanipulasi oleh programmer. Bjarne Stroustroup menyukai metode ini dan mengembangkan lanjutan dari C yang dikenal sebagai “C With Classes.” Kemampuan lanjutan ini dikembangkan menjadi bahasa C++ yang diluncurkan pada tahun 1983. C++ dirancang untuk mengorganisasikan kemampuan dasar dari C dengan OOP, dengan tetap mempertahankan kecepatan dari C dan dapat dijalankan pada komputer yang tipe berlainan. C++ sering kali digunakan dalam simulasi, seperti game. C++ menyediakan cara yang baik untuk memanipulasi ratusan instance dari manusia didalan elevator, atau pasukan yang diisi dengan tipe prajurit yang berbeda. Bahasa ini menjadi pilihan pada mata kuliah AP Computer Science sampai hari ini. Pada awal 1990′s, interaktif TV adalah teknologi masa depan. Sun Microsystems memutuskan bahwa interaktif TV membutuhkan suatu hal yang khusus, yaitu bahasa portable (bahasa yang dapat berjalan pada banyak jenis mesin yang berbeda). Bahasa ini dikenal sebagai Java. Pada tahun 1994, team proyek Java mengubah fokus mereka ke web, yang mana berubah menjadi sesuatu yang menjanjikan setelah interactive TV gagal. Pada tahun berikutnya, Netscape menyetujui pemakaian Java pada internet browser mereka, Navigator. Sampai titik ini, Java menjadi bahasa masa depan dan beberapa perusahaan mengumumkan aplikasi harus ditulis dalam Java. Java mempunyai tujuan yang besar dan merupakan bahasa yang baik menurut buku text, pada kenyataanya “bahasa tersebut tidak”. Dia memiliki masalah yang serius dalam optimasi, dengan arti program yang ditulis dengannya berjalan dengan lambat. Dan Sun telah membuat cacat penerimaan terhadap Java dengan pertikaian politis dengan Microsoft. Tetapi Java telah dinyatakan sebagai bahasa untuk instruksi masa depan dan benar-benar menerapkan object-oriented dan teknik tingkat tinggi seperti kode yang portable dan garbage collection. Visual Basic sering diajari sebagai bahasa pemrograman dasar yang mengacu pada bahasa BASIC yang dikembangkan pada tahun 1964 oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz. BASIC adalah bahasa yang sangat terbatas dan dirancang untuk orang yang bukan computer science. Perintah-perintah dijalankan secara berurutan, tetapi kendali program dapat berubah berdasarkan IF..THEN, dan GOSUB yang mana menjalankan suatu blok kode dan kembali ketitik semula didalam alur program. Microsoft telah mengembangkan BASIC ke dalam produk Visual Basic (VB). Jantung dari VB adalah form, atau suatu window kosos dimana anda dapat drag dan drop komponen seperti menu, gambarm dan slider bars. Item-item ini dikenal sebagai “widgets.” Widget memiliki properti (seperti warna) dan events (seperti klik dan double klik) dan menjadi pusat dari pengembangan antarmuka dengan pemakai diberbagai bahasa program dewasa ini. VB merupakan program yang banyak digunakan untuk membuat interface sederhana ke produk Microsoft lainnya seperti Excel dan Access tanpa membaca banyak kode, dengannya dapat dimungkinkan untuk dibuat aplikasi yang lengkap. Perl telah sering digambarkan sebagai “duct tape of the Internet,” karena sering digunakan sebagai engine untuk interface web atau pada script untuk memodifikasi file konfigurasi. Dia memiliki fungsi text matching yang sangat baik sehingga membuatnya menjadi hal yang ideal untuk pekerjaan tersebut. Perl dikembangkan oleh Larry Wall pada 1987 karena fasilitas pada sed dan awk pada Unix (digunakan untuk manipulasi text) tidak mencukupi kebutuhannya. Tergantung kepada siapa anda bertanya, Perl adalah singkatan dari Practical Extraction and Reporting Language atau Pathologically Eclectic Rubbish Lister. Bahasa pemrograman telah berkembangan dari masa kemasa dan tetap dikembangkan dimasa depan. Mereka dimulai dari suatu daftar langkap pengkabelan agar komputer menjalankan tugas tertentu. Langkah-langkah ini berkembang menjadi software dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Bahasa umum yang pertama menekankan pada kesederhanaan dan untuk satu tujuan saja, sedangkan bahasa dewasa ini terbagi atas bagaimana mereka diprogram, sehingga mereka dapat digunakan untuk semua tujuan. Dan mungkin bahasa yang akan datang lebih natural dengan penemuan pada quantum dan komputer-komputer biologis. Sumber : Indoprog ‘Algoritma & Pemrograman’ oleh Hendra, S.T.

Bahasa Pemrogaman

Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Senin, 15 November 2010

SOAL UAN 2003 UTAMA

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ruang Lingkup Materi
1. Siswa mampu memahami konsep himpunan, bilangan bulat dan pecahan beserta operasinya, dan terampil melakukan perhitungan dasar. • Himpunan
• Bilangan bulat positif dan negatif
• Bilangan pecahan biasa dan desimal serta persen
• Bilangan berpangkat
• Logaritma
• Operasi +, –, , pada bilangan-bilangan bulat, pecahan biasa, pecahan desimal, dan bilangan dalam bentuk akar
2. Siswa mampu melakukan operasi hitung aljabar sederhana dan menyelesaikan persamaan, pertidaksamaan satu peubah, dan system persamaan linear, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah dalam kehidupan sehari-hari • Ketergantungan linear, hubungan linear, persamaan linear, dan sistem persamaan linear dengan dua peubah
• Gradien dan persamaan garis lurus
• Pertidaksamaan dengan satu peubah
• Trigonometri
3. Siswa mampu mengkaji dan menyatakan fenomena perubahan dan hubungan antarkuantitas dalam bentuk persamaan atau fungsi linear dan kuadrat • Fungsi dan persamaan linear dan kuadrat
4. Siswa mampu memahami sifat bentuk (2D/3D), transformasi bangun datar, dan terampil menghitung besaran-besaran yang terkait dengan bangun geometri, serta menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari • Bangun 2D/3D serta sifat-sifatnya
• Teorema Pythagoras
• Transformasi di bidang
• Unsur-unsur bangun geometri, seperti panjang, luas dan isi serta satuan pengukurannya

5. Siswa mampu mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data, serta menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari • Data dalam tabel
• Data dalam bentuk grafik garis, batang, dan lingkaran
• Rata-rata, median, dan modus


1. Suatu regu pramuka jumlah anggotanya 18 orang. Pada suatu latihan 11 orang membawa tongkat, 8 orang membawa tambang, dan 5 orang tidak membawa kedua alat tersebut. Jumlah anggota yang membawa kedua alat itu sekaligus adalah …
a. 1 orang
b. 6 orang
c. 13 orang
d. 14 orang
SOAL NO 1 2003

2. Dari sekelompok anak, 22 anak senang membaca majalah, 28 anak senang bermain musik, 20 anak senang membaca majalah dan juga senang bermain musik. Banyak anak dalam kelompok tersebut adalah …
a. 30 anak
b. 40 anak
c. 50 anak
d. 70 anak
SOAL NO 2 2003

3. Seorang pedagang membeli 2 karung beras masing-masing beratnya 1 kuintal dengan tara 21/2%. Harga pembelian setiap karung beras Rp. 200.000,00. Jika beras itu dijual dengan harga Rp. 2.400,00 per kg, maka besar keuntungan adalah …
a. Rp. 34.000,00
b. Rp. 56.000,00
c. Rp. 68.000,00
d. Rp. 80.000,00
SOAL NO 3 2003

4. Jenis segitiga pada gambar di samping ditinjau dari sudut-sudutnya adalah …
a. segitiga lancip
b. segitiga siku-siku
c. segitiga tumpul
d. segitiga sama kaki


SOAL NO 4 2003

5. Keliling sebuah segitiga samakaki 36 cm. Jika panjang alasnya 10 cm, maka luas segitiga itu adalah …
a. 360 cm2
b. 180 cm2
c. 120 cm2
d. 60 cm2
SOAL NO 5 2003

6. Sebuah persegi mempunyai keliling 48 cm, maka luasnya adalah …
a. 36 cm2
b. 96 cm2
c. 144 cm2
d. 196 cm2
SOAL NO 6 2003

7. Pada jaring-jaring kubus di samping, persegi yang diarsir merupakan sisi atas sebuah kubus, sisi yang merupakan alas kubus adalah …
a. II
b. III
c. IV
d. V
SOAL NO 7 2003

8. Limas T.ABCD diketahui panjang AB = BC = CD = AD = 14 cm.
TA = TB = TC = TC = TD = 25 cm.
Jumlah luas sisi tegak adalah …
a. 336. cm2
b. 600 cm2
c. 672 cm2
d. 700 cm2


SOAL NO 8 2003

9. Sebuah kerucut yang berjari-jari 7 cm memiliki tinggi 24 cm. Luas sisi kerucut dengan adalah …
a. 682 cm2
b. 704 cm2
c. 1056 cm2
d. 1232 cm2
SOAL NO 9 2003

10. Luas seluruh sisi sebuah kubus 216 cm2. Volum kubus adalah …
a. 384 cm3
b. 244 cm3
c. 216 cm3
d. 144 cm3
SOAL NO 10 2003

11. Diketahui limas T.ABCD dengan alas berbentuk jajarangenjang. Jika panjang AB = 15 cm; DE = 8 cm, dan volumnya = 960 cm2, tinggi limas (TO) adalah …
a. 8 cm
b. 12 cm
c. 16 cm
d. 24 cm


SOAL NO 11 2003

12. UAN 2003 no 10 (c)Jika sudut ABC = 81o, maka besar sudut CDE adalah


a. 81o
b. 89o
c. 99o
d. 119o
SOAL NO 12 2003

13. Diketahui jajargenjang PQRS. Bila luas PQRS = 144 cm2, panjang PQ = 18 cm; dan QU = 9 cm, maka keliling jajargenjang PQRS adalah …
a. 64 cm
b. 68 cm
c. 72 cm
d. 85 cm


SOAL NO 13 2003

14. Keliling belah ketupat ABCD = 104 cm. Jika panjang AC = 48 cm, maka luas ABCD adalah …
a. 68 cm2
b. 200 cm2
c. 480 cm2
d. 960 cm2
SOAL NO 14 2003

15. Sifat belahketupat yang juga sifat layang-layang adalah …
a. diagonalnya-diagonalnya merupakan sumbu simetri
b. diagonal-diagonalnya berpotongan tegak lurus
c. diagonalnya berpotongan saling membagi dua garis sama panjang
d. sudut-sudut yang berhadapaan sama besar
SOAL NO 15 2003

16. Ali membeli 12 baju dengan harga Rp 336.000,00. Bila Budi akan membeli 18 baju yang sama dengan baju yang dibeli Ali, maka Budi harus membayar sebesar …
a. Rp 486.000,00
b. Rp 492.000,00
c. Rp 504.000,00
d. Rp 528.000,00
SOAL NO 16 2003

17. Pada pukul 07.00 Dani berangkat dari kota A menuju kota B yang berjarak 120 km. Pada waktu bersamaan Ima berangkat dari kota B menuju kota A. Jika kecepatan Dani dan Ima berturut-turut 45 km/jam dan 35 km/jam, maka mereka bertemu pada pukul …
a. 08.05
b. 08.30
c. 08.50
d. 08.55
SOAL NO 17 2003

18. Daerah arsiran yang merupakan tempat kedudukan
{(x, y) | x + 3y 6} dan {(x, y) | x – 2y 4} adalah …
a.





b.





c.





d.




SOAL NO 18 2003

19. Gradien garis yang tegak lurus dengan garis yang persamaannya adalah …
a.
b.
c.
d.
SOAL NO 19 2003

20. Dari garis-garis dengan persamaan:
I. y – 5x + 12 = 0
II. y + 5x – 9 = 0
III. 5y – x –12 = 0
IV. 5y + x + 9 = 0
Yang sejajar dengan garis yang melalui titik (2, 1) dan (3, 6) adalah …
a. I
b. II
c. III
d. IV
SOAL NO 20 2003

21. Jika , dan ; maka harga …
a.
b.
c.
d. 12
SOAL NO 21 2003

22. Jika harga 7 buku dan 5 pensil adalah Rp 13.000,00 dan harga 9 buku dan 2 pensil adalah Rp 14.500,00, maka harga 10 buku dan 6 pensil adalah …
a. Rp 13.500,00
b. Rp 15.000,00
c. Rp 17.500,00
d. Rp 18.000,00
SOAL NO 22 2003

23. Rata-rata pendapatan tiap hari 14 orang kuli di suatu terminal bus Rp. 7.000,00. Karena ada seorang kuli baru, maka rata-rata pendapatannya menjadi Rp. 6.800,00. Besar pendapatan tiap hari kuli yang baru adalah ….
a. Rp. 2.800,00
b. Rp. 3.000,00
c. Rp. 4.000,00
d. Rp. 6.800,00
SOAL NO 23 2003

24. Titik A(-2, 5) ditranslasikan oleh , kemudian dirotasi dengan pusat O sejauh 90o berlawanan dengan arah jarum jam. Koordinat bayangan titik A adalah …
a. (-2, 6)
b. (-2, -6)
c. (2, 6)
d. (2, -6)
SOAL NO 24 2003

25. Titik A(-6, 3) dicerminkan terhadap garis x = 4, kemudian dilajutkan dengan translasi
Koodinat bayangan titik A adalah …
a. (6, -2)
b. (-6, -2)
c. (-22, -8)
d. (22, 8)
SOAL NO 25 2003

26. Koordinat bayangan titik P(11, 2) oleh dilatasi [O, -3] yang dilanjutkan translasi adalah …
a. (26, 12)
b. (26, 0)
c. (-26, 12)
d. (-40, 0)
SOAL NO 26 2003

27. Panjang KL pada gambar di samping adalah …
a. 3 cm
b. 9 cm
c. 15 cm
d. 16 cm




SOAL NO 27 2003

28. Perhatikan gambar berikut !





Jika panjang AC = 5 cm dan EH = 13 cm, maka panjang EF = …
a. 6 cm
b. 8 cm
c. 12 cm
d. 16 cm
SOAL NO 28 2003

29. Keliling lingkaran pada gambar di samping 44 cm.
Luas juring AOB adalah …
a. 51,33 cm2
b. 77,00 cm2
c. 102,67 cm2
d. 205,33 cm2

SOAL NO 29 2003

30. Perhatikan gambar disamping!
Bila di ketahui APB + AQB + ARB = 144o, maka besar AOB adalah …
a. 37o
b. 48o
c. 72o
d. 96o


SOAL NO 30 2003

31. Panjang garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran 9 cm. Bila jarak antara kedua pusat lingkaran tersebut 15 cm dan panjang jari-jari lingkaran kecil 4 cm, maka perbandingan luas lingkaran besar adalah …
a. 1 : 4
b. 1 : 2
c. 2 : 3
d. 4 : 9
SOAL NO 31 2003

32. Pemfaktoran dari 9x4 – 144y4 = …
a. (3x2 + 12y2) (3x2 – 12y2)
b. 9(x2 + 4y2) (x2 – 4y2)
c. 9(x + 2y2) (x2 – 2y2)
d. 9(x2 + 4y2) (x – 2y) (x – 2y)
SOAL NO 32 2003

33. Bentuk sederhana dari adalah …
a.
b.
c.
d.
SOAL NO 33 2003

34. Diketahui suatu fungsi
f(x) = –x2 + 2x + 3, dengan daerah asal bilangan real. Grafik fungsi tersebut adalah …
a.




b.



c.




d.



SOAL NO 34 2003

35. Nilai minimum fungsi
f(x) = x2 – 4x –5 adalah …
a. –17
b. –9
c. –7
d. –5
SOAL NO 35 2003

36. Panjang yang lebar suatu persegi panjang berturut-turut (2x + 1) cm dan (x + 1) cm. Jika luas persegi panjang tersebut 120 cm2, maka panjang diagonalnya adalah …
a. 16 cm
b. 17 cm
c. 17,5 cm
d. 22,5 cm
SOAL NO 36 2003

37. Salah satu titik potong grafik fungsi f(x) = x2 + x – 12 dengan garis 2x – y – 10 = 0 adalah …
a. (–1, 12)
b. (1, –12)
c. (–2, 6)
d. (2, –6)
SOAL NO 37 2003

38. Perhatikan gambar!




Lingkaran diatas dibagi daerah-daerah oleh talibusur-talibusur. 1 talibusur membentuk 2 daerah, 2 talibusur membentuk 4 daerah, 3 talibusur membentuk 7 daerah, 4 talibusur membentuk 11, dan seterusnya. Bila diberikan syarat bahwa tidak ada satu titikpun yang dilalui oleh 3 talibusur. Berapa banyak daerah yang terjadi pada lingkaran itu jika dibuat n talibusur?
a.
b.
c.
d.
SOAL NO 38 2003

39. Luas daerah persegipanjang ABCD adalah …
a. 18 cm2
b. 18 cm2
c. 36 cm2
d. 36 cm2
SOAL NO 39 2003

40. Bila log 9 = 0,954, maka nilai log 729 = …
a. 2,824
b. 2,862
c. 3,824
d. 3,862
SOAL NO 40 2003

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More